Kitchen Set Dapur, Apakah Perlu untuk Dapur Fungsional?

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Lebih dari sekedar storage untuk panci dan perlengkapan pecah belah, kitchen set dapur punya segudang manfaat yang menjadikan dapur makin fungsional. Semua ini bergantung pada pemilihan kitchen set dapur yang tepat untuk aktivitas dapur yang makin maksimal. Pelajari dulu yuk, seluk beluk seputar kitchen set dapur dan kegunaannya secara lengkap!

Pentingnya Fungsi Kitchen Set Dapur

kitchen set dapur skandinavia dengan kabinet kayu

Dapur memang jantung dari sebuah rumah. Di ruang ini, keluarga sering berkumpul dan menikmati makan bersama. Banyak memori berharga bersama keluarga yang tidak jauh-jauh dari dapur, termasuk ketika mempersiapkan hidangan untuk tamu dan berkumpul untuk memasak bersama.

Penampilan dapur terasa lebih sempurna ketika menggunakan kitchen set dapur yang selaras dengan kesan yang diinginkan. Misalkan dominasi bahan kayu akan memberikan kesan klasik, tradisional dan homey, sedangkan kitchen set dapur yang minimalis bisa menciptakan nuansa modern yang elegan.

kitchen set dapur model korea dengan dominasi warna hijau muda dan furnitur kayu

Umumnya terdiri dari kabinet dapur dan perlengkapan elektronik dapur seperti kompor dan kitchen hood, kitchen set dapur mampu menampung segala peralatan memasak dan juga alat makan dan minum. Tentu bisa dibayangkan betapa berantakan dapur jika tidak ada kabinet di bagian atas dan bawah dapur untuk menyimpan berbagai peralatan yang digunakan sehari-hari.

Agar dapur menjadi fungsional, sudah wajar jika dapur layaknya dilengkapi dengan kitchen set dapur agar keperluan di dapur dapat diakses dengan mudah dan proses memasak menjadi mudah dan praktis.

Tips Kitchen Set Dapur Makin Fungsional

kitchen set dapur modern minimalis dengan tema monokrom hitam putih dan tanaman hijau

Nah, setuju kan kalau kitchen set dapur itu vital untuk kelangsungan dapur yang efektif. Namun, mungkin kamu masih bingung bagaimana cara untuk memaksimalkan fungsi kitchen set dapur. Bagi kamu yang saat ini belum mempunyai kitchen set dapur, jangan bersedih karena kamu dapat mulai memikirkan dapur seperti apa yang sesuai dengan yang kamu perlukan untuk dapur fungsional sehari-hari.

Berikut adalah beberapa inspirasi beserta tips agar kamu dapat mengatur penyimpanan semua peralatan dapur menjadi lebih rapi untuk kinerja di dapur yang lebih mudah dan praktis dengan atau tanpa kitchen set dapur.

Maksimalkan Rak Lebar

rak besi di dalam kabinet atas dapur untuk menyimpan alat makan dan minumtopsimages.com

Apakah kamu mempunyai kabinet yang tergolong lebar dan tinggi di dapur? Maksimalkan penyimpanan dengan menempatkan rak berdiri kecil yang bisa ditempatkan dengan mudah seperti inspirasi di atas. Jika kamu memiliki banyak benda-benda berukuran kecil, hal ini sangat berguna untuk menciptakan ruang ekstra yang tertata cantik dan efisien di saat desain kitchen set dapur tidak mempunyai penyimpanan yang cukup.

Pintu Kitchen Set Dapur Juara

rak dalam pintu kabinet kitchen set dapurpinterest.com

Jangan biarkan pintu kitchen set dapur polos tanpa organizer ekstra! Sudah banyak sekali tersedia produk organizer tambahan yang bisa membuat hidupmu semakin mudah saat memasak di dapur. Dengan menambahkan rak pasang di bagian pintu, kamu bisa punya ruang ekstra untuk menyimpan bumbu dapur, botol-botol tinggi, perangkat dapur lain yang tahan suhu ruangan.

Trik ini bisa kamu aplikasikan pada kabinet bawah di kitchen set dapur untuk menyimpan produk pembersih seperti lap dan spons agar bisa dijangkau dengan mudah saat diperlukan.

Cantolan untuk Akses Mudah

cangkir pada cantolan di rak kayu pada kitchen set dapurpinterest.com

Kitchen set dapur biasa disertai dengan rak dinding sebagai tempat memajang keperluan dapur yang sering digunakan sehari-hari. Agar ruangan di bawah rak dapat dimanfaatkan, tambahkan cantolan yang bisa menjadi ajang pajang cangkir cantik milikmu seperti inspirasi di atas. Cara ini cocok banget supaya kitchen set dapur terpakai secara optimal, sekaligus menjaga kebersihan dan kerapian dalam penyusunan pecah belah yang lebih ringkas.

Luar Kabinet Juga Turut Beraksi

toples ditempel pada luar kabinet atas kitchen set dapurpinterest.com

Sudah cukup memaksimalkan bagian dalam kitchen set dapur, saatnya beralih ke bagian luar. Untuk kalian yang hobi mengoleksi bumbu-bumbu dapur, boleh dicoba inspirasi yang menggemaskan satu ini. Dengan memasang sistem toples putar pada bagian luar perabot dapur, kamu bisa memanfaatkan magnet sebagai tempat penyimpanan toples secara berjajar. Tinggal diberi label, putar saat butuh, dan simpan tanpa ribet sama sekali.

Sebagai alternatif, kamu bisa meminta lembaran magnet untuk ditempel di bawah kabinet yang sesuai saat mendesain kitchen set dapur. Kamu pun bisa menggantung beberapa peralatan dapur dari besi yang mungkin lebih baik ditaruh di bagian terbuka kitchen set dapur.

Manfaatkan Juga Bagian Sisi Kabinet

kitchen set dapur dengan rak dinding di sisi kabinetpinterest.com

Bagian terbuka di sisi kitchen set dapur juga memberikan banyak peluang untuk dapur yang kian fungsional. Tambahkan rak gantung untuk dekorasi dapur yang cantik, cantolan ekstra untuk lap atau panci berukuran besar, hingga tempat menampung buku resep yang kian rapi.

Sekarang setelah mengetahui betapa pentingnya kitchen set dapur bagi fungsi dapur sehari-harinya, apakah kamu tertarik untuk memilikinya? Pastikan kamu mencari desainer handal yang mampu mewujudkan angan-angan tentang kitchen set dapur ideal tanpa melupakan fungsi yang diperlukan untuk dapur impian.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse