7 Kategori Perkakas yang Perlu Kamu Ketahui untuk Keperluan Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tinggal di hunian baru tentunya sangat menyenangkan. Terlebih jika kamu telah menyelesaikan konfigurasi perabotan dan dekorasi interior yang membuat kamu dan seluruh keluarga bisa tinggal secara nyaman. Namun, tahukah kamu bahwa berbagai perkakas perlu tersedia di rumah untuk segala keperluan rumah?

Mulai dari pekerjaan rumah ringan hingga pekerjaan berat yang bisa dilakukan sendiri tanpa harus meminta bantuan tukang, menyediakan perkakas untuk digunakan saat diperlukan dapat mempermudah kamu menjaga kondisi hunian.

Berikut ini terdapat beberapa jenis perkakas yang sebaiknya segera kamu siapkan untuk menunjang kegiatan rumah tangga. Apa saja itu? Simak ulasan di bawah ini.

Pemotong

perkakas pemotong gunting warna merah dan kuningweallsew.com

Perkakas pemotong tentunya sangat kamu butuhkan di kegiatan sehari-hari karena memiliki berbagai fungsi, mulai dari memotong benang, buah dan sayuran hingga kayu atau triplek.

Adapun, beberapa perkakas pemotong yang sebaiknya segera kamu miliki di antaranya adalah pisau, gergaji, gunting, kapak dan parang. Jangan lupa untuk menyiapkan pula alat asah untuk mempertajam pemotong yang sudah tumpul agar bisa kembali digunakan.

Penggerak

perkakas pemukul palu hitamamazon.com

Peralatan elektronik atau perlengkapan di rumah memerlukan penggerak untuk menyetel mesin atau menyambungkan material agar mereka dapat berfungsi dengan baik. Beberapa alat dalam kategori perkakas ini adalah palu untuk menggerakkan paku, obeng untuk menggerakkan mur, dan tang.

Pengukur

perkakas pengukur penggaris pita gulung kuning dan besi di atas denahkyk.com.ph

Apakah kamu gemar membuat dekorasi DIY atau membuat kolase foto sebagai hiasan ruang tamu? Maka, kamu memerlukan perkakas pengukur seperti penggaris atau pita ukur. Selain itu, ada baiknya kamu menyimpan amperemeter dan voltmeter untuk mengukur arus listrik saat diperlukan.

Pengikat

tumpukan paku isibangunan.com

Perkakas pengikat terdiri dari berbagai variasi, seperti las, paku, tali hingga lem yang bisa kamu fungsikan untuk menempelkan dekorasi di dinding, merapikan gorden, membuat aquarium, membuat rak DIY hingga melakukan instalasi furnitur rumah.

Pembantu Kegiatan di Dapur

kumpulan perkakas masak dan makan seperti spatula dan talenanthedailymeal.com

Untuk keperluan dapur, perkakas juga wajib kamu siapkan karena bisa mempermudah kegiatan memasak ataupun santap makanan bersama keluarga. Untuk keperluan di dapur, kamu bisa mempersiapkan alat masak seperti set peralatan memasak yang terdiri dari panci, wajan dan spatula, set talenan berbagai ukuran, berbagai jenis pisau dapur hingga set alat makan standar yang terdiri dari piring, sendok dan garpu.

Pembersih

perkakas kebersihan seperti pel, sapu, cairan pembersih, ember, dan pengkimaidforyou.com.au

Kegiatan bersih-bersih di rumah juga harus didukung beberapa perkakas sehingga lebih praktis, cepat dan efisien. Untuk kegiatan bersih-bersih, pastikan kamu sudah menyiapkan alat-alat seperti kain pel, sapu, spons, kemoceng, lap, dan sikat agar setiap sudut rumah dapat dibersihkan dengan mudah.

Perkakas Teknik Multifungsi

perkakas multifungsi seperti kunci inggrisnetdna.com

Selain perkakas untuk menunjang pekerjaan utama di rumah, kamu juga sebaiknya menyiapkan perkakas teknik untuk membetulkan benda-benda yang mengalami kerusakan, seperti sepeda anak, gagang pintu, dan instalasi kandang hewan peliharaan.

Untuk perkakas multifungsi, kamu bisa menyiapkan sebuah kunci inggris yang lebarnya bisa diatur sesuai kebutuhan dan menggantikan beberapa ukuran kunci sehingga lebih hemat dan praktis. Selain itu, siapkan juga perkakas berupa set obeng yang terdiri dari berbagai ukuran, snap and grip untuk mengencangkan baut, serta set kunci sock untuk mereparasi sepeda dan kendaraan bermotor lainnya.

berbagai perkakas diletakkan di atas papan kayu seperti palu dan pita ukur warna warnisoldbyres.com

Penggunaan perkakas tentunya dapat membantu segala macam pekerjaan rumah sehingga lebih praktis dan cepat. Perhatikan apabila ada beberapa jenis alat lain yang kamu perlukan di saat kamu harus memperbaiki furnitur di rumah ataupun untuk keperluan mendesak di rumah seperti bocornya pipa air. Pastikan alat-alat tersebut siap sedia di rumah agar ada saat diperlukan.

Jika kamu tidak sempat untuk pergi ke toko fisik untuk membeli barang-barang di atas, kamu bisa membelinya di toko furniture online, Dekoruma. Dekoruma jual sikat, perkakas, dan alat kebersihan yang super lengkap. Yuk, pastikan semua kebutuhanmu lengkap bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse