Sauna, Apakah Benar Bermanfaat untuk Kesehatan?

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Buat kamu yang sering berolahraga di gym, pastinya kamu sangat akrab dengan sauna. Dirancang khusus sebagai sarana mandi uap, sauna merupakan bilik berukuran mini yang biasanya terdapat di sebuah gym center. Adapun, penggunaan sauna sangat disukai banyak orang karena dipercaya dapat membakar lemak tubuh.

Lantas, apakah sauna benar-benar memiliki manfaat yang positif bagi tubuh? Buat kamu yang ingin mengenalnya secara lebih detail, ayo simak fakta menarik tentang sauna dari Kania berikut ini.

Memberikan Efek Relaksasi

perempuan rileks di dalam saunamedicalnewstoday.com

Pada umumnya, sebuah sauna dibuat dari dinding dan lantai berbahan kayu. Di kabin tersebut, kamu bisa menemukan tempat duduk serta pemanas ruangan dengan suhu yang diatur sekitar 85 derajat celsius untuk memberikan efek panas dan berkeringat.

Nah, saat kamu duduk di dalam sauna, efek panas yang dihasilkan membuat laju jantung meningkat, pembuluh darah melebar, serta melancarkan aliran darah ke kulit. Alhasil, keseimbangan tubuhmu akan meningkat dan sensitivitas tubuh terhadap nyeri akan berkurang sehingga memberikan perasaan rileks yang turut memengaruhi kualitas tidur saat malam hari.

Tidak Bisa Membakar Lemak

perempuan dan pria duduk di dalam saunashutterstock.com

Banyak orang menganggap bahwa sauna dapat membakar lemak tubuh secara efektif. Faktanya, keringat yang keluar dari tubuh saat di dalam bilik tersebut bukanlah lemak. Meskipun bobot badanmu akan berkurang setelah keluar dari sauna, bukan lemak yang hilang, melainkan cairan tubuh yang terbuang melalui keringat. Oleh sebab itu, jangan terlalu lama berada di dalam bilik tersebut karena bisa menyebabkan dehidrasi.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

perempuan olahraga di dalam saunasunlighten.com

Seperti yang disebutkan di atas, respons tubuh terhadap panas dari sauna dapat meningkatkan laju jantung, melebarkan pembuluh darah, serta merelaksasi otot pada pembuluh darah. Alhasil, kamu yang rutin melakukan sauna setidaknya dua kali per minggu bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Dapat Membantu Detoksifikasi

handuk dan ember kayu dalam saunahealthline.com

Selain memberikan sensasi rileks, sauna juga dapat membantu mengeluarkan racun tubuh secara optimal. Berkat suhu panasnya, pori-pori kulit akan terbuka dan menyebabkan keringat keluar dari tubuh sebagai salah satu proses detoksifikasi. Selain itu, pori-pori yang terbuka juga membuatmu bisa membersihkan komedo yang ada di kulit, utamanya pada bagian sekitar hidung.

Mengurangi Rasa Sakit karena Penyakit Fibromyalgia 

pria dan wanita duduk di dalam saunachiroeco.com

Fibromyalgia merupakan gangguan yang menyebabkan rasa sakit pada tulang dan otot. Dengan melakukan sauna secara rutin, penurunan rasa nyeri bisa berkurang hingga 70 persen dan bahkan bisa meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot tubuh. Selain itu, sauna pun kerap dilakukan oleh para binaragawan karena dipercaya dapat meningkatkan kualitas latihan secara optimal.

Waktu Maksimal Penggunaan Sauna

sauna dengan pemandangan gunung di kejauhanctfasset.com

Banyak orang berlama-lama di dalam sauna untuk menikmati sensasi rileks. Namun, sebaiknya kamu menghindari hal ini karena keringat yang terproduksi secara berlebihan bisa membuat tubuh kehilangan cairan elektrolit yang menyebabkan dehidrasi atau bahkan kerusakan ginjal. Suhu panas yang ekstrem juga berpotensi mendatangkan penyakit heatstroke pada tubuh.

Sebaiknya, usahakan hanya berada di sauna dalam waktu yang singkat sekitar 15 hingga 20 menit saja. Saat kamu merasakan tanda-tanda pusing dan kulit memerah, segera keluar dari bilik dan minum setidaknya dua hingga empat gelas air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

bagian dalam sauna kayumaisonderhodes.com

Diluar dari efek pembakaran lemak tubuh yang memang kurang efektif, sauna memiliki manfaat lain karena dapat membuat tubuh lebih rileks, menjaga kesehatan jantung, mengurangi rasa nyeri, hingga membantu detoksifikasi sehingga memberikan manfaat positif bagi kulit.

Nah, melalui ulasan Kania di atas, apakah kamu tertarik mencoba ke dalam sauna? Pastikan, kamu tidak berlebihan menggunakannya dan segera ganti cairan tubuh yang hilang supaya terhindar dari dehidrasi.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse