Mengenal Urban Design, Pengaturan Ruang di Perkotaan

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tinggal dan hidup di kota besar, mungkin kita jarang memerhatikan struktur dan tatanan lingkungan kita secara luas. Padahal, rancangan dan desain suatu kota itu tidak terjadi dengan sendirinya, melainkan melalui apa yang dinamakan dengan urban design. Yuk, ketahui lebih dalam mengenai urban design dengan menyimak ulasan berikut ini.

Memahami Definisi Urban Design

urban design melalui diorama perkotaanpinterest.com

Urban design adalah seni menciptakan, membentuk dan mengatur kota-kota secara keseluruhan. Ia melibatkan berbagai elemen-elemen perkotaan seperti desain bangunan, ruang publik, transportasi, jasa dan fasilitas.

Berbicara urban design, ilmu ini menitikberatkan pada pengaturan, penampilan dan fungsi dari sebuah tatanan kota. Proses dan hasil yang berkesinambungan harus dipikirkan secara matang dengan keahlian problem solving yang mencakup beberapa level, baik berupa tempat tinggal, cara interaksi antar manusia dan juga interaksi dengan ruang fisik di sekeliling kita.

tangan menggambar urban design pada denah perkotaanshutterstock.com

Urban design mencakup banyak disiplin ilmu yang meliputi perencanaan, pengembangan, arsitektur, lanskap, teknik, ekonomi, dan hukum. Ia beroperasi pada banyak skala, mulai dari skala makro seperti struktur perkotaan—perencanaan, pemisahan area, transportasi dan jaringan infrastruktur—hingga ke skala mikro—ukuran jalan, fasilitas umum, pencahayaan.

Urban design juga erat kaitannya dengan sistem kebijakan pemerintahan, supaya masyarakat bisa mendapatkan informasi tentang penggunaan suatu area, infrastruktur dan sebagainya.

Urban design sama sekali tidak bisa dipandang sebelah mata karena punya efek signifikan terhadap kondisi ekonomi, lingkungan, sosial dan budaya dari sebuah masyarakat perkotaan. Berikut adalah penjabarannya:

Komposisi Ekonomi & Sosio-Ekonomi

tampak atas jalanan utama dalam perkotaan dengan urban designshutterstock.com

Urban design bisa memengaruhi tingkat kesuksesan ekonomi dan sosio-ekonomi dari penduduk lokal suatu kota. Hal ini terlihat dari desain ruang yang bisa mendongkrak usaha lokal dan kewiraswastaan, menarik minat penghuni, dan menentukan biaya perumahan dan transportasi, termasuk juga akses pada lapangan pekerjaan, fasilitas umum dan jasa yang memudahkan penduduk kota.

Ekosistem Alam & Lingkungan

denah rancangan kota dalam urban designshutterstock.com

Urban design menentukan skala fisik, ruang dan nuansa sebuah kota, yang akhirnya juga berpengaruh pada ekosistem alam dan lingkungan hidup. Dengan urban design yang baik dan terencana, maka akan ada kesinambungan antara keduanya yang bisa berdampak pada kesejahteraan masyarakat penghuni kota.

Kesehatan, Sosial dan Budaya

diorama urban design pada perkotaan dengan stadium olahraga di tengah hutan tamanpagethink.com

Urban design bisa menentukan taraf kesehatan dari cara penataan ruang yang baik, misalnya akses air, fasilitas kesehatan umum, dan lain sebagainya. Sedangkan dari segi sosial dan budaya, ini bisa ditentukan dari kesempatan interaksi warga, bagaimana cara penduduk berpindah, dan fungsi-fungsi kota sesuai dengan urban design yang terencana.

Melihat pentingnya urban design, maka boleh dibilang kalau urban design bukanlah sebuah proyek semata, melainkan proses jangka panjang yang terus berubah seiring waktu. Untuk menciptakan sebuah kota yang penuh karakter dan identitas, urban design harus mempertimbangkan antara lapisan bangunan, jenis infrastruktur, ekosistem natural, komunitas dan juga budaya.

Minat jadi urban designer?

desainer sedang mendesain denah perkotaan atau urban designshutterstock.com

Menjadi desainer khusus urban design, pastinya kalian akan membawa manfaat yang besar terhadap kehidupan orang banyak. Semakin handal dalam perencanaan, maka bukan tidak mungkin ruang gerak sebuah kota membawa banyak kemudahan bagi penghuninya.

Selain bisa mengambil pendidikan lanjutan jurusan arsitektur, kalian juga harus menjadi seorang team player. Mengapa? Karena profesi urban design ini akan menuntut kalian untuk bergelut dengan banyak bidang dan spesialisnya, seperti ekonomi, konsultan infrastuktur, bagian teknik dan banyak lagi.

Setelah mengetahui apa itu urban design dan betapa pentingnya suatu perkotaan menata ruang dan bangunan demi kebaikan penghuninya, profesi urban designer pun dapat menjadi pilihan bagi kamu yang mempunyai misi untuk memperbaiki tata ruang kota yang tak teratur.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse