[Infografik] Seberapa Lama 7 Perlengkapan Rumah Tangga Ini Dapat Dipakai?

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Banyak perlengkapan rumah tangga yang sudah kamu miliki sejak dahulu kala, entah memang sudah digunakan dari kamu kecil ataupun diturunkan dari orang tua. Namun, tahukah kamu bahwa perlengkapan rumah tangga juga punya usia atau masa penggunaan sebelum mereka menjadi tua, rapuh, dan berbahaya bagi keamanan penggunanya?

Rumah pasti dipenuhi dengan beragam perlengkapan rumah tangga di dalam setiap ruangannya. Misalkan di kamar mandi, terdapat wastafel untuk cuci tangan, kepala shower, dan toilet.

Simak beberapa perlengkapan rumah tangga dalam ruangan-ruangan di rumah berikut yang mungkin perlu kamu cek sekarang.

Infografik Perlengkapan Rumah Tangga

Kamar Tidur

Perlengkapan rumah tangga di kamar tidur pastinya digunakan sehari-hari untuk beristirahat. Namun, bantal ternyata harus diganti setiap 6 bulan sekali. Lain dari tempat tidur dan matras yang usianya cukup panjang, bantal berpotensi menjadi tempat bersarang penyakit sehingga perlengkapan rumah tangga ini perlu diganti secara rutin saat bantal sudah terlihat kempis.

Matras atau kasur pun perlu diganti setiap 5-10 tahun sekali atau ketika permukaan matras sudah tidak rata lagi. Jemur matras dan bantal secara rutin, setiap seminggu sekali agar paparan sinar matahari dapat membunuh kuman penyakit yang bersarang di kedua perlengkapan rumah tangga tersebut.

Dilansir dari The Spruce, tempat tidur pastikan diganti setiap 15-20 tahun sekali untuk memastikan bahwa perlengkapan rumah tangga ini cukup kokoh untuk menopang berat badan penggunanya. Jika kerangka sudah berderit saat digunakan, itulah pertanda pasti bahwa kamu harus mengganti tempat tidurmu.

Ruang Tamu

Sebagai ruang pertama yang didatangi tamu, perlengkapan rumah tangga dalam ruangan ini tentu perlu diperhatikan agar masih berfungsi dengan baik.

Sofa layaknya diganti setiap 7-15 tahun sekali. Perlengkapan rumah tangga ini seharusnya tidak berbau, tidak berlubang, dan tidak berderit saat digunakan. Ganti secepatnya jika ini terjadi.

Sementara itu, bohlam LED pada ruangan juga perlu dijaga agar diganti setiap 2-3 tahun sekali untuk memastikan bahwa perlengkapan rumah tangga ini dapat memberikan pencahayaan yang memadai pada ruangan.

Dapur

Terbilang ruang paling sibuk di rumah, dapur penuh dengan perlengkapan rumah tangga yang sehari-harinya terpapar panas dan bau dari kegiatan masak-memasak. Tahukah kamu bahwa peralatan masak seperti panci dan wajan wajib diganti setiap 3-5 tahun sekali? Permukaan yang sudah terkelupas ataupun retak akan berpotensi mengontaminasi makanan yang dimasak.

Sementara itu, meja makan perlu diganti setiap 15-20 tahun sekali atau saat perlengkapan rumah tangga ini sudah mulai berderit atau tidak stabil.

Setiap perlengkapan rumah tangga pasti berumur. Walaupun ada beberapa perlengkapan rumah tangga milikmu yang mempunyai nilai sentimental, kamu tetap perlu mengutamakan kesehatan dan keamanan para penghuni rumah. Anggaplah mengganti perlengkapan rumah tangga yang sudah tua dan rapuh menjadi investasi bagi masa depan penghuni rumah yang baik dan sehat.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse