Bukan Gulma, Intip 6 Alang-alang Hias untuk Dekorasi Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Selama ini orang-orang menganggap alang-alang sebagai gulma karena mereka tumbuh liar di hutan atau lapangan luas dan tingginya mengganggu pemandangan. Padahal, alang-alang ini memiliki bunga yang cantik sehingga bisa dimanfaatkan juga sebagai tanaman hias untuk mempercantik rumah.

Tumbuh sepanjang tahun, alang-alang merupakan salah satu jenis rumput bertunas panjang dan bersisik bagaikan duri yang muncul dari balik tanah. Umumnya, bunga alang-alang memiliki rambut berukuran sedang.

Jadi mulailah mencari tahu jenis alang-alang apa saja yang bisa dijadikan tanaman hias dan tidak langsung mencabut alang-alang yang tumbuh di halaman rumahmu.

Pampass Grass

alang-alang rumput tinggi dengan kepala bunga seperti kemoceng putihbhg.com

Saat berbicara tentang alang-alang hias, tentu hal pertama yang terlintas di pikiran adalah yang digunakan oleh para florist handal sebagai dekorasi pesta pernikahan. Tanaman hias ini dikenal dengan kuncup berbulu warna putih dan dapat tumbuh hingga 4 meter.

Dikenal sebagai pampass grass, alang-alang ini juga mempunyai varietas warna pink. Pastikan kamu menanam tanaman ini pada area yang luas karena ia sangat mudah tumbuh.

Purple Fountain Grass

alang-alang merah dengan ujung berserabut seperti kemocengbrooksidenursery.co.uk

Dikenal juga sebagai purple fountain grass, alang-alang ini memang memiliki warna daun dan bunga yang merah keunguan. Warna ini membuatnya terlihat begitu cantik dan kontras jika disandingkan dengan rumput biasa yang berwarna hijau. Alang-alang jenis ini bisa tumbuh hingga tinggi 1,2 m. Pada saat biji bunganya matang, warna bunga akan memudar menjadi warna putih secara perlahan.

Alang-alang merah cocok ditanam di daerah tropis untuk menciptakan kesan yang rimbun dan sejuk. Daun dan bunganya cukup lentur sehingga akan berayun saat terkena angin. Jenis yang satu ini juga sering digunakan sebagai bunga untuk dekorasi ataupun dalam buket bunga oleh florist, baik itu yang dikeringkan atau dibiarkan dalam keadaan segar.

Rain Lily

alang-alang tinggi dengan bunga rain lily putihgchouston.org

Alang-alang memang umumnya tinggi dan sering kali tumbuh tak beraturan, tapi bayangkan jika di tengahnya terdapat bunga putih bermekaran. Dikenal dengan nama rain lily, tanaman ini dapat menjadi hiasan taman yang mudah tumbuh dan berkembang.

Sematkan tanaman alang-alang ini di dekat batu besar pada taman rumah dan tanaman ini akan berkembang dengan sendirinya asalkan terpapar sinar matahari sehari-harinya.

Alang-alang jaburan

alang-alang jaburan lili paris dengan daun panjang dan runcing warna hijau dan serabut putihnurcar.com

Berikutnya, ada alang-alang jaburan yang cukup umum digunakan sebagai komponen utama taman yang mengutamakan elemen softscape—elemen benda hidup pada taman. Tanaman yang satu ini juga sering disebut sebagai es lilin Paris. Daunnya memiliki dominasi warna hijau dan semburat putih. Warna tanaman ini akan membuat taman rumah terlihat lebih cerah dan menyegarkan.

Alang-alang jaburan ini paling tepat ditanam langsung di tanah yang mendapatkan banyak sinar matahari. Tapi kalau pun tidak ada lahan yang luas, tenang saja karena tanaman ini tetap bisa hidup di dalam pot. Pastikan kelembapannya terjaga supaya bisa tumbuh subur.

‘Gold stripe’ flax lily

alang-alang golden dengan rumput panjang dan runcing warna hijau dengan garis kuning mudamonrovia.com

Dikenal sebagai gold stripe flax lily, alang-alang golden ini memiliki corak garis-garis tipis dengan dominasi warna kuning pada daunnya. Ia pun hanya tumbuh sekitar 0,3-0,6 meter saja. Pada saat tertimpa sinar matahari, maka warnanya akan tampak seperti keemasan. Sangat cantik dan membuat tamanmu terlihat lebih elegan.

Di Eropa sendiri, alang-alang golden ini digunakan sebagai tanaman untuk garis pembatas. Sedangkan di Indonesia, ia digunakan untuk menghias taman ataupun diletakkan di dalam pot untuk menghias ruangan.

Spider plant

alang-alang laba-laba dengan daun keriting dalam pot orientalcurlyspiderplants.com

Umumnya memiliki daun yang lurus, alang-alang keriting ini memiliki bentuk daun yang keriting sesuai dengan julukannya. Permukaan daunnya agak mengkilap sehingga bisa memantulkan cahaya dan terlihat semakin cantik. Warna daunnya hijau muda dengan garis putih di bagian tengahnya.

Dikenal sebagai spider plant, alang-alang asal Afrika Selatan ini cocok dijadikan penutup tanah secara keseluruhan karena tidak tumbuh terlalu tinggi dan bentuknya tumpah ruah seperti bunga mekar.

Yuk, mulai gunakan alang-alang sebagai penghias rumah! Jika kamu masih pemula dalam hal menghiasi rumah dengan tanaman, pastikan terlebih dahulu tanaman hias apa yang dapat kamu gunakan untuk dekorasi hunian.

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma solusinya! Di Dekoruma, kamu bisa menemukan aneka jenis furnitur dengan beragam model, mulai dari sofa bed, meja makan, kursi teras, hingga meja komputer. Pilihan mereknya juga bervariasi, seperti dari Livien, Funika, dan Heim Studio. Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma dan temukan furnitur impianmu!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse