Ingin Freezer Bekerja Lebih Optimal? Ikuti 5 Tips Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Untuk menyimpan ragam bahan makanan untuk persediaan di rumah, biasanya kita menggunakan kulkas. Elektronik dapur ini kebanyakan dijual bersamaan dengan freezer. Perbedaan kedua bagian ini bisa terlihat jelas dari suhu udara yang dihasilkan. Freezer lebih dingin dibanding kulkas sehingga bagian ini lebih sering digunakan untuk membekukan makanan.

Freezer memiliki cara perawatan dan penggunaan yang berbeda dibanding kulkas. Jika kamu bisa menggunakannya dengan teknik yang tepat, ia bisa bekerja lebih maksimal dan awet. Demi mencapai hal tersebut, Kania ingin membagikan beberapa tips saat kamu menggunakan lemari pembeku ini untuk menyimpan bahan makanan. Yuk, simak di bawah ini!

Jangan letakkan dekat dengan kompor

dapur warna putih lengkap dengan kulkas beserta freezer dan komporshutterstock.com

Meletakkan freezer dan kompor gas ataupun kompor listrik bersebelahan atau berdekatan bisa menghambat kinerjanya, lho! Suhu panas yang dihasilkan kompor maupun benda lain yang panas membuat lemari pembeku ini mengerahkan usaha tambahan demi mempertahankan suhu dingin di dalamnya.

Jika ini terus terjadi, freezer akan cepat rusak. Maka dari itu, letakkan lemari pembeku ini sejauh mungkin dari kompor. Hal ini juga berlaku pada kulkas, ya.

Atur peletakan makanan

beberapa kotak penyimpanan dan plastik yang berisi sayuran dalam freezershutterstock.com

Menata posisi bahan makanan di freezer secara rapi akan memudahkan kamu mengambilnya. Di samping itu, jumlah udara panas yang masuk sedikit karena kamu tidak membutuhkan waktu yang banyak untuk mengambil bahan makanan. Akhirnya, lemari pembeku ini pun bisa bekerja dengan lebih efisien.

Simpan bahan makanan dalam wadah tertutup

seseorang menaruh beberapa kotak makan berisi sayuran dalam freezershutterstock.com

Tanpa disadari, seringkali kita menyimpan bahan makanan dalam wadah terbuka atau kantung plastik biasa saat disimpan dalam freezer ataupun kulkas. Rupanya, teknik seperti ini salah. Seharusnya, bahan makanan dimasukkan ke dalam sebuah wadah tertutup seperti kotak makanan atau plastik klip yang seukuran. Di samping mendukung keawetan makanan, bahan makanan juga bisa tertata dengan lebih rapi.

Pisahkan satu jenis makanan dengan yang lainnya. Simpan daging sapi, unggas, dan ikan di bagian bawah freezer. Saat kamu ingin membekukan pisang, kupas kulitnya terlebih dulu. Masukkan ke dalam tempat tertutup. Jika kamu menyimpan pisang bersamaan dengan kulitnya, kulit tersebut tidak tahan udara dingin dan justru membuat pisang cepat busuk.

seorang wanita sedang menutup kotak makanan berisi sayuranshutterstock.com

Dalam menyimpan sisa lauk, simpan dalam kotak makanan juga. Namun sebelum kamu menyimpannya, panaskan sisa makanan tersebut terlebih dulu. Taruh dalam wadah, tunggu hingga dingin, baru tutup wadah tersebut. Setelah itu, masukkan ke dalam freezer.

Jangan khawatir jika sudah penuh

freezer yang penuh dengan es krim dan es batushutterstock.com

Freezer yang penuh bahan makanan terkadang membawa kekhawatiran sendiri, yaitu bahan makanan jadi tidak beku. Jangan khawatir, bahan makananmu tetap akan beku, kok. Justru, freezer yang terisi penuh bisa mempertahankan suhu dingin lebih baik daripada yang kosong.

Saat sedang dibuka, makanan-makanan beku ini bisa membantu freezer mempertahankan suhu dingin sehingga lemari pembeku ini tetap dalam kondisi dingin meskipun udara panas masuk. Meski begitu, jangan terlalu banyak memasukkan bahan makanan ke dalamnya. Sisakan celah-celah supaya sirkulasi udara dingin bisa tetap lancar.

Pasang freezer pada suhu -18°C

termometer untuk mengukur suhu freezer dengan bahan makanangoogle.com

Menurut US Food and Drug Administration (FDA), makanan harus disimpan pada suhu -18°C dalam freezer. Angka tersebut diyakini sebagai suhu yang sesuai untuk membekukan bahan makanan. Bakteri tidak akan berkembangbiak pada suhu tersebut, tetapi tidak menutup kemungkinan bakteri tetap bisa hidup apabila sebelumnya sudah menempel di makanan.

Jika freezer milikmu tidak terpasang termometer, kamu bisa beli termometer khusus dan pasang di posisi yang memudahkanmu untuk membacanya. Jangan lupa untuk mengecek suhu dalam freezer setidaknya seminggu sekali.

Dengan melakukan lima tips menyimpan makanan dalam freezer di atas, Kania jamin makananmu bisa tahan lama. Freezer pun juga bisa bekerja dengan lebih maksimal dalam membekukan makanan. Jangan lupa rajin membersihkan freezer dan kulkas juga, ya!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse