Pesona Cahaya Lentera, 8 Ide Kreatif Memaksimalkan Lighting di Hunian

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan lighting di hunian. Selain pemasangan lampu utama dengan pancaran cahaya yang tepat, kamu pun bisa menambahkan dekorasi lampu seperti lentera untuk menciptakan mood tertentu di hunian.

Lentera merupakan perangkat pencahayaan portabel yang dipakai sebagai penutup lampu atau lilin sehingga dapat mengeluarkan efek tertentu sesuai bentuknya. Nah, apakah kamu tertarik memasang dekorasi ini untuk memaksimalkan pencahayaan di rumah? Untuk membantu kamu, simak referensi kreatif di bawah ini, yuk!

Ruangan Kreatif dengan Lentera Kertas DIY

lentera kertas warna warni pada rak dinding tempat boneka dalam kamar anakpinterest.com

Selain ekonomis, kamu bisa berkreasi membuat lentera dengan bahan kertas untuk mempercantik tampilan hunian. Umumnya, dekorasi ini seringkali ditemukan pada pesta pernikahan untuk memberikan kesan romantis pada ruangan melalui cahayanya yang redup. Namun, penampilannya yang simpel tapi mempunyai beragam warna, pola, dan bentuk membuatnya cocok untuk ditempatkan pada kamar anak ataupun kamar tidurmu.

Terbuat dari kertas, tentu sangat mudah bagi kamu untuk mengeluarkan sisi kreatifmu dengan memilih pola dan bentuk lentera sesuai dengan keinginanmu. Bahkan, kamu bisa dengan mudah memberikan sentuhan pribadi melalui tulisan atau gambar pada kertas yang melapisi dekorasi ini. Lentera kertas ini sangat cocok digunakan jika kamu ingin menghadirkan kesan kreatif sekaligus menunjukkan kepribadianmu di ruangan.

Lentera Kaleng DIY untuk Efek Dramatis di Ruangan

berbagai lentera kaleng dengan lubang berbentuk pola menyala redupguidepatterns.com

Untuk mendapatkan lentera yang lebih kokoh, coba manfaatkan kaleng susu bekas, yuk! Carilah kaleng dengan bentuk yang kamu inginkan dan lubangi permukaan kaleng membentuk pola yang kamu inginkan seperti inspirasi di atas. Variasikan desain dari setiap kaleng agar pancaran cahaya yang terciptakan dapat memberikan ilusi dramatis yang berbeda pada ruangan, sesuai dengan mood yang diinginkan.

Kesan Eksotik di Hunian dengan Lentera Etnik

lentera etnik dengan kaca pola kaleidoskop warna warni menjadi lampu gantunggoogle.com

Ingin memberikan sentuhan unik dan klasik di hunian? Kamu bisa memasang lentera dengan motif etnik seperti pada inspirasi di atas. Identik dengan Maroko, motif seperti ini pada umumnya bisa kamu temukan di pusat perbelanjaan barang antik. Permainan pola dan warna yang beragam pada kerangka luar lampu memberikan sentuhan etnik dan eksotik di hunian kamu. Tak hanya itu, hunianmu akan terlihat lebih mewah dengan hiasan lentera yang bervariasi ini.

Lentera Keramik untuk Kesan Mewah dan Elegan

lentera keramik putih dengan pola lubang dan tinggi berbedapinterest.com

Kalau kamu ingin tampilan yang lebih simpel dan bersih, coba pilih lentera keramik. Selain memberikan kesan artistik, tampilannya yang bersih memberikan aksen mewah dan berkelas secara keseluruhan pada ruangan. Perhatikan lokasi penempatan dekorasi satu ini karena keramik merupakan bahan yang mudah pecah. Pastikan bahwa kamu menaruhnya di furnitur berposisi tinggi seperti rak dinding atau tempat yang sulit dijangkau oleh anak kecil agar tidak tersenggol dan jatuh.

Hunian Natural dengan Lentera Bergaya Rustic

lentera klasik di atas meja kayu dengan lampu redupmikemburkedesigns.com

Hunian dengan konsep minimalis terkadang bisa terkesan monoton. Ingin memberikan elemen kontras? Tampaknya, lentera model rustic ini sangat cocok kamu tempatkan. Mengusung gaya yang orisinal, natural, namun estetik, model klasik ini siap memberikan sentuhan menarik di tengah ruangan hunianmu.

Lentera Gothic untuk Kesan Misterius

lentera gothic warna hitam dengan lilin di dalamartstation.com

Apakah kamu penggemar desain abad pertengahan? Marak dengan ukiran dan pola berliku, desain abad pertengahan memberikan kesan misterius juga berkat kombinasi warna hitam dan tampilan material yang digunakan seperti pada lentera di atas. Kesan gothic dari dekorasi ini pun mampu membawa nuansa dramatis pada hunianmu tanpa perlu mengganti furnitur dan perabot lain yang kamu miliki. 

Lentera Kain untuk Tampilan Hunian Simpel

lentera kain dengan renda hitam dan tali untuk gantunggoogle.com

Untuk kamu yang ingin menonjolkan kesederhanaan di hunian, lentera kain seperti pada inspirasi ini sangat cocok untuk kamu gunakan. Terbuat dari kain, lentera ini mengusung desain yang sangat simpel dan lembut sehingga sangat cocok difungsikan sebagai elemen pelengkap di hunian berkonsep minimalis. Sebelum memakainya, pastikan kamu menggunakan lampu berdaya kecil supaya kain tidak mudah terbakar, ya!

Lentera LED untuk Nuansa Modern dan Futuristik

lentera dengan kerangka fleksibeltwentytwentyone.com

Jika kamu memerlukan sumber cahaya yang relatif lebih terang, maka lentera dengan lampu LED ini sangat pas untuk digunakan. Selain cocok diletakkan di taman rumah, lentera ini dapat ditempatkan di ruang keluarga dekat rak TV untuk memberikan pencahayaan tambahan saat menonton film di televisi. Suasana modern yang futuristik pada ruangan pun terasa banget.

Dengan menggunakan lentara, pencahayaan di hunian akan semakin atraktif mengikuti mood atau selera personal dari pemilik rumah. Bagaimana, apakah kamu tertarik memasang lentera di rumah? 

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse