Mengenal Atap Polycarbonate, Atap Bening Pengganti Kaca

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ada banyak jenis material yang bisa kamu gunakan sebagai penutup atap. Namun, jika kamu menginginkan material dengan karakter bening, opsi yang tersedia sangatlah minim karena didominasi oleh kaca. Berkat perkembangan zaman, kini terdapat alternatif baru berupa atap polycarbonate.

Secara karakter, atap polycarbonate memiliki bentuk transparan sehingga bisa kamu fungsikan sebagai pengganti kaca. Selain itu, atap polycarbonate juga memiliki sederet kelebihan, salah satunya adalah harga jual yang sangat ekonomis.

Nah, buat kamu yang penasaran dan bingung memilih penutup atap yang tepat, yuk, ketahui serba-serbi atap polycarbonate melalui artikel di bawah ini!

Apa Itu Atap Polycarbonate?

atap polycarbonate dengan rangka besi pada halaman rumahkangaroof.com.au

Atap polycarbonate merupakan salah satu material berjenis thermoplastic polymer. Material polycarbonate memiliki sifat sederhana dalam pengerjaan, mudah dicetak, serta mudah dibentuk dalam panas sehingga kerap digunakan pada industri kimia. Memiliki sifat transparan, ringan, tahan lama, serta tahan terhadap suhu ekstrim, atap polycarbonate menjadi salah satu material favorit yang difungsikan sebagai pengganti kaca.

atap polycarbonate pada teras halaman rumah dengan dinding batu bata ekspospolycarbonate.kasuleimports.com.au

Dipatenkan oleh Bayer pada tahun 1953, atap polycarbonate mengalami lonjakan popularitas di Indonesia pada tahun 1990-an. Saat itu, permintaan material atap transparan untuk menyalurkan cahaya alami sangatlah tinggi, sehingga produksi atap polycarbonate terus berkembang, bahkan sejumlah produsen melakukan inovasi dengan menambahkan komponen anti-UV sehingga atap polycarbonate lebih tahan lama.

Di pasaran, kamu pun bisa menemukan dua model atap polycarbonate, yakni berbentuk rata dan gelombang sehingga bisa disesuaikan menurut konsep hunian yang ingin kamu tonjolkan.

Durabilitas Tinggi Atap Polycarbonate

atap polycarbonate warna biru pada halaman belakang rumah tradisionalroofrite.com.au

Bicara kekuatan, atap polycarbonate memiliki durabilitas yang sangat prima. Atap dengan material polycarbonate dapat tahan terhadap kerusakan meskipun terkena bola berbobot 4 kilogram yang terjatuh dari ketinggian 9,5 meter selama tiga kali berturut-turut. Melalui kelebihan tersebut, polycarbonate pun turut dipakai sebagai tameng polisi, jendela pada pesawat terbang, serta keperluan lain yang memerlukan material kuat tahan benturan.

Kualitas Kejernihan Setara Kaca

atap polycarbonate di atas taman rumahpalram.com

Kualitas kejernihan dari atap polycarbonate dapat disejajarkan dengan kaca, termasuk kekuatan untuk memudarkan cahaya matahari. Lebih menarik lagi, material polycarbonate mempunyai kekuatan 200 kali lebih baik dari kaca dan 30 kali lebih kuat ketimbang akrilik. Selain itu, atap polycarbonate juga mempunyai bobot 10 kali lebih ringan dibandingkan kaca sehingga mempercepat proses instalasi dan meminimalisir biaya pembangunan hunian kamu.

Atap Polycarbonate Sangat Mudah Dibentuk

atap polycarbonate melengkung di antara dua gedung devaul.net

Kelebihan lain dari atap polycarbonate adalah dapat memudahkan proses pemasangan karena sangat mudah untuk dipotong menggunakan peralatan biasa seperti gerinda atau gergaji tangan. Tidak hanya itu, atap polycarbonate juga sangat mudah untuk dibentuk lengkungan sehingga pemasangannya bisa disesuaikan menurut keinginan kamu.

Ramah Lingkungan

atap polycarbonate pada kanopi teras rumah kayuampelite.com.au

Saat ini, tren green building sangat populer karena semakin banyak orang yang peduli terhadap lingkungan. Nah, buat kamu yang ingin menggunakan material ramah lingkungan, atap polycarbonate merupakan opsi terbaik karena telah diakui oleh Greenship dengan rating bangunan hijau. Lebih penting lagi, material polycarbonate juga sepenuhnya bisa didaur ulang tanpa mengalami penurunan kualitas.

Mudah Dibersihkan

atap polycarbonate pada rangka besi hitam di samping rumahpolycarbonate.com.au

Sama halnya dengan kaca, atap polycarbonate juga sangat mudah untuk dibersihkan. Untuk menghilangkan kotoran yang menempel, kamu cukup menyemprotkan air sabun, lalu usapkan kain lembut untuk menghilangkan kotoran. Harap diperhatikan agar hindari penggunaan benda tajam karena dapat menggores permukaan, serta jangan menginjak lembaran polycarbonate secara langsung supaya tidak mudah rusak.

Saat memilih material atap polycarbonate, pastikan kamu memilih produk yang sudah dilapisi anti-UV sehingga warnanya tidak mudah menguning. Selain itu, pilihlah produk polycarbonate yang menawarkan garansi warna dan ketahanan sinar matahari sehingga memberikan jaminan untuk penggunaan jangka panjang.

Jangan lupa lengkapi juga rumahmu dengan menggunakan furnitur dari Dekoruma, ya! Ada ragam jenis furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Dekoruma jual lemari, meja makan, kabinet, kursi teras, dan meja rias. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, langsung saja cari semuanya di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse