[Infografik] Ibu, Intip Contekan untuk Simpan Bahan Makanan di Dapur!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Bagi para ibu, menyimpan bahan makanan dengan baik dan benar sulit apalagi jika dapur kecil dan berantakan. Namun, apakah kamu tahu mengenai rahasia simpan bahan makanan di dapur untuk masak antiribet?

Simak cara menata bahan makanan dan bumbu dapur agar memasak di dapur menjadi lebih menyenangkan dan mudah.

infografik penyimpanan bahan makanan di dapur

Kulkas

Setiap bagian di kulkas ternyata mempunyai fungsi yang berbeda, lho! Rak teratas mempunyai suhu yang konsisten sehingga cocok untuk penyimpanan bahan makanan yang sudah dimasak seperti makanan sisa ataupun makanan siap santap.

Sementara itu, rak tengah dan bawah mempunyai suhu paling dingin dalam kulkas sehingga cocok untuk menyimpan bahan makanan seperti telur, produk dairy, dan daging mentah. Rak pada pintu menjadi tempat paling hangat karena sering terpapar suhu ruangan sehingga lebih baik digunakan untuk menyimpan bahan makanan yang tidak sensitif akan suhu seperti air mineral dan bumbu dapur.

Freezer pastinya digunakan untuk menyimpan bahan makanan yang perlu dibekukan seperti es krim dan roti. Laci dikhususkan untuk menjaga kelembapan maksimal dari bahan makanan panen yang segar seperti buah dan sayur, namun pastikan setiap bahan dipisah ketika disimpan!

Kabinet Penyimpanan

Paling penting dalam menyimpan bahan makanan di kabinet adalah mengetahui bagian mana yang gelap, terang, panas dan dingin. Kabinet atas merupakan area yang relatif gelap dan dingin sehingga lebih cocok untuk menyimpan bumbu kering sehari-hari seperti gula, garam, lada, serta kopi bubuk dan teh asalkan disimpan dalam toples rapat.

Sementara itu, kabinet bawah adalah daerah yang mudah diakses saat di dapur sehingga ada baiknya digunakan untuk menyimpan bahan makanan kering seperti susu bubuk dan oatmeal yang sering digunakan sehari-hari. Pastikan bahan makanan disimpan dalam toples rapat dan terpisah juga agar tidak mengundang semut ataupun kecoa!

Namun, perlu diperhatikan bahwa bahan makanan seperti umbi-umbian dan minyak goreng sebaiknya disimpan di area yang gelap dan kering pada kabinet bawah. Hindari penyimpanan di kabinet atas karena bobot yang berat dapat menyulitkan saat kamu ingin menggunakan mereka.

Meja Dapur

Sebagai area di dapur yang berada dalam suhu ruangan, pastikan kamu menaruh buah seperti apel dan pisang di atas meja dapur. Ada beberapa jenis buah yang tidak baik jika disimpan di dalam kulkas karena dapat mempercepat layunya sayur dan membuat makanan cepat basi.

Jangan menaruh bahan makanan di atas meja dapur agar tidak mengundang binatang hama dan menjauhkan anak dari memakannya secara tidak sengaja. Lebih baik pajang makanan yang cepat kedaluwarsa seperti keripik, permen, dan kue agar penghuni rumah dapat mudah menjangkau dan menghabiskannya terlebih dahulu.

kitchen set di dapur dan ruang makan gaya skandinaviadekoruma.com

Setelah melihat cara menata bahan makanan di atas, yakin tidak ingin menerapkannya di dapur rumah? Usahakan agar kamu menyimpan contekan ini supaya kamu dapat menata bahan makanan di dapur sehingga memasak pun menjadi lebih mudah!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse