Susah Tidur? Atasi dengan 5 Tips Perubahan Desain Kamar Tidur ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami mempublikasikan cerita mengenai rumah, ikuti disini.

Punya masalah susah tidur? Tak perlu khawatir karena ada banyak sekali cara untuk mengatasi masalah susah tidur, salah satunya dengan merenovasi kamar tidur milikmu. Tahukah kamu bahwa desain kamar tidur yang tidak baik menjadi salah satu faktor kenapa kamu susah tidur?

Tertarik untuk ubah desain kamar tidur? Simak berbagai tips renovasi desain kamar tidur yang mampu ciptakan suasana nyaman untuk tidur lebih lelap dan nyenyak berikut!

Ubah Warna Kamar Tidur

kamar tidur dinding warna biru dengan lampu gantung dan lukisan bungadesigningidea.com

Mengutip dari Female First, seorang pakar masalah tidur di Edinburgh Sleep Centre bernama Chris Iszikowski mengungkap hasil penelitian yang menunjukkan keberadaan reseptor yang dinamakan sel ganglion pada bagian bawah retina mata. Reseptor ini paling sensitif terhadap warna biru dan mampu mengontrol ritme tubuh hingga mempengaruhi mood seharian penuh.

Warna biru pun sangat dianjurkan untuk menjadi tema kamar tidur untuk membangun mood dan mencegah masalah susah tidur. Selain itu, secara psikologis, warna biru memberikan nuansa damai dan menyejukkan dan mampu mengistirahatkan mata.

Ada beberapa warna lain yang dapat membantu mengatasi masalah susah tidur seperti warna kuning yang hangat sehingga mampu berikan nuansa hangat dan menstimulasi saraf untuk rileks sehingga masalah susah tidur tak lagi menganggumu. Namun, hindari warna ungu karena warna ini mampu menstimulasi daya kreativitas sehingga otak cenderung akan terus berpikir dan membuatmu jadi susah tidur.

Menempatkan Posisi Tempat Tidur dengan Baik

kamar tidur ungu abu-abu dengan tempat tidur di tengah lampu dan pintu terbukaczmcam.org

Menurut feng shui, posisi tempat tidur mempengaruhi energi dalam ruangan yang tentu dapat menyebabkan susah tidur jika energi tersebut negatif. Ada beberapa posisi tempat tidur yang perlu dihindari untuk mencegah energi negatif penyebeb susah tidur, yaitu bersebelahan langsung dengan kamar mandi, berhadapan lurus dengan cermin, dan berada tepat di depan pintu.

Jika rumahmu bertingkat, hindari juga meletakkan tempat tidur tepat diatas kompor (jika kamar berada di atas dapur) atau tepat di bawah ruang kamar mandi karena energi dari kedua hal ini mampu membuatmu jadi susah tidur.

Ciptakan Suasana Nyaman dengan Pencahayaan Redup

perempuan dan pria tidur di kasur dengan lampu tidur redupcasper.com

Pencahayaan dalam kamar tidur tentu penting untuk menentukan suasana tidur demi mengatasi masalah susah tidur. Pastikan setiap jendela dilengkapi tirai tebal untuk mencegah cahaya dari luar masuk ke dalam kamar saat kamu beristirahat.

Selanjutnya, kamu bisa menambahkan lampu-lampu tidur dengan warna yang hangat dan redup sehingga membangun suasana nyaman dan anti susah tidur. Minimalisir juga cahaya langsung, dianjurkan untuk memilih hidden light agar cahaya tidak mengganggu tidur.

Minimalisir Dekorasi, Buat Kamar Lebih Rapi

kamar tidur sederhana dengan kasur kayu karpet kabinet dan lampu gantungdecoist.com

Dekorasi berlebihan dalam kamar tidur tentu akan mengalihkan perhatianmu dari menjamin tidur yang nyenyak. Sebisa mungkin, cobalah menyimpan dekorasi dalam gudang rumah atau membuang dekorasi yang sudah rusak. Buatlah kamar tidur lebih rapi dengan lebih banyak rak tertutup jika kamu memang memiliki banyak barang. Desain kamar yang rapi cenderung mampu mengusir masalah susah tidur dan membuat istirahat jadi lebih berkualitas.

Dekorasi Tanaman untuk Atasi Susah Tidur

kamar tidur dengan tanaman merambat pada kepala ranjang dan tanaman hijaudrommabed.com

Masih terkait dengan dekorasi ruangan, untuk mencegah masalah susah tidur, kamu juga bisa menambahkan sedikit dekorasi tanaman hidup di dalam kamar karena kehadiran tanaman bisa meningkatkan kualitas udara dan juga menciptakan suasana damai dan sejuk. Namun, hindari dekorasi tanaman hidup yang berlebihan karena justru mampu memperburuk kualitas udara dan memperparah masalah susah tidur.

Merenovasi kamar tidur memang salah satu solusi untuk atasi masalah susah tidur. Tapi, tentunya kamu perlu merenovasi kamar dengan tepat untuk cegah masalah susah tidur kembali lagi. Selamat mencoba!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse