[Infografik] Ketahui Jenis Lampu Tepat untuk Mata Sehat

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Rumah yang sehat tentu perlu pencahayaan yang tepat untuk menjaga kesehatan mata. Jenis lampu yang digunakan untuk setiap kegiatan dalam kehidupan sehari-hari pun harus disesuaikan agar tidak terlalu menusuk mata ataupun memaksa mata untuk fokus. Berikut Kania akan merekomendasikan jenis lampu beserta warna lampu yang tepat untuk setiap ruangan dalam rumah.

infografik jenis lampu dalam setiap ruang di rumah

Ruang Tamu

Sebagai ruangan pertama yang dilihat tamu saat berkunjung ke rumah, tentu cahaya lampu pun harus memberikan kesan hangat. Cobalah gunakan warna lampu warm white (2700K) dan lebih baik pasang lampu gantung pada ruangan agar pencahayaan dapat melingkungi satu ruangan.

Ruang Belajar atau Kerja

Bagi kamu yang bekerja di rumah atau buah hati tercinta yang masih sekolah, tentu kamu perlu konsentrasi dalam membaca dan menulis. Pilihlah warna lampu daylight (6500K) yang terang benderang agar mata tidak cepat lelah saat harus belajar atau bekerja. Namun, warna lampu ini cenderung akan menusuk mata sehingga lebih baik digunakan sebagai lampu meja agar hanya ditujukan pada pekerjaanmu.

Kamar Tidur

Tempat untuk istirahat dengan nyaman tentu perlu pencahayaan yang relatif redup dan lembut agar mata dapat beristirahat juga. Gunakan warna lampu warm white (2700K) agar ruangan semakin hangat demi tidur yang lebih nyenyak. Daripada dipasang pada lampu di plafon, pasanglah lampu meja agar sekaligus dapat menjadi lampu tidur yang lucu untuk menemani kamu tidur.

Kamar Mandi

Walaupun cenderung menjadi tempat untuk melepaskan penat setelah seharian bekerja, kamar mandi perlu diutamakan kebersihannya agar kesehatan penghuni rumah terjaga. Pencahayaan yang terang pun diperlukan supaya kamu dapat lekas membersihkan sudut-sudut kamar mandi yang mulai kotor. Pilihan warna lampu daylight (4100K) akan memberikan tampilan bersih yang maksimal.

Dapur

Penuh dengan berbagai alat dapur dan bumbu dapur yang beraneka ragam, kamu perlu warna lampu cool white (4100K) agar dapat membedakan aneka bumbu dapur dengan meningkatkan kontras warna. Selain itu, ruangan tentu akan menjadi lebih bersemangat dengan pencahayaan terang.

Ruang Makan

Identik dengan tempat berkumpul keluarga, gunakan warna lampu warm white (2700K) demi menyebarkan kehangatan pada ruangan. Seperti di ruang tamu, pilihlah lampu gantung agar pencahayaan hangat dapat menemani momen sarapan, makan siang, dan malam bersama keluarga.

Jangan lupa bahwa kamu bisa tambahkan warna lampu ataupun jenis lampu lain pada ruangan untuk menyesuaikan pencahayaan sesuai dengan yang kamu inginkan!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse