6 Manfaat Ampelas, Bukan Sekedar Penghalus Kayu!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ampelas atau kertas pasir adalah sejenis kertas atau kain kasar yang difungsikan untuk menghaluskan berbagai benda. Memiliki permukaan dengan butiran pasir kasar, ampelas dapat dipakai untuk menggosok permukaan yang tidak rata pada furniture maupun elemen interior hunian sehingga halus dan memudahkan proses finishing.

Tak sekadar menghaluskan kayu, ampelas juga bisa difungsikan untuk menghaluskan berbagai benda atau bahan lain yang ada di hunian, lho! Lantas, apa saja sih manfaat dari penggunaan ampelas? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

Memadatkan Pori Kayu

tangan memegang balok kayu naturalwoodworkerssource.com

Selain membuat permukaan kayu menjadi halus, ampelas juga bisa dipakai untuk memadatkan pori-pori kayu yang sulit diisi dengan dempul dan filler. Setelah filler dan dempul diaplikasikan pada permukaan kayu, mengampelas permukaan kayu akan menekan filler dan dempul sehingga pori-pori kayu menjadi lebih padat dan kekuatannya menjadi lebih prima. Proses pengolahan kayu menjadi berbagai macam benda pun menjadi lebih mudah.

Hilangkan Karat Besi

Cara Menghilangkan Karat Pada Besialamy.com

Kamu juga bisa menggunakan ampelas untuk menghilangkan karat pada besi dan logam. Pilihlah ampelas khusus besi yang terbuat dari bahan silicon carbide, kemudian pilih nomor ampelas yang akan digunakan di mana semakin kecil nomor ampelas memiliki permukaan yang makin kasar sehingga mempengaruhi hasil penggosokan yang semakin halus.

Haluskan Permukaan Tembok

tangan mengampelas dinding dengan tekstur tidak ratashutterstock.com

Sebelum kamu mengecat tembok hunian, kamu pun bisa mengampelas acian atau semen pada tembok supaya permukaannya lebih halus dan memudahkan proses pengecatan. Pertama-tama, gunakan ampelas dengan tingkat kekasaran sedang nomor 120 – 160 untuk menghilangkan butiran sisa semen dan pasir. Setelah itu, bersihkan permukaan tembok dari debu yang tersisa menggunakan air. Setelah tembok kering, kamu bisa memulai pengecatan dengan warna dasar dan dilanjutkan dengan warna cat sesuai keinginan dan konsep hunian.

Hilangkan Baret Mobil

mobil merah dengan baret putih melintangwired.com

Mobil kesayanganmu baret karena terserempet kendaraan lain atau terkena pohon? Jika baret pada bodi mobil terlalu dalam dan tidak hilang meskipun sudah dipoles cairan khusus, kamu bisa menghilangkan baret tersebut menggunakan ampelas. Supaya lebih aman dan tidak merusak lapisan pernis, silahkan gunakan ampelas ukuran 4.000. Sebelum melakukannya, pastikan kamu sudah membersihkan permukaan bodi mobil dari kotoran dan debu yang menempel, lalu ampelaslah bodi mobil yang baret mengikuti arah baret.

Bersihkan Sisa Lem

pipa air pvc dioles lem oleh orang berbaju hijau neon dan jeansshutterstock.com

Pipa air atau permukaan akuarium ikan di rumahmu bocor? Tentu menjadi solusi mudah bagi kamu untuk menggunakan lem untuk menghubungkan kaca maupun pipa yang mengalami kebocoran tersebut. Namun, sisa lem yang menyebar pada benda tersebut harus kamu hilangkan menggunakan ampelas, terlebih pada pipa paralon karena bisa mengganggu proses penyambungan dan membuat kotoran tersumbat.

Kilapkan Batu Akik

batu akik warna hijau di cincin di atas batu di lahan rumputgoogle.com

Batu akik yang biasa digunakan pada perhiasan seperti cincin juga tampilannya bisa semakin mengkilap dengan diampelas. Untuk mengkilapkan batu akik tersebut, kamu bisa memulainya dengan memakai ampelas nomor 240 untuk menghilangkan sisa lekukan akibat proses pembentukan batu, dilanjutkan dengan ampelas 600 untuk menghilangkan pori-pori batu akik, lalu memakai ampelas nomor 1.200 hingga 1.500 untuk membuat permukaan batu akik semakin halus.

Walaupun dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, selalu pilih jenis ampelas yang sesuai untuk menghaluskan material benda sehingga pemakaiannya tidak boros dan lebih efisien. Jangan lupa untuk memilih ukuran ampelas yang sesuai dengan besaran benda sehingga pengerjaannya menjadi lebih cepat!  

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse