Selain Atasi Dehidrasi, Ini 8 Manfaat Minum Air Putih Setiap Hari

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Sejak kecil, orangtua kita selalu mengingatkan untuk minum air putih setiap hari dalam jumlah yang banyak. Pernahkah kamu berpikir bahwa di samping menghilangkan haus pada tenggorokan, air putih memiliki peran penting dalam kinerja tubuh kita? Air putih atau yang dikenal dengan air mineral memiliki empat zat yang bisa mendukung kesehatan tubuh, yaitu magnesium, sodium, kalsium, dan potasium.

Jika kamu benar-benar mengonsumsinya dalam takaran yang seharusnya, Kania yakin tubuhmu akan lebih bugar. Air putih bisa mengatasi dehidrasi, mengalirkan nutrisi yang dibutuhkan ke seluruh tubuh, membuang kotoran dan racun, hingga melembapkan tenggorokan, telinga, dan anggota tubuh lainnya. Selain itu, air putih juga punya manfaat lain, tentunya berhubungan dengan kesehatan kita. Apa sajakah itu?

Mengurangi lemak berlebih

wanita berpakaian warna merah sedang mengukur pinggangnyashutterstock.com

Bagi kamu yang sedang dalam program diet, kamu harus minum air putih dalam jumlah yang banyak. Air putih mampu membuang lemak berlebih yang ada dalam tubuh. Karena inilah, lemak di tubuh bisa terkendali. Berat badan pun turun dan tubuh terasa lebih ringan. Mengonsumsinya secara rutin juga mampu menstabilkan berat badanmu juga.

Mengurangi risiko serangan jantung

seorang pria memegang dadanya karena kesakitanshutterstock.com

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, air putih mampu membuang lemak berlebih. Jika lemak tubuh berkurang, maka aliran darah pun akan lebih lancar dan tekanan darah akan menjadi normal. Hal ini dikarenakan lemak tidak mempersempit bahkan menghambat aliran darah. Pada akhirnya, jantung bisa memompa darah ke seluruh tubuh dengan lancar. Kamu pun jauh dari potensi serangan jantung.

Mencegah sembelit dan batu ginjal

seorang wanita memegang perutnya karena kesakitanshutterstock.com

Meminum air putih yang banyak bisa membantu kamu bebas dari sembelit. Air putih bisa melumasi dinding usus dan meningkatkan jumlah cairan tubuh sehingga feses bisa keluar bersama dengan racun dan kuman yang bisa membahayakanmu.

Di samping itu, air putih juga dibutuhkan oleh ginjal supaya bisa bekerja dengan maksimal. Apabila kamu kurang minum, ginjal tidak bisa bekerja dan justru menghasilkan batu ginjal. Keberadaan batu ginjal bisa membahayakan ginjal itu sendiri dan mengharuskan kamu untuk rutin cuci darah.

Meningkatkan konsentrasi otak

seorang wanita sedang konsentrasi bekerja di depan laptopshutterstock.com

Saat kamu bekerja, sibuk mengurus rumah, atau merawat anak, kamu membutuhkan tenaga lebih supaya tetap kuat dan fokus. Selain makanan, kamu juga butuh air putih. Minuman ini membuat otak bekerja dengan lebih maksimal sehingga kamu bisa fokus dan konsentrasi pada hal yang kamu kerjakan. Ditambah, kandungan potasiumnya bisa meningkatkan daya ingat otak. Akhirnya, kamu bisa bekerja dengan maksimal dan tentunya dengan posisi duduk yang benar berdasarkan ergonomi.

Meningkatkan respons otot

seorang wanita sedang berolahraga di tanggashutterstock.com

Tak hanya otak, air putih juga memberi dampak yang baik bagi otot. Kandungan magnesium dan kaliumnya mendukung pertumbuhan otot tubuh sehingga menjadi lebih kuat. Respons otot pun lebih baik dan tentunya tubuh menjadi lebih bugar. Dalam menjalankan gaya hidup sehat pun, tubuh tidak mudah lelah.

Meningkatkan kesehatan tulang

seorang wanita sedang berlari sambil melompatshutterstock.com

Selain susu, kalsium bisa kamu dapatkan dari air putih. Dengan rutin meminumnya, kebutuhan kalsium akan terus terpenuhi dan kesehatan tulang pun meningkat. Di samping itu, kuku dan gigimu juga lebih kuat.

Meningkatkan kesehatan rambut

rambut seorang wanita berwarna coklat keabuan dan bergelombangshutterstock.com

Terkhusus untuk kamu yang punya mobilitas tinggi, Kania yakin rambutmu selalu terpapar polusi udara. Asap kendaraan dan kotornya udara pasti menempel di rambut. Hal ini bisa melemahkan kekuatan mahkota kepalamu. Warnanya pun mulai kusam. Sering minum air putih akan mengembalikan kekuatannya dan rambut bisa kembali bersinar. Air putih menutrisi dari dalam tubuh untuk mengembalikan pH rambut sehingga tetap lembap.

Wajah jadi lebih bersinar

wajah wanita yang bahagia dan bersinar

Kulit wajah kamu kusam? Bisa jadi kamu kurang minum air putih. Selain menggunakan obat perawatan kulit seperti krim, kamu juga butuh suplemen dari dalam tubuh. Dengan meminum air putih, kulitmu akan lebih bersinar, tidak kusam, dan mencegah timbulnya kerutan. Wajah akan lebih bersinar dan lebih lembap. Perlahan-lahan, kamu tidak perlu mengandalkan kosmetik karena tanpanya pun, kamu sudah cantik apa adanya.

Supaya delapan manfaat ini bisa kamu rasakan, minumlah air putih minimal delapan gelas sehari. Jika ditakar, delapan gelas kaca penuh air putih tersebut setara dengan dua liter. Untuk mengetahui apakah jumlah air yang kamu minum sudah memenuhi syarat, kamu bisa melihat warna urin. Jika warnanya bening, berarti air putih yang kamu konsumsi cukup banyak. Jika warna kuning, kamu masih perlu banyak minum air putih. Yuk, hidup sehat dengan air putih!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse