Bukan Cuma Tubuh, Rumah Juga Perlu Detoks, Begini Caranya!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Bukan hanya makanan yang dapat menimbun racun di dalam tubuh, benda-benda yang sehari-hari kita gunakan juga mengandung zat yang mengancam kesehatan. Beberapa di antaranya adalah peralatan rumah tangga, perlengkapan dapur, dan produk pembersih. Oleh karena itu, detoks juga perlu diterapkan di dalam rumah.

Environmental Working Group menyebut kandungan berbahaya yang terdapat pada perangkat rumah berpotensi mengakibatkan sejumlah gangguan kesehatan mulai dari kerusakan organ, komplikasi jantung, asma, sampai kanker. Begitupun dengan udara yang bergerak di sekitar rumah, yang mana berkontribusi membawa polusi yang menyebabkan penyakit alzheimer’s dan penyakit kronis lainnya jika tidak menjalankan detoks rumah secara rutin.

meja kayu di rumah dengan bunga dalam vas teko yang bersih setelah detoksthespruce.com

Detoks untuk rumah dapat diterapkan melalui langkah-langkah sederhana, tanpa harus mengganti furnitur atau renovasi pada struktur bangunan. Dengan detoks rumah, kondisi ruang tinggal menjadi lebih sehat sehingga aman dan nyaman untuk ditinggali. Berikut cara detoks untuk menghilangkan racun yang mengendap di dalam rumah.

Mengganti Produk Pembersih

cairan pembersih dan alat pembersih di ember biru di atas meja dapurshutterstock.com

100 liter racun yang terdapat di dalam rumah berasal dari produk berbahan kimia yang digunakan sebagai alat pembersih. Namun, cara detoks rumah tidak lantas mengharuskan kamu menyingkirkan semua produk pembersih.

Perhatikan terlebih dahulu kandungan yang terdapat pada produk tersebut. Produk yang mengandung fosfat, klorin, dan pengharum buatan sebaiknya dihindari agar detoks rumah dapat diterapkan dengan baik.

dua botol kaca dengan label vinegar dan baking soda, potongan jeruk dan sendok putihthespruce.com

Pastikan juga produk pembersih telah diuji keamanannya oleh lembaga atau departemen kesehatan yang resmi. Selain itu, detoks untuk zat kimia beracun bisa dibarengi dengan penggunaan pembersih alami, seperti cuka, lemon, dan soda kue.

Membersihkan Polusi Udara

ruang keluarga dan makan dengan karpet permadani apartmenttherapy.com

VOC atau Volatile Organic Compound merupakan zat kimia berbahaya yang tidak hanya terkandung dalam produk berbahan kimia, namun juga pada furnitur, material bangunan dan benda dekorasi, seperti karpet serta lukisan. Tanpa detoks rumah secara rutin, zat ini dapat mengontaminasi udara di sekeliling rumah sehingga membahayakan jika sampai terhirup.

Cara detoks yang dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah melalui penggunaan alat-alat pembersih dan penyaring udara, seperti exhaust fan dan air humidifier. Menyimpan sepatu di luar rumah juga menjadi detoks yang ampuh untuk memperbaiki kualitas udara di dalam rumah.

Menggunakan Filter Air

tangan memencet tombol mesin untuk filter airpinterest.com

Pemerintah memang sebaiknya menjaga kualitas air bersih untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Namun, polusi juga dapat berasal dari lingkungan rumah tangga itu sendiri, sehingga tidak ada salahnya untuk ikut menjaga kualitas air bersih dengan menerapkan detoks untuk rumah.

Detoks untuk menghilangkan polutan dan racun yang terkandung dalam air dapat dilakukan dengan penyaringan dan pemurnian air. Gunakan alat seperti filter dan penjernih air atau water purifier untuk menjernihkan air sehingga terjamin aman untuk dikonsumsi.

Manfaatkan Minyak Atsiri

lima botol kaca kecil berisi minyak atsiri dengan tanaman herbalshutterstock.com

Detoks untuk rumah menganjurkan untuk menghindari penggunaan bahan kimia berbahaya dan beralih menggunakan bahan-bahan yang lebih alami dan ramah lingkungan. Minyak atsiri atau minyak esens adalah hasil ekstraksi material alami sehingga sesuai dengan paham detoks. Selain berfungsi sebagai pembersih, pengharum, dan obat alternatif, ia dapat menggantikan peran produk kimia yang kerap dipakai di dalam rumah.

Cara detoks dengan penggunaan minyak atsiri juga tidak bisa asal dilakukan. Minyak atsiri memiliki konsentrasi yang cukup tinggi sehingga perlu dilarutkan terlebih dahulu.

ruang tamu di rumah sederhana minimalis bernuansa putihpinterest.com

Racun dari benda-benda di sekitar rumah dapat memberikan dampak negatif pada kesehatanmu. Selain menerapkan cara detoks untuk rumah di atas, rumah juga perlu dibersihkan secara rutin.

Mulai dari membiasakan diri untuk bersih-bersih rumah, detoks untuk rumah perlu memerhatikan setiap elemen ruang yang dapat berkontribusi pada kesehatan penghuninya seperti kondisi air dan udara dalam rumah. Jika detoks tubuh sudah rutin dijalankan, pastikan rumah tempat tinggal juga bersih dari toksin yang mengancam melalui detoks rumah secara rutin.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse