6 Aplikasi Warna Warna Pastel dan Efek Psikologis pada Ruangan

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Sejak tren warna warna pastel melanda kembali beberapa tahun yang lalu, obsesi akan warna warna pastel sepertinya akan terus berlangsung lama. Tak mengherankan, warna warna pastel punya ciri khas tersendiri yang bikin nyaman dan adem.

Warna warna pastel yang lembut dan polos seakan mengingatkan tentang dunia yang serba cantik, dan juga mudah diaplikasikan ke ruangan apapun di rumah. Mulai dari ruang tengah, kamar tidur utama atau anak, hingga dapur, warna warna pastel siap memberikan efek psikologis berbeda yang wajib kamu ketahui.

Biru Muda, Menenangkan & Serba Cantik

kamar tidur dengan dinding warna warna pastel biru muda dan furnitur warna putihthechromologist.com

Buat yang masih ragu menggunakan warna warna pastel, coba dulu di ruangan dengan privasi seperti kamar tidur. Biru pastel sendiri juga punya efek menenangkan yang positif, sehingga cocok diaplikasikan di kamar bayi ataupun anak-anak.

Selain membuat nyaman dan adem, warna biru pastel juga enak dipandang. Supaya ruangan tidur punya dimensi yang semakin mantap, boleh juga dikombinasikan dengan biru tua yang agak kelam supaya suasana tidur semakin nyaman.

Santai & Relaks dengan Ungu Pastel

warna warna pastel ungu pada bantal dekorasi dan anggrek di ruang tamucoastalliving.com

Warna warna pastel yang cerah seperti warna ungu muda bisa menciptakan suasana yang santai dan penuh relaksasi. Berbeda dengan warna ungu sejati yang berarti kekuasaan serta dunia yang luks dan energik, pastel ungu membawa nuansa yang cerah tetapi tidak terlalu menggebu- gebu.

Dikombinasikan dengan dekorasi berwarna cerah lain seperti kuning, coba aplikasikan warna warna pastel ungu dengan beragam shade di ruang keluarga atau ruang tamu sebagai wujud karakter kalian yang tenang.

Makin Keren dengan Abu-Abu Pastel

warna warna pastel abu-abu pada kamar tidur dengan bantal berwarna merahfreshome.com

Abu-abu bikin bosan? Pilih aksen abu-abu lembut dari dunia pastel yang mempunyai campuran putih susu dan sedikit keperak-perakan. Pilihan warna abu-abu pastel ini cocok sebagai alternatif yang lebih menarik daripada warna dasar lain seperti krem, putih atau abu polos.

Efek psikologis dari warna warna pastel seperti abu-abu ini dijamin membawa kestabilan pada ruangan. Selain itu, abu-abu yang lembut tentu akan memberikan ketenangan bagi semua orang yang berada di dalam ruangan.

Hijau Pastel, Si Adem dari Alam

warna warna pastel hijau pada kabinet dan sofa pada ruang keluarga dengan armchair merahrealestate.com.au

Warna warna pastel juga bisa mengingatkan kamu tentang kedekatan alam, contohnya pastel hijau. Dengan warna ini, ruangan akan terasa lebih natural dan nyaman namun tidak terasa terlalu monoton. Warna hijau sering diasosiasikan dengan kesehatan dan keberuntungan, juga sebagai simbol kesuburan.

Dengan warna warna pastel seperti pastel hijau, ada juga efek yang menyehatkan yaitu baik untuk kesehatan mata. Jadi, coba aplikasikan warna pastel hijau di ruang baca, ruang kantor atau ruang belajar.

Pink Pastel, Si Feminin yang Romantis

warna warna pastel pink pada kamar tidur dengan cermin bingkai hitamdecoist.com

Salah satu dari warna warna pastel paling favorit, pastel merah muda identik dengan masa muda, sisi feminin wanita dan hal-hal yang manis. Tak lupa, warna ini juga melambangkan cinta atau asmara dan persahabatan, lho! Tak jarang kamu bisa menemukan warna warna pastel ini di kamar anak remaja atau perempuan, dan juga kamar tidur utama.

Kombinasi Warna Warna Pastel

ruang tamu dengan warna warna pastel biru dan pink sebagai dekorasiarchitectureartdesigns.com

Karena warna warna pastel sering memiliki gradasi yang ringan, tidak ada salahnya juga menggunakan beberapa warna warna pastel sekaligus di dalam ruangan. Disarankan agar menggunakan hingga 2-3 warna pastel yang berdekatan untuk menciptakan dimensi yang unik dan tetap cantik, misalnya kombinasi warna warna pastel abu, biru dan merah.

Warna warna pastel ini tidak memandang perbedaan antara pria atau wanita, sehingga mudah dihadirkan ke dalam rumah. Aplikasi warna-warna ini cocok digunakan pada ruangan berbagai ukuran, baik yang besar maupun kecil. Warna warna pastel dinilai efektif untuk menghidupkan ruangan yang besar, dan juga membuat ruangan yang kecil tampak semakin besar.

Walaupun warna warna pastel mungkin terkesan feminin karena lembut dan polos, desain ruangan dengan memanfaatkan warna warna pastel tentu akan membawa suasana yang baru pada ruangan berdasarkan efek psikologis dari warna tersebut. Selain ruangan menjadi makin artistik, kombinasi aplikasi warna warna pastel memberikan efek psikologis yang berdampak positif pada penghuni rumah dan bisa disesuaikan untuk setiap ruangan di hunian.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse