Tak Hanya di Dapur, Inilah 10 Manfaat Cuka untuk Rumah Bersih dan Badan Sehat

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Pasti punya cuka di rumah dong? Selain sebagai penyedap masakan, masih banyak lagi kegunaan cuka untuk kebersihan rumah dan kesehatan keluarga yang tidak pernah kalian sangka sebelumnya. Siap menemukan segudang manfaat dari cuka?

Cuka, asam alami yang bermanfaat

berbagai macam cuka dalam botol kaca berbedacustomerreports.org

Cuka dengan keasaman alami menjadikannya sebagai pembersih natural yang paling ideal. Mulai dari menghancurkan timbunan noda yang membandel hingga mencairkan bekas air dan lem, ia dapat membersihkan rumah menjadi higienis sehingga menunjang kesehatan penghuni rumah tersebut.

Yuk, simak dulu kegunaan cuka beserta manfaatnya yang dahsyat berikut ini!

1. Pembersih elektronik yang higienis

tangan menggunakan tissue dan cuka untuk membersihkan layar laptopdigitaltrends.com

Kurang yakin dengan kebersihan perangkat elektronik di rumah? Air saja tidak punya efek disinfektan untuk peralatan seperti telepon, komputer, mesin faks, dan produk elektronik lain yang sering kita gunakan sehari-hari. Jangan sampai bakteri dan virus bertahan lama karena tidak bersih sempurna.

Pakai saja cuka yang bisa kalian campur dengan air dalam takaran 1:1. Cabut seluruh perangkat elektronik dari sumber listrik sebelum mulai mengelap dengan kain yang sudah dibasahkan sebelumnya. Lanjuti dengan area-area kecil seperti bagian tombol dan ikuti petunjuk kebersihan jika tersedia.

2. Solusi bagi toilet tersumbat

toilet bersih pada kamar mandi dan rol tissue toiletfarmandfleet.com

Campuran cuka dan soda kue bisa menjadi solusi cairan antisumbat untuk saluran drainase toilet yang bermasalah. Untuk melancarkan bagian pembuangan air ini, buih dari campuran tersebut akan muncul saat mulai bekerja. Bilas dengan air panas dan ikuti dengan air dingin lima menit sesudahnya. Ini cara membersihkan toilet yang tidak beracun, termasuk juga untuk wastafel.

3. Menghalau bau rokok

perempuan merokok saat duduk di sofathriftyfun.com

Penghuni rumah termasuk perokok? Furnitur pun sering meninggalkan bau yang tidak sedap. Isi mangkok dengan larutan cuka putih dan taruh di bagian ruangan dengan bau rokok. Dalam kurang dari 24 jam, bau rokok akan terserap dan aroma alami yang segar akan tersebar di ruangan tersebut. Selain lebih efektif daripada membeli cairan penyegar ruangan, cara ini juga lebih murah, lho!

4. Pengkilap metal mujarab

peralatan dapur metalmarthastewart.com

Ingin perkakas dapur terlihat baru lagi? Rendam kain halus dengan cuka dan mulailah mengkilapkan alat-alat dapur atau aksesoris rumah yang terbuat dari kuningan, stainless steel, dan juga perak. Untuk perangkat dari perak, tambahkan sedikit soda kue atau bisa direndam bersamaan selama beberapa jam. Bilas bersih dengan air dingin dan keringkan.

5. Kotoran membandel? Cuka solusinya!

bekas kotoran pada kemeja putihwonderhowto.com

Beberapa kotoran membandel yang bisa dibersihkan dengan cuka, diantaranya sisa tinta pulpen, menghapus sisa lem stiker atau label, membersihkan noda pada besi tanpa karat, dan juga pada material lain seperti lantai kayu. Cuka menjadi pilihan untuk mencuci noda pada baju karena baju menjadi bersih tanpa noda memudarkan warna kain.

6. Redakan efek buruk stres berkat antioksidan

cuka putih dalam cangkir kaca medicalnewstoday.com

Kurosu, sejenis cuka tradisional yang diproduksi dari beras mentah dan juga beberapa jenis cuka buah punya kapasitas antioksidan yang bisa meredam kerusakan akibat zat radikal. Seperti yang diketahui, antioksidan adalah benteng perlindungan dari polutan, stres, dan gaya hidup yang tidak sehat.

7. Mengontrol kadar gula darah

mesin cek kadar gula darah dengan ujung jarihindustantimes.com

Pada sebuah studi, kurva respon insulin terbukti turun hingga 20 persen saat pasien diberikan 50 gram sukrosa dan 60 ml cuka. Artinya, cuka memiliki kemampuan untuk memperbaiki sensitivitas insulin hingga 19-34 persen. Secara teori, ia berpotensi menjadi obat yang mencegah peningkatan diabetes dan memperbaiki fungsi insulin tubuh dan metabolisme karbohidrat.

8. Menurunkan berat badan

mesin timbang berat badan pada background warna koral dan pinktime.com

Cuka memberikan efek rasa puas atau kenyang jika dikonsumsi sebagai cara mengendalikan selera makan. Beberapa studi klinis di Jepang membuktikan peran cuka dalam penurunan berat badan, massa lemak dan kadar triglyceride pada pasien obesitas. Selain itu, ia juga meningkatkan kadar HDL sehingga mencegah penumpukan lemak pada hati.

9. Mencegah tumor & kanker

cuka apel dalam botol kaca dan apel di atas meja kayurd.com

Sebuah studi terkontrol menunjukkan cuka dengan penurunan resiko kanker tenggorokan. Cuka dari tebu memicu kematian sel dan menekan perkembangan sel kanker darah sedangkan cuka Jepang juga bisa meredam pertumbuhan sel kanker pada fase pertumbuhannya.

10. Baik untuk jantung

cuka apel sebagai saus untuk saladhungryforinspiration.com

Salah satu studi menunjukkan bahwa mengganti dressing salad menjadi cuka sebanyak 5-6 kali setiap minggunya akan menurunkan risiko serangan jantung pada pasien wanita. Asam asetat pada bumbu dapur ini bisa menurunkan tekanan darah secara signifikan dan juga aktivitas renin yang berkaitan dengan tekanan darah.

Tidak disangka, cuka merupakan obat mujarab untuk membersihkan rumah dan juga menyehatkan badan. Jangan lupa untuk stok bumbu dapur ini agar bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, ya!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse