6 Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju, Efektif untuk Noda Membandel

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tentu saja, kamu akan merasa jengkel saat baju kesayanganmu terkena noda tinta yang membandel. Terlebih pada baju berwarna terang, noda tinta akan terlihat jelas sehingga membuatmu langsung mencari cara menghilangkan noda tinta di baju yang efektif.

Tak perlu penanganan ahli binatu, kamu bisa melaksanakan berbagai cara menghilangkan noda tinta di baju secara cepat dan mudah. Hanya dengan memanfaatkan berbagai benda di rumah ini, terdapat enam cara menghilangkan noda tinta di baju. Apa saja itu?

1. Cuka

cuka putih dan cuka apel dalam botol kacashutterstock.com

Pasti ada di dapur, cuka merupakan cara menghilangkan noda tinta di baju yang efektif, lho! Campurkan cuka dengan air, kemudian rendam baju yang terkena noda tinta selama beberapa saat sebelum dibilas menggunakan mesin cuci.

2. Soda kue

soda kue dalam toples kaca dan sendok takaran pada meja kayuparenting.firstcry.com

Soda kue juga merupakan cara menghilangkan noda tinta di baju yang mudah didapat dan efektif. Campurkan soda kue dengan air, lalu oleskan pada noda dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas.

Selain itu, cara menghilangkan noda tinta di baju dapat memanfaatkan adonan campuran cuka dan baking soda, lalu oleskan pada noda sekitar 20 menit sebelum dicuci dengan mesin cuci. Dipercaya, cara menghilangkan noda tinta di baju ini sangat ampuh menghilangkan noda tinta yang sangat membandel.

3. Sabun cuci piring

sabun cuci piring warna kuning dan sponsshutterstock.com

Jika soda kue dan cuka bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan noda tinta di baju berwarna putih, sabun cuci piring merupakan cara menghilangkan noda tinta di baju berwarna. Oleskan cairan pada noda, biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas lalu cuci dengan mesin cuci seperti biasa.

Cara menghilangkan noda tinta di baju menggunakan sabun cuci piring bisa membuat warna baju tetap awet, bebas kusam, bahkan bisa menghilangkan noda licin dan berminyak juga, seperti kosmetik dan makanan.

4. Hidrogen peroksida

botol hidrogen peroksida pada background warna merahthespruce.com

Zat kimia ini biasa ditemukan pada berbagai cairan kimia di rumah seperti produk pembersih rumah tangga dan pembersih gigi. Nah, cairan hidrogen peroksida dengan konsentrasi rendah sekitar tiga persen menjadi salah satu cara menghilangkan noda tinta di baju.

Oleskan selama beberapa menit saja sudah cukup. Cara menghilangkan noda tinta di baju dengan zat kimia ini bekerja sangat cepat menyingkirkan noda yang membandel, bahkan kamu bisa mencampurkannya ke dalam mesin cuci agar dapat mencuci dan mencerahkan semua baju berwarna putih!

5. Cairan alkohol

semprotan hairspray botol putih di background warna hitamthriftyfun.com

Selain spiritus, cairan beralkohol lain seperti hairspray non-aerosol ataupun hand sanitizer gel bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan noda tinta di baju. Caranya hampir sama, kamu bisa menyemprotkannya hingga permukaan noda mulai memudar karena basah, gosok secara perlahan agar kain tidak rusak, kemudian bilas dengan air dingin.

6. Susu

susu dalam cangkir dan botol susu di atas kain lapdowntoearth.org

Kamu juga bisa memanfaatkan susu sebagai cara menghilangkan noda tinta di baju berwarna. Zat laktosa pada susu terbukti ampuh untuk membantu meluruhkan tinta tanpa merusak pakaian.

Cara menghilangkan noda tinta di baju menggunakan susu dilakukan dengan merendam baju selama beberapa menit, menggosok noda tinta secara perlahan, kemudian bilas dan bersihkan baju dengan air dingin.

Mudah, kan? Tanpa harus ke binatu, baju kesayanganmu kini bisa terbebas dari noda tinta yang membandel. Hanya dengan memanfaatkan berbagai benda di rumah sebagai cara menghilangkan noda tinta di baju, kamu pun tak perlu repot dan keluar biaya untuk membersihkan baju yang ternodai. Yuk, coba cara menghilangkan noda tinta di baju di atas!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse