Desain Minimalis, Konsep Arsitektur dan Interior Rumah yang Patut Kamu Ketahui

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Telinga kita pasti sudah tidak asing lagi dengan konsep desain minimalis. Sebagai salah satu istilah yang paling mencuat di dunia arsitektur dan interior rumah, desain minimalis menjadi populer dengan slogan “less is more” sejak tahun 1960-1970’an.

Walaupun terkesan simpel, desain minimalis sesungguhnya melibatkan prinsip-prinsip yang cukup kompleks dalam pencapaiannya. Apa saja yang wajib menjadi perhatian kalian dalam konsep desain minimalis? Yuk, simak dulu penjelasannya berikut

Prinsip Desain Minimalis

ruang keluarga konsep desain minimalis dengan sofa set warna biru dan karpet permadani di lantai panel kayuheartland-realty.com

Dalam desain minimalis pada arsitektur dan interior rumah, ruang, objek dan pencahayaan memegang peranan penting. Bukan berarti semuanya bersifat sederhana, simpel atau minimal, konsep desain ini sesungguhnya punya ciri khas yang kuat dan sangat berkesan.

Inspirasi desain minimalis bukan datang dari unsur yang kaku, membosankan atau terkesan kosong. Konsep desain ini juga bukan berarti ‘murah,’ sebaliknya wujud konsep desain yang sukses punya gaya luks, mewah, indah dan elegan. Dalam bentuknya yang simpel dan fungsional namun memukau, di sanalah letak prinsip desain minimalis sejati.

Karakter Umum Desain Minimalis

ruang tamu konsep desain minimalis dominasi warna abu-abuarchitecturaldigest.com

Desain minimalis wajib mengusung poin yang sederhana, efisien dan tidak berbelit-belit. Volume ruang menitikberatkan pada kejelasan dan simplisitas antara desain dengan fungsionalitas yang jelas.

Karakter wajib desain minimalis meliputi bentuk dan garis yang simpel, dinding interior yang minimal, lantai yang terbuka, sederhana, ruang penyimpanan yang memadai dan punya akses pencahayaan yang sesuai dan mencukupi.

Monokrom pada Desain Minimalis

apartemen konsep desain minimalis dengan tema monokrom

Kalian akan jarang menemukan warna-warni yang ekstra atau berlebihan pada desain minimalis. Minimalisme memang menghindari warna yang terang dan terlalu berani. Sebaliknya, konsep desain ini akan mengusung palet warna netral seperti putih, beige, atau abu-abu dan sejenisnya. Skema warna monokrom mengurangi esensi tak perlu dari sebuah desain sehingga sesuai dengan prinsip konsep desain ini.

Pada umumnya, skema warna monokrom akan disandingkan dengan sejumlah warna lembut seperti variasi warna pastel jika konsep desain minimalis ingin dimodifikasi sesuai kepribadian pemilik hunian.

Pentingnya Pencahayaan

ruang kerja konsep desain minimalis dengan furnitur kayu custom dan cahaya dari lampu tanam

Arsitektur dan interior rumah desain minimalis selalu ditandai dengan ruang yang bersih, terbuka dan disinari cahaya. Pencahayaan fundamental akan juga dibarengi dengan warna netral baik untuk dinding maupun lantai, serta detail modern pada aksesoris lampu yang menenangkan, atraktif dan punya ciri khas estetika tersendiri.

Perpaduan antara pencahayaan dan aksesoris minimal menjadikan sebuah ruangan desain minimalis terasa lenggang, nyaman, dan dialiri udara bebas. Suasana hangat dan tenang akan tercipta dan bukan terasa dingin atau steril kaku.

Mengutamakan Esensi Fungsi 

kamar tidur konsep desain minimalis dengan furnitur kayuarchitecturaldigest.com

Eliminasi pemborosan merupakan salah satu definisi desain minimalis yang penting. Konsep desain ini tidak akan mengadakan objek yang nihil fungsi. Oleh karena itu, jika kalian berminat memilih konsep desain ini, pastikan dulu apa saja benda yang berguna dan enyahkan yang tidak punya fungsi jelas.

Ini bukan berarti konsep desain minimalis terlalu kaku, hanya saja punya keunikan yang mengutamakan fungsionalitas sebuah benda. Ornamen dan aksesoris juga hanya terbatas pada kuantitas tertentu dan tidak berlebihan.

Interaksi Visual antara Tekstur & Karakter

ruang keluarga konsep desain minimalis dengan sofa l

Desain minimalis pada sebuah rumah bisa juga dicapai dengan strategi ini. Ciptakan interaksi antara material, fungsi dan detail benda-benda yang ada. Tidak perlu membersihkan rumah secara agresif untuk membuang semua harta benda kepunyaan kalian. Tetapi pilihlah sesuai urutan, fungsi dan kejelasannya. Permainan antara tekstur, warna dan bentuk antara benda dan ruang bisa menciptakan keindahan tersendiri pada konsep desain ini juga.

Selalu Pilih Kualitas

ruang keluarga konsep desain minimalis dengan jendela geser frame hitamfreshome.com

Terakhir, supaya desain arsitektur dan interior sebuah rumah dapat berjalan, maka utamakanlah kualitas secara maksimal. Sekali lagi, desain minimalis tidak mengutamakan kuantitas melainkan estetika yang jelas. Pilihlah bahan, aksesoris, detail dan semua unsur desain yang terbaik dan berkualitas tinggi.

Setelah menyimak uraian Kania di atas, apakah kamu tertarik mengaplikasikan desain minimalis pada hunian? Memang konsep desain minimalis telah menjadi standar interior dan arsitektur saat ini. Jika kamu masih bingung mengenai cara membuat tampilan unik pada hunian yang mengusung konsep minimalis, ada baiknya kamu berkonsultasi langsung dengan jasa interior terpercaya agar dapat membantu kamu mewujudkan rumah impianmu.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse