Aman dan Mudah Digunakan, 5 Jenis Kunci Rumah untuk Setiap Tipe Kamar

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami mempublikasikan cerita mengenai rumah, ikuti disini.

Pintu adalah salah satu elemen penting karena berperan sebagai akses keluar masuk di hunian. Selain pemilihan desain pintu yang tepat, kamu pun wajib memasang kunci rumah pada daun pintu sebagai proteksi tambahan supaya hanya bisa diakses oleh pemilik rumah dan mencegah pihak luar agar tak dapat mengakses hunianmu.

Faktanya, kunci rumah terdiri dari berbagai variasi yang bisa kamu sesuaikan menurut kebutuhan dan tipe ruangan di hunian. Lantas, apa saja sih ragam kunci rumah yang bisa kamu temukan di pasaran? Untuk lebih lengkapnya, simak artikel Kania di bawah ini, ya!

Mortise Lock Knob

kunci rumah mortise lock knob emashomedepot.com

Kunci rumah yang satu ini memiliki desain yang unik karena memiliki bentuk pelat yang berbeda antara bagian dalam dan luar pintu. Di bagian luar, kunci rumah ini dilengkapi dengan anak kunci yang dioperasikan dengan cara menekan tuas di atas gagang pintu.

Sementara itu, bagian dalamnya tidak dilengkapi lubang kunci karena saat kamu memutar kenop, pintu akan terkunci secara otomatis dan tidak bisa diakses dari luar. Disarankan, gunakan kunci rumah jenis ini di pintu utama karena memiliki keamanan yang cukup tangguh.

Medium Duty Tubular Lever

kunci rumah medium duty tubular lever bronzeassaabloy.com

Berbeda dengan kunci rumah jenis mortise, kunci rumah yang satu ini memiliki gagang tuas yang sama pada bagian dalam dan luarnya. Perbedaannya, terdapat lubang anak kunci pada bagian luar, sementara bagian dalamnya tersedia kenop putar yang difungsikan untuk mengunci pintu.

Kunci rumah varian ini sangat cocok dipasangkan pada ruangan privat seperti kamar tidur atau kamar yang memerlukan tingkat keamanan khusus yang didalamnya terdapat barang-barang berharga seperti perhiasan dan dokumen penting.

Standard Duty Lever

kunci rumah medium lever warna silver pada kusen pintu kayucorbinrusswin.com

Varian kunci rumah selanjutnya berjenis standard duty lever yang secara fisik tidak dilengkapi anak kunci karena hanya berperan sebagai pegangan untuk membuka dan menutup pintu saja. Cocok digunakan pada ruangan atau kamar yang tidak berisi barang berharga seperti kamar main, kamu bisa menambahkan grendel sebagai proteksi tambahan agar orang lain tidak bisa mengakses pintu dari luar saat ruangan digunakan.

Jenis Door Knob

tangan memegang kenop pintu knob putihamazon.com

Pada umumnya, kunci rumah jenis ini dipasang di kamar mandi karena memiliki gagang yang dirancang secara khusus sehingga sangat nyaman saat diakses. Pada bagian dalam, kunci rumah jenis door knob dilengkapi dengan tombol yang bisa kamu tekan saat ingin mengunci pintu dari bagian dalam. Adapun, harga kunci rumah varian ini sangatlah ekonomis karena dijual di pasaran dengan harga yang sangat terjangkau.

Digital

tangan memegang smartphone dengan kunci digital pada pintu kayuwnyc.org

Selain kunci rumah bergaya konvensional seperti di atas, saat ini banyak hunian yang menerapkan kunci rumah digital karena dinilai lebih praktis, modern dan aman. Adapun, kunci rumah digital biasanya dilengkapi dengan LCD dan menggunakan beberapa metode unlock pintu yang bisa kamu pilih berdasarkan kenyamanan seperti kartu, PIN, password, remote control, hingga sidik jari. Sementara itu, pengoperasiannya sendiri biasanya memerlukan baterai AA atau bisa juga diintegrasikan dengan smartphone kamu.

Kelima jenis kunci rumah di atas bisa kamu sesuaikan menurut kebutuhan, bujet dan jenis pintu yang ada di hunian. Namun, Kania menyarankan untuk tetap mengutamakan kekuatan dan keamanan supaya awet dan sulit dibobol oleh maling. Selamat memilih kunci rumah yang tepat!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse