Bagi Pemula, Ikuti 5 Trik Mencuci Pakaian dengan Mudah Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Menggunakan pakaian yang bersih akan membuatmu merasa nyaman saat beraktivitas dan terhindar dari kuman penyakit. Untuk mendapatkan pakaian yang bersih, tentu kamu harus mencucinya setelah digunakan seharian atau terkena noda. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara mencuci pakaian yang benar.

Bagi kamu yang masih bingung, tenang saja karena Kania akan membagikan 5 trik mencuci pakaian dengan mudah bagi pemula berikut ini.

Sebelum mencuci, pisahkan dulu pakaiannya

mencuci baju dipisahkan menurut warna pada bak laundry berbedasapulpalaundry.com

Karena diburu waktu atau malas mencuci pakaian berkali-kali, beberapa orang akan mencucinya sekaligus. Padahal, memisahkan pakaian berdasarkan warna itu sangat penting untuk mencegah pakaian kelunturan. Yuk, mulai biasakan untuk memisahkan pakaian berwarna putih dan gelap sebelum mencuci!

Kalau kamu mau mencuci pakaian baru juga sebaiknya dipisah terlebih dahulu karena ada beberapa pakaian yang warnanya akan luntur pada saat pertama kali dicuci. Kalau ternyata tidak luntur, kamu bisa mencampurnya dengan pakaian lain saat mencuci yang kedua kali.

Larutkan sabun cuci dengan air terlebih dahulu

detergen bubuk bertaburan dan sekop detergen untuk mencuci pakaianshutterstock.com

Ternyata cara menggunakan sabun cuci pakaian juga ada aturannya. Bagi kamu yang selama ini menuangkan sabun cuci di atas pakaian kemudian baru memberinya air, itu salah. Cara yang benar untuk mencuci pakaian adalah melarutkan sabun cuci terlebih dahulu dengan air supaya sabunnya merata saat proses perendaman. Untuk takarannya, silahkan ikuti petunjuk mencuci yang ada pada kemasan sabun cuci.

Cara mencuci pakaian dengan mengucek

mencuci pakaian merah dengan mengucekpinterest.com

Bagi kamu yang tinggal sendirian, jumlah pakaian kotor akan lebih sedikit dibandingkan mereka yang tinggal sekeluarga sehingga tidak membutuhkan mesin cuci. Lumayan untuk berhemat, kan? Nah, cara mencuci pakaian dengan mengucek pun sangat mudah.

Pertama-tama, rendamlah pakaian kotor di dalam air sabun selama 30 menit. Setelah itu kuceklah pakaian secara perlahan supaya tidak merusak teksturnya. Jika ada noda, fokus bersihkan noda tersebut menggunakan ujung jari atau sikat yang lembut. Apabila nodanya membandel, manfaatkan pemutih untuk pakaian putih dan sitrun untuk pakaian berwarna.

Setelah mencuci, jangan lupa dibilas

mencuci pakaian warna pink dan kuning dengan direndam dalam airgoogle.com

Tidak kalah penting dari mengucek pakaian, proses membilas saat mencuci pakaian juga perlu dilakukan dengan benar supaya tidak menimbulkan bau apek setelah kering. Caranya dengan menyiapkan dua ember berisi air bersih. Celupkan pakaian ke air bersih sambil dikucek perlahan agar busanya tertinggal. Setelah itu celupkan lagi ke air bersih di ember berikutnya dengan cara yang sama. Lakukan lagi proses mencuci yang satu ini apabila pakaian masih berbusa.

Perhatikan juga cara mengangkat pakaian dari dalam air yang benar, yaitu mengangkat seluruh bagian pakaian menggunakan dua tangan. Hal ini untuk mencegah pakaian lebih cepat melar. Proses pembilasan saat mencuci ini terlalu melelahkan? Kalau begitu, manfaatkan pelembut sekali bilas yang sudah banyak dijual di pasaran. Kamu hanya perlu membilas pakaian sekali kemudian rendam saja dalam pelembut tersebut. Sambil menunggu, kamu bisa mengerjakan hal yang lain.

Setelah mencuci pakaian, peras airnya

dua tangan memeras baju hitam setelah mencucitravelfashiongirl.com

Setelah mencuci pakaian dan busanya sudah benar-benar hilang, maka kamu perlu memeras pakaian supaya air keluar. Proses memeras ini dapat membantu pakaian lebih cepat kering. Tapi, jangan memeras pakaian terlalu kencang karena serat pakaian bisa rusak dan menjadi melar. Daripada memelintirnya dengan berlebihan, coba remas pakaian terlebih dahulu. Untuk pakaian yang berbahan tipis, langsung saja dijemur dan diangin-anginkan.

Trik mencuci pakaian di atas sangat mudah kan? Bagi kamu yang tinggal sendiri, kumpulkan saja pakaian kotormu dan mencuci setidaknya setiap dua hari sekali supaya menghemat air, waktu, dan juga energimu.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse