Semak Semak, Pesona Tanaman Perdu yang Memukau

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Bagi sebagian orang, semak semak kerap disebut sebagai tanaman yang menganggu. Alasannya, semak semak bisa tumbuh secara liar dan tak beraturan meskipun kamu tidak menanamnya. Padahal, tumbuhan semak semak memiliki banyak sekali manfaat, bahkan bisa menghias pekarangan hunian kamu.

Nah, buat kamu yang belum tahu, Kania akan membahas berbagai hal tentang semak semak, termasuk variasi tanaman rendah yang satu ini. Kamu penasaran? Untuk selengkapnya, yuk kita simak artikel berikut ini!

Semak Semak Sebagai Tanaman Perdu

semak semak bunga warna biruarbordayblog.org

Kerap disebut sebagai tanaman perdu, semak semak dapat tumbuh secara berumpun dan berkelompok di atas tanah. Tumbuh dalam ukuran pendek di bawah 5 meter, tanaman ini memiliki karakteristik tertentu, seperti memiliki ranting dengan cabang pendek. Selain itu, ia juga dapat tumbuh secara cepat di berbagai lingkungan, bahkan dapat menghasilkan bunga dan biji pada periode waktu tertentu.

Daun Beluntas, Tanaman Semak untuk Kesehatan

semak semak daun beluntas warna putih dan hijau pada tamanstuff.co.nz

Jika dirawat dengan baik, semak semak bisa dijadikan tanaman hias. Selain itu, ia pun memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya terdapat pada varietas bernama daun beluntas yang sangat mudah ditemui di kawasan yang tak jauh dari pantai.

Kerap difungsikan sebagai tanaman pagar, daun beluntas memiliki sederet manfaat untuk kesehatan, seperti untuk mengatasi pegal linu, mengatasi permasalahan menstruasi, mengatasi bau mulut, menurunkan darah tinggi, hingga mengobati masalah pencernaan pada anak.

Semak Semak Sebagai Tanaman Hias

semak semak tanaman hias hijau dan ungutheferns.info

Selain difungsikan sebagai tanaman obat, semak semak pun sering digunakan sebagai tanaman hias di hunian karena kerap menghasilkan bunga berbentuk menarik yang cantik. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa melihat ulasan tanaman hias jenis semak-semak berikut ini.

Pesona Bunga Kembang Sepatu

semak semak bunga kembang sepatu merahfunghiitaliani.it

Bunga kembang sepatu adalah jenis tanaman semak semak yang berasal dari kawasan Asia Timur. Dapat tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis, kembang sepatu memiliki kelopak bunga berukuran besar, berwarna merah, serta tidak berbau. Selain itu, varietas semak semak ini pun dapat tumbuh di alam liar sehingga tak sulit jika ingin menanamnya di hunian.

Putih Polos Rembosa Mini

semak semak bunga putih di tengah daun tanaman hijaugardencenternaples.com

Jenis tanaman semak semak ini dikenal dengan pinwheel jasmine juga kerap difungsikan sebagai tanaman hias. Dikenal dengan nama rembosa mini, tanaman semak semak ini dilengkapi bunga kecil berwarna putih, serta memiliki bentuk rapi dan rata sehingga cocok ditanam di hunian berkonsep minimalis. Selain itu, rembosa mini juga mempunyai warna daun yang sangat beragam, mulai dari kuning, hijau, bahkan silver.

Buket Bunga Merah Soka

semak semak bunga soka warna merahaspca.org

Pastinya, kamu sangat mengenal bunga berwarna merah dengan bentuk menyerupai kembang api ini. Ya, bunga soka termasuk salah satu jenis tumbuhan semak semak yang kerap difungsikan sebagai tanaman hias karena bentuknya yang cantik. Selain itu, bunga soka pun memiliki ketahanan yang sangat baik sehingga kamu tak terlalu repot jika ingin menanamnya.

Tanaman Kuncup Bromelia

semak semak bunga kecil seperti terarium di tengah taman hijaugardenclinic.com.au

Varietas tanaman semak semak selanjutnya adalah bromelia. Tanaman ini memiliki keunikan pada warna daun berwarna merah dan hijau, serta bentuk daun yang lebar pada bagian atas. Dapat tumbuh hingga 10 meter, kamu perlu memangkas bromelia secara rutin sehingga penampilannya selalu cantik.

Cara Merawat Tanaman Hias Semak Semak

semak semak berbunga putih ungu dan merah pada tanaman hijaucountryliving.com

Meskipun tumbuh secara subur dan cepat, semak semak tetap memerlukan perawatan jika kamu ingin memanfaatkannya sebagai tanaman hias. Kamu harus menjaga ketinggian tumbuhan semak dengan memangkasnya secara rutin agar tumbuh lebih rapi dengan ketinggian sesuai selera kamu, serta tidak menghalangi arsitektur hunian.

Tentu tak ada salahnya untuk menanam semak semak hias di hunian kamu. Yuk, ciptakan hunian sehat nan apik dengan menambah aneka tumbuhan dan bunga di pekarangan rumah!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse