Kenali Berbagai Tipe Selang Air dan Fungsinya!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Buat kamu yang sering berkebun, pastinya tak asing dengan selang air. Selain untuk menunjang kegiatan berkebun, selang air juga bisa difungsikan untuk mendistribusikan air ke wadah penampungan yang ada di hunian kamu. Berbagai kegiatan di halaman rumah tentu membutuhkan selang sebagai perantara antara sumber air dengan tempat air akan digunakan atau ditampung.

Buat kamu yang sedang mencari selang, jangan memilih berdasarkan ukuran saja. Di pasaran, terdapat banyak tipe selang air yang memiliki fungsi spesifik untuk disesuaikan menurut kebutuhan kamu.

Lantas, apa saja sih tipe selang air yang bisa kamu pilih dan fungsi dari setiap tipe tersebut?

Selang Air Transparan

gulungan selang air transparan dan tampak dekat selang airmade-in-china.com

Selang air yang satu ini memiliki rupa transparan dan biasanya digunakan untuk mendistribusikan air bersih karena kamu dapat dengan mudah melihat aliran air. Dibuat menggunakan material PVC, selang ini memiliki sifat yang cukup elastis sehingga dapat disesuaikan dengan ukuran diameter keran dan bisa disimpan dengan cara digulung.

Di pasaran, selang air transparan dijual dalam ukuran panjang per meter yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk diameternya, selang ini tersedia mulai ukuran 3 mm untuk keperluan pengairan di akuarium hingga ukuran 5/16 inci.

Selang Air Plastik Warna

selang air berwarna hijau dengan garis kuning digulung di atas rumputwheeliebinstoragedirect.co.uk

Selain selang dengan rupa transparan, terdapat juga selang berwarna. Umumnya, selang air berwarna dibuat dengan kandungan bahan karet dan PVC sehingga sifatnya lebih tahan lama dan memiliki elastisitas yang tinggi.  Selain untuk sistem pengairan, selang ini juga sering digunakan untuk pembungkus kabel maupun hasil kerajinan tangan dengan ukuran diameter mulai dari 5/8 hingga 1 inci. Sementara itu, variasi tingkat ketebalan dan elastisitasnya sangatlah beragam sehingga kamu bisa menyesuaikannya menurut kebutuhan.

Selang Air Spiral

selang air spiral pvc warna putih semi-transparangoro.com.hk

Selang air spiral berfungsi khusus untuk pembuangan air bertekanan tinggi. Terbuat dari perpaduan bahan PVC lunak dan keras, selang ini pun memiliki warna semi-transparan untuk memudahkan kamu melihat pergerakan air serta mempunyai dinding bagian dalam yang mulus sehingga air bisa terus mengalir secara lancar. Di pasaran, selang ini tersedia dalam ukuran diameter mulai dari 1 hingga 8 inci.

Selang Air Panas

selang air warna merah digulung dengan ujung logamgoogle.com

Tak lupa, ada selang khusus air panas yang bisa kamu gunakan untuk menyalurkan air dari pemanas air atau water heater ke shower atau bak air. Selang air panas dibuat dengan bahan cross linked polyethylene atau PEX yang diklaim sangat elastis, tahan terhadap tekanan tinggi, tidak menimbulkan karat dan tahan sampai suhu air mencapai 200 derajat. Umumnya, selang ini dijual di pasaran dengan warna merah atau oranye dan tersedia dalam ukuran diameter setengah inci.

Tips Memilih Selang Air

selang air warna biru dengan permukaan luar menyerupai sisik ulardhresource.com

Pilihlah selang air dengan panjang yang sesuai dengan ukuran batas maksimal halaman rumah sehingga memudahkan penggunaan. Selain itu, ukuran ketebalan dan diameter selang pun harus diperhatikan karena akan memengaruhi arus aliran air yang keluar.

Tidak hanya itu saja, pilihlah selang air dengan keelastisan yang memadai agar memudahkanmu saat menyimpannya. Tentukan bentuk ujung selang yang bisa mengatur semprotan secara mudah, serta gunakan selang yang memiliki perlindungan antimikroba supaya menghindari penyebaran bakteri di dalam selang.

Memiliki fungsi yang beragam, selang air digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga. Mulai dari menyalurkan air panas, mengalirkan air dari menara air ke dalam bak mandi, menyiram tanaman, dan mencuci kendaraan, kamu wajib mengetahui selang air mana yang sesuai dengan keperluanmu.

Jangan lupa baca artikel dengan informasi bermanfaat lainnya di Dekoruma, ya! Selain artikel, ragam jenis furnitur berkualitas juga ada di Dekoruma, lho! Dekoruma jual lemari, meja, sofa, dan aneka rak. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kepoin Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse