Wajib Tahu bagi Pemilik Kendaraan, Pilih Lap Microfiber dengan Cara Berikut!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami mempublikasikan cerita mengenai rumah, ikuti disini.

Kalian pasti sudah pernah mendengar, melihat atau memakai produk lap microfiber. Keberadaan lap microfiber memang sudah cukup eksis di kehidupan sehari-hari.

Apa yang menjadikan lap microfiber begitu spesial? Lalu bagaimana pula dengan pemakaian khusus untuk kendaraan? Untuk kalian pecinta otomotif ataupun pemilik mobil, simak dulu penjelasan berikut dan juga cara terbaik memilih lap microfiber khusus untuk kendaraan.

Apa Itu Lap Microfiber?

lap microfiber warna kuning dan abu-abu membersihkan kaca mobildhgate.com

Lap microfiber adalah sejenis lap yang terbuat dari fiber tekstil sintetis. Lap dengan bahan microfiber modern memiliki ukuran yang lebih kecil daripada 1 denier, satuan untuk fiber di mana 1 gram sama dengan 900 meter fiber. Untuk perbandingan, kain sutra memiliki ukuran 1 denier yang berarti bahan microfiber lebih kecil.

Lap microfiber bisa terbuat dari beberapa material seperti nilon, polyester, rayon dan prolen. Kombinasi bahan lap ini diformulasi sedemikian rupa sehingga jauh lebih kompleks dan lebih unggul dari kain katun pada handuk biasa atau bahan kain lainnya.

Keunggulan Lap Microfiber

lap microfiber biru mengelap dashboard mobilblog.ammex.com

Lap microfiber yang berkualitas bisa menyerap air 6 kali lebih banyak dibandingkan dengan bobot lap itu sendiri. Ia juga bisa menahan bahan-bahan polish dan wax, dua komponen pelicin yang sering digunakan untuk keperluan detailing otomotif.

Beberapa keunggulan lap microfiber lainnya juga termasuk daya resap yang kuat, baik untuk cairan maupun kotoran berukuran kecil. Kamu juga akan bisa membersihkan bagian mobil yang rumit dan sulit dijangkau. Hasil lap akan tampil bersih dan bebas serabut karena sifatnya yang licin.

Kuat dan tangguh, lap microfiber berarti kalian akan bisa menghemat dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu, lap ini terkenal dengan bobotnya yang ringan, tidak mudah menyusut atau melar, tidak kusut dan minim perawatan.

Utamakan Kualitas Lap

pria mengelap lampu mobil dengan lap microfiber kuningreviewgeek.com

Tidak semua lap microfiber diciptakan sama. Sama seperti halnya dengan handuk mandi, ada perbedaan lap dari segi kualitas dan performa. Jangan hanya mengandalkan penampilan atau tekstur microfiber yang lembut dan empuk, tetapi sebaiknya memilih berdasarkan fitur dan kualitas.

Kalian juga mungkin akan membutuhkan beberapa jenis lap microfiber untuk kebutuhan yang berbeda pada kendaraan. Untuk pemula, kalian wajib berkonsultasi pada penjual atau membaca detail pada kemasan lap untuk lebih memahami tentang kualitas dan penggunaan yang tepat.

Beda Warna, Beda Jumlah, Beda Fungsi

lap microfiber warna warni digantung dengan jepitan bajucarwash.com

Lap microfiber memiliki warna-warna yang berbeda dan bukan karena masalah penampilan produk saja. Warna lap yang tua umumnya tidak selembut warna lap yang lebih muda.

Dengan warna lap microfiber yang berbeda ini, kalian juga akan lebih mudah mengategorikan, menyimpan dan mencegah transmisi kotoran dari area mobil yang berbeda. Misalnya lap khusus eksterior dan interior untuk mengeringkan, khusus polish atau untuk detail halus bagian mobil.

Seringkali, pemilik mobil harus antisipasi juga lap microfiber dari segi jumlah. Kalian pasti membutuhkan lebih dari 4-8 buah dengan fungsi yang berbeda-beda untuk keperluan terbaik mobil di rumah.

Pilih Ujung Lap Microfiber yang Halus

jahitan ujung lap microfiberpinterest.com

Umumnya, ada tiga jenis ujung kain lap microfiber yaitu dari sutra, gulung, dan bebas jahitan. Apa pun jenis ujung kain yang kalian sukai, ini tidak akan menjadi masalah asalkan kualitas ujung lap ini harus sangat lembut.

Pada lap microfiber yang diproduksi asal, bagian ujung ini mungkin dijahit secara sembarangan atau menggunakan benang polyester yang dipotong tidak rapi. Hasilnya, lap tersebut akan mengakibatkan lecet atau goresan pada cat mobil kesayangan.

Jalinan Fiber Juga Menentukan

lap microfiber warna biru dan hijau ditumpukdetailxperts.net

Dalam memilih lap microfiber, weave atau hitungan jalinan fiber yang akan menentukan, bukan pilihan material atau beratnya. Bahan polyamide umumnya lebih meresap dibandingkan polyester, namun campuran antara 70 persen polyester dan 30 persen polyamide belum tentu akan mengeringkan lebih baik daripada campuran 80-20. Tingkat resapan dari lap microfiber ditentukan oleh weave dibandingkan dengan campuran bahan atau berat lap itu sendiri.

Membeli lap dengan kualitas terbaik tentu penting agar kendaraan milik pribadi selalu bersih tanpa goresan ataupun lecet di samping rumah yang bersih juga.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse