8 Peralatan Listrik yang Wajib Kamu Punya di Rumah!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Listrik menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang. Terlebih untuk rumah tangga, listrik dapat memenuhi semua keperluan dasar secara praktis, misalnya untuk memasak nasi, menonton televisi, mengisi daya baterai smartphone, hingga keperluan pencahayaan.

Selain mengetahui fungsi dari berbagai peralatan listrik, tentunya kamu harus memiliki sejumlah peralatan listrik dasar untuk melancarkan pengoperasian berbagai macam perangkat elektronik di rumah. Lantas, apa saja sih peralatan listrik yang wajib tersedia di rumah?

Stop Kontak Listrik

dua peralatan lisrik stop kontak pada dinding hijau abu-abutourbelizeautorental.com

Peralatan listrik pertama yang wajib tersedia di berbagai sudut rumah adalah stop kontak. Peralatan listrik berupa stop kontak ini merupakan titik penghubung yang bertugas menghantarkan listrik utama ke berbagai perangkat elekronik yang ada di hunian kamu dan dipasangkan dengan cara ditanam ke dalam tembok atau menggunakan kabel.

Peralatan listrik yang satu ini memiliki tipe, bentuk, ukuran, arus dan batasan voltase berbeda sesuai standar masing-masing negara. Untuk Indonesia, stop kontak yang dipakai adalah tipe C dan tipe F dengan frekuensi 50 Hz dan memiliki tegangan 220 voltase.

Steker Listrik

peralatan listrik steker warna hitamfuerteventuraguide.com

Steker listrik atau biasa dikenal dengan colokan listrik merupakan peralatan listrik yang berfungsi menghantarkan listrik yang dihubungkan pada stop kontak. Adapun, penggunaan peralatan listrik ini sangatlah mudah karena kamu cukup menancapkan steker pada dua lubang stop kontak sesuai arahnya.

Saklar Listrik

tangan menekan saklar listrik putihtelegraph.co.uk

Mungkin banyak orang yang tidak menyadari bahwa saklar berbeda dari stop kontak. Fungsi dari peralatan listrik ini adalah untuk memutuskan aliran listrik demi menghemat penggunaan listrik rumah tangga. Penggunaan saklar sangat mudah karena cukup menekan tombol peralatan listrik ini searah permukaan untuk menyambung dan memutus daya listrik.

Fitting Lampu

fitting lampu warna abu-abu peralatan listrik tempat memasang lampuditverzinjenietn.nl

Fitting lampu juga menjadi salah satu peralatan listrik yang wajib terdapat di setiap rumah. Peralatan listrik yang satu ini digunakan sebagai tempat untuk menaruh bohlam lampu pada bagian tengahnya. Di pasaran, peralatan listrik ini tersedia dalam dua varian model, yakni model berulir dan model sumpit yang dipasangkan dengan cara menusuk ujung lampu ke tempatnya.

Meteran Listrik

peralatan listrik meteran listrik dengan angkaconstructionreviewonline.com

Setiap rumah yang terhubung dengan jaringan listrik pastinya dilengkapi dengan sebuah meteran yang dipasang pada dinding rumah. Lewat peralatan listrik ini, besaran daya yang digunakan konsumen akan terlihat dalam satuan hitungan kWh (kilowatt hour) dan dicatat oleh petugas PLN untuk pembayaran.

Pengaman Listrik

peralatan listrik pengaman listrik kotak warna abu-abu pada dinding papan kayupoweredperfect.com

Setiap rumah juga wajib menggunakan pengaman listrik supaya meminimalisir potensi kebakaran yang diakibatkan oleh hubungan arus pendek. Sebagai peralatan listrik untuk menghindari kelebihan arus, Kamu bisa memilih pengaman listrik seperti patron lebur atau sekering, MCB atau Miniature Circuit Breaker, grounding yang bekerja dengan cara menyalurkan kebocoran arus listrik ke dalam tanah, serta ELCB atau Earth Leakage Circuit Breaker.

Ballast Lampu

peralatan listrik ballast lampu kabel listrik warna biru kuning merahwikipedia.org

Peralatan listrik berupa ballast lampu memiliki tugas untuk menyeimbangkan dan mengatur arus listrik yang masuk ke dalam lampu sehingga kinerjanya lebih stabil dan lampu terhindar dari kerusakan karena menggunakan karakteristik daya yang sesuai. Untuk pemasangannya, peralatan listrik ini bisa kamu tempelkan pada kap lampu atau dipasang secara tersendiri menggunakan dudukan yang lokasinya berdekatan dengan lampu.

Kabel Listrik

peralatan listrik kabel warna kuning coklat biru dan kawattaisin.com.sg

Peralatan listrik yang tentunya wajib terdapat di rumah adalah kabel yang bertugas menghantarkan arus listrik. Di pasaran, terdapat tiga varian utama kabel listrik yang bisa kamu pakai, seperti kabel listrik NYA dengan beragam warna, NYM yang berwarna putih, dan NYY yang berwarna hitam.

Kabel NYA merupakan kabel berisolasi dengan inti kawat tunggal sehingga perlu dimasukkan ke dalam pipa PVC agar terhindar dari pengelupasan. Kabel NYM dilindungi oleh selubung karet sehingga relatif lebih kuat dibandingkan kabel NYA dan cocok ditanam dalam tembok saat instalasi.

Sementara itu, kabel NYY mempunyai isolasi ganda sehingga memiliki durabilitas yang lebih baik. Peralatan listrik kabel jenis NYY ini tentu tahan terhadap air dan tekanan sehingga cocok untuk ditanam atau digunakan di bagian outdoor hunian.

peralatan listrik di atas denah rumahshutterstock.com

Kedelapan peralatan listrik di atas wajib tersedia di rumah agar instalasi listrik dapat terjaga dan berfungsi dengan baik. Nah, untuk kamu yang sedang melakukan pembangunan atau renovasi rumah, jangan lupa siapkan peralatan listrik di atas, ya!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse