Bahaya Jika Terhirup, Bersihkan Debu di Rumah dengan 5 Cara Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Debu merupakan masalah yang umum terjadi di setiap rumah. Keberadaan debu yang menumpuk pada hunian tidak hanya membuat tampilan rumah jadi kotor dan tak menarik, namun juga bisa mengganggu kesehatan penghuni rumah. Tak hanya menjadi sarang kuman dan bakteri, debu juga bisa mengakibatkan alergi dan juga gangguan pada saluran pernapasan, lho.

Namun, membersihkan debu bukanlah perkara yang bisa disepelekan, lho. Untuk membuat rumah lebih bersih secara maksimal, perhatikan cara-cara berikut:

1. Hindari bersih-bersih dengan kemoceng

kemoceng untuk membersihkan debu di atas meja di samping bungashutterstock.com

Berbicara soal cara membersihkan debu, hal pertama yang paling sering terlintas adalah membersihkannya dengan menggunakan kemoceng. Padahal, kemoceng sebenarnya tidak mampu membersihkan dengan baik.

Menyapu debu dengan kemoceng malah akan membuat ia berterbangan dan menempel serta mengotori bagian lain dari rumahmu. Hal ini justru sangat.berbahaya karena bisa membuat partikel-partikel kecil tersebut terhirup. Jadi, hindari menggunakan kemoceng dan gantilah dengan kain lap lembab agar kotoran bisa tersapu tanpa terbang dan menempel ke bagian lain rumahmu.

2. Selalu bersihkan kantong vacuum cleaner sebelum penuh

tangan mengambil kantong debu dari vacuum cleanershutterstock.com

Jika bagian ruangan dengan permukaan keras bisa kamu bersihkan dengan kain lap, kamu perlu menggunakan vacuum cleaner untuk bagian permukaan halus seperti karpet, sofa, matras, ataupun gorden rumah.

Saat menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu, selalu pastikan kantong penyimpan kotoran di dalam vacuum selalu kosong. Pastikan juga saluran penyedot bersih sehingga vacuum bisa menyedot kotoran di ruangan dengan lebih maksimal. Bila perlu, gunakan vacuum khusus dengan daya sedot yang kuat hingga bisa membersihkan tungau yang kerap bersarang di kursi, karpet, dan perabot sejenisnya.

3. Gunakan soda kue pada karpet sebelum dibersihkan

soda kue bersebaran di atas karpet warna-warni dengan sikatdiynetwork.com

Tips lainnya untuk membersihkan debu dan kotoran yang ada di karpet adalah dengan menggunakan soda kue. Sebelum membersihkan dengan vacuum cleaner, taburkan terlebih dahulu soda kue secara merata di atas permukaan karpet dan didiamkan selama 30-60 menit. Hal ini tak cuma membantu membunuh kuman dan bakteri, tapi juga mengusir bau tak sedap akibat kotoran dan debu yang menempel pada karpet.

4. Pastikan selalu pel dan lap permukaan pada rumah

pel lantai parket kayu rumah dengan tanaman anggrek putih dalam pot kacatoday.com

Debu yang berada di lantai atau bersarang di kolong perabotan umumnya paling mudah untuk dibersihkan dengan menggunakan sapu. Walaupun bukanlah cara yang buruk untuk bersih-bersih dengan sapu, kamu tetap harus selalu pel lantai setelah disapu, ataupun lap permukaan dengan kain yang lembap. Untuk perlindungan ekstra, gunakan cairan pel antikuman untuk membunuh bakteri dan kuman yang bersarang di debu.

Menyapu dan mengepel area kolong juga bisa menjadi cara mengusir cicak yang banyak di rumah. Hal ini dikarenakan area kolong jarang terpapar cahaya dan jarang diperhatikan penghuni rumah sehingga cicak bisa bersarang di sana.

5. Jemur perlengkapan berkain seperti bantal secara rutin

menjemur bantal dan selimut dengan gantungan di taman rumahmyfrugalhome.com

Tips membersihkan rumah dari debu dan kotoran terakhir adalah dengan menjemur perabotan-perabotan di rumah yang terbuat dari kain ataupun busa seperti karpet, bantal, sofa, dan tempat tidur secara rutin di bawah teriknya matahari.

Tepuk-tepuk untuk membuang debu di ruang terbuka agar tak menempel dipermukaan  rumah. Selain membersihkannya dari kotoran, terik matahari akan bantu membasmi bakteri-bakteri yang bersarang di dalam perabot rumahmu.

bola debu di samping sapu dengan sikat kuning pada lantai kayu rumahadvantaclean.com

Itulah tips dan trik untuk membantumu membersihkan debu di rumah dengan lebih maksimal. Jangan lupa untuk lakukan rutinitas bersih-bersih rumah sesering mungkin sebelum debu menumpuk terlebih dahulu. Jangan lewatkan juga bagian-bagian kecil seperti belakang lemari, bawah sofa atau atas lemari yang kerap menjadi area di mana debu bersarang.

Kini, debu tidak lagi jadi masalah, bukan? Hunianmu tak lagi kotor dan yang terpenting jadi lebih nyaman dan sehat untuk ditinggali. Jika kamu sedang cari alat kebersihan, Dekoruma jual alat kebersihan lengkap dan juga jual sikat. Yuk, jaga kebersihan hunian dari debu membandel untuk jaga kenyamanan rumah impianmu bersama Dekoruma!

Ragam jenis kasur berkualitas dari merek-merek terkenal juga bisa kamu temukan di Dekoruma, lho! Di antaranya adalah kasur Guhdo, Elite, Serta, dan King Koil yang siap membuat tidurmu lebih nyenyak. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek laman Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse