Yuk, Pahami Kelebihan dan Kelemahan Genteng Tanah Liat!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Sebuah rumah tidak akan lengkap tanpa kehadiran genteng untuk melindunginya dari terpaan hujan dan sengatan sinar matahari. Dari sekian banyak jenis genteng, genteng tanah liat paling sering digunakan sebagai atap rumah. Melihat fenomena ini, tentu genteng ini punya banyak kelebihan yang bisa dirasakan. Namun sama dengan material manapun, genteng tanah liat juga memiliki kekurangan.

Nah, jika kamu sedang bingung menentukan atap jenis apa yang sesuai digunakan untuk rumahmu, tak ada salahnya kamu menyimak kelebihan dan kekurangan genteng tanah liat berikut ini.

Proses pembuatan genteng

genteng tanah liat sedang dijemur di luargoogle.com

Genteng tanah liat dibuat dengan menggunakan cara yang sama seperti pembuatan batu bata pada umumnya. Tanah liat dipadatkan, lalu dibentuk. Setelah itu, tanah liat dibakar dan dikeringkan di bawah sinar matahari. Pada akhirnya, genteng siap dijual dan digunakan.

Proses pembuatan genteng tanah liat di atas termasuk cara yang manual. Suhu panas matahari yang tidak pasti membuat genteng ini memiliki hasil akhir berupa warna yang berbeda-beda, seperti warna jingga muda hingga tua.

Kelebihan genteng dari tanah liat

Genteng yang disebut genteng terakota ini memiliki beberapa kelebihan yang bisa memberikan dampak baik bagi penghuni rumah.

Harga yang terjangkau

genteng tanah liat yang sudah terpasang rapishutterstock.com

Harga yang ekonomis sudah menjadi salah satu tolak ukur utama seseorang dalam membeli sebuah barang, termasuk genteng tanah liat. Dijual dengan harga yang cukup terjangkau, genteng ini bisa jadi solusi untuk menekan bujet saat pembangunan rumah. Ditambah, genteng tanah liat dijual di mana-mana.

Tangguh & Tahan Cuaca

genteng tanah liat yang basah karena hujanshutterstock.com

Tanah liat terkenal dengan kekuatannya dalam menahan beban. Genteng tanah liat pun akan cocok digunakan untuk melengkapi desain atap rumah.

Genteng tanah liat pun bisa melindungi semua penghuni rumah dari rintik-rintik hujan dan sengatan sinar matahari. Jika pemasangan genteng dilakukan secara hati-hati dan penuh konsentrasi, air hujan tidak akan merembes masuk ke rumah.

Memberikan Kesejukan Bagi Rumah

rumah berdinding putih dan beratap genteng tanah liatunsplashed.com/@karinezenda

Jika atap asbes menyerap panas saat musim kemarau, maka genteng tanah liat tidak seperti itu. Jenis atap ini cocok digunakan di iklim tropis seperti Indonesia karena kemampuannya yang justru menahan panas matahari. Hal ini disebabkan oleh ketebalannya sehingga rumah pun terasa sejuk.

Tahan lama

genteng tanah liat yang mulai berubah warnashutterstock.com

Genteng tanah liat cukup awet apabila kamu gunakan dalam jangka waktu yang lama. Jenis atap ini tidak busuk dan tidak mudah dirusak oleh serangga. Ditambah, atap ini juga tahan terhadap api, lho!

Kelemahan genteng tanah liat

Di samping kelebihannya, genteng tanah liat juga memiliki ragam kelemahan. Namun apabila kamu mengatasi kelemahan ini dengan baik, dijamin genteng ini bisa tetap bisa melindungi rumah dengan maksimal.

Mudah berlumut dan mudah pudar warnanya

genteng tanah liat yang sudah berlumutshutterstock.com

Genteng tanah liat ada untuk melindungi penghuni rumah dari terik matahari, air hujan, dan benda-benda lainnya. Tanpa sadar karena sering terpapar sinar matahari dan air hujan, warna genteng ini lama-kelamaan akan pudar. Selain itu, genteng akan berlumut.

Tak perlu khawatir, kelemahan ini bisa diatasi dengan mengecat tiap genteng sebelum dipasang di rangka atap. Cat genteng berguna untuk menjauhkan genteng tanah liat dari lumut dan pemudaran warna.

Rawan akan kebocoran

genteng tanah liat yang mulai berjatuhanshutterstock.com

Pemasangan genteng tanah liat yang tidak hati-hati dan teliti akan membuatnya kurang maksimal dalam melindungi rumah. Air hujan akan mudah mengalir dan atap pun bocor.

Supaya terhindar dari peristiwa ini, pastikan bahwa orang yang memasang genteng punya konsentrasi yang baik dan tentunya berhati-hati saat memasangnya. Genteng tanah liat tidak boleh tergeser sehingga berlubang.

Ukuran yang kecil

tumpukan genteng tanah liat kecilshutterstock.com

Dibanding dengan jenis atap rumah lain, genteng tanah liat punya ukuran yang kecil. Maka dari itu, kamu akan membutuhkan banyak potongan genteng untuk menutupi bagian atas rumah.

Jangan takut! Karena genteng tanah liat tergolong ekonomis, kamu tidak perlu pusing akan pengeluarannya. Kamu tetap akan mengeluarkan biaya yang tidak banyak.

kumpulan rumah yang menggunakan genteng tanah liatshutterstock.com

Setelah mengenali kelebihan dan kekurangan genteng tanah liat di atas, apakah kamu tertarik menggunakannya? Genteng tanah liat banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia karena kelebihannya dan kelemahan yang bisa diatasi. Hal ini menunjukkan bahwa jenis genteng ini cocok kamu gunakan sebagai atap rumah kamu juga, lho!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse