[Bersama Kania] Basmi Rumah Berantakan dengan 5 Organizer Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Pernahkah kamu merasa rumahmu sempit padahal lahan rumahmu luas? Seolah-olah keadaan seperti ini membuatmu ingin cepat-cepat pergi dari rumah dan ber-quality time bersama keluarga di tempat lain. Jika dipikir-pikir kembali, sebenarnya rumah adalah tempat di mana kita bisa melakukan aktivitas di rumah sehari-hari seperti memasak bersama keluarga, nonton bareng, hingga mengadakan acara besar.

sepasang kekasih bingung karena rumah yang berantakan

shutterstock.com

Nah, salah satu penyebab rumah luas menjadi sempit adalah banyaknya barang-barang yang tidak diletakkan pada tempatnya sehingga rumah terlihat berantakan. Maka dari itu, kamu sebagai pemilik rumah harus rutin melakukan decluttering alias menyeleksi barang-barang mana yang akan kamu simpan, jual kembali, dan buang.

Di samping decluttering secara berkala, ada baiknya juga apabila barang-barangmu dirapikan dalam suatu tempat penyimpanan atau organizer. Hasilnya, kamu bisa beraktivitas dengan lebih leluasa dan lebih nyaman berlama-lama di rumah. Bagaimana cara yang tepat untuk merapikan barang-barang milikmu di tempat organizer? Yuk, kita simak di bawah ini!

Letakkan Koleksi Sepatu Favorit di Rak Sepatu

rak sepatu kecil di dekat pintu

shutterstock.com

Sepatu memiliki peran penting saat kita sedang bepergian keluar rumah. Supaya tidak berserakan, sepatu-sepatu kesayanganmu perlu disimpan di rak sepatu. Tempat organizer ini pun sebaiknya juga diposisikan dekat dengan pintu masuk. Hal ini dilakukan supaya alas kakimu yang sudah sering dipakai tidak mengotori bagian dalam rumah. Tak hanya itu, tempat organizer yang diletakkan di dekat pintu depan rumah akan memudahkan kamu mengambilnya saat ingin dipakai dan menyimpannya seusai dipakai.

rak sepatu putih model lemari transparan

Bavarian Rak Multifungsi White Glossy (Valor Rsg180 Gl)

Rp2,825,000,-

Dalam memilih tempat organizer jenis ini, pilihlah rak sepatu yang bisa memuat seluruh koleksi alas kaki favoritmu. Ada baiknya bila kamu memilih rak sepatu dengan model lemari transparan seperti produk di atas. Tempat organizer seperti ini memiliki dua keuntungan. Pertama, karena tertutup, bau tak sedap yang dihasilkan sepatu-sepatumu tidak akan melebar ke ruangan lainnya. Kedua, kamu bisa lebih mudah mengetahui keberadaan sepatumu karena tempat organizer ini layaknya lemari kaca untuk memajang pernak-pernik.

Lihat Rak Sepatu Lainnya

Tak Hanya Buku, Rak Buku Bisa Jadi Rumah Barang Lainnya

rak buku warna hijau dan putih

Funika Rak Buku 5 Ambalan Hijau Putih

Rp221,250,-

Siapa bilang rak buku hanya bisa digunakan untuk menyimpan buku? Ada ragam barang yang bisa kamu simpan di tempat organizer ini, lho. Sebagai contoh, kamu bisa menaruh koleksi CD musik band atau musisi favorit hingga tempat organizer ini menjadi focal point dalam ruangan yang berisi koleksi cinderamata unik dari berbagai tempat yang kamu datangi.

Kania punya cara rahasia untuk menata barang-barangmu di tempat organizer ini. Untuk barang-barang seperti buku, CD film, hingga album musik, urutkan dari ukuran yang besar ke kecil supaya lebih enak dipandang mata. Selain cara ini, mengurutkan berdasarkan tahun terbit, nama pengarang, hingga musisi bisa kamu lakukan juga. Koleksi cinderamata bisa kamu bagi ke beberapa area berdasarkan asal cinderamatanya.

Lihat Rak Buku Lainnya

Jangan Lupa Manfaatkan Laci di Rak TV!

rak televisi coklat dan putih di ruang tamu

Metropolis Kabinet TV SONOMA OAK – WHITE ARNOR TV120

Rp504,000,-

Selain sebagai alas televisi, kehadiran rak tv juga menjadi tempat organizer juga, khususnya untuk barang-barang yang berhubungan dengan aktivitas di dalam ruang keluarga. Letakkan DVD player, HD player, PlayStation, hingga piranti televisi kabel di rak terbuka. Ragam koleksi film dan CD games bisa kamu simpan di rak yang tertutup supaya terlihat lebih rapi. Rak atau meja TV serbaguna ini bisa menjadi andalan!

Lihat Rak TV Lainnya

Mainan Anak yang Banyak Bisa Disimpan di Lemari Mainan

laci anak warna hitam untuk simpan mainanIKEA Trofast Penyimpanan di Dinding Hitam 99x30cm

Rp742,500,-

Hobi bermain memang tak bisa terhindarkan dari si kecil. Saking semangatnya, si kecil terkadang lupa merapikan mainannya yang sangat banyak itu. Sekaligus melatih kemandiriannya, coba untuk meletakkan tempat organizer khusus untuk mainan di kamarnya.

Karena banyaknya mainan, tempat organizer ini bisa dibagi ke dalam beberapa kategori, seperti mobil-mobilan, robot, Lego, dan lainnya. Ajarkan kepada si kecil untuk mengembalikan mainan anak miliknya ke masing-masing kategori organizer mainan demi kamar yang lebih nyaman dan aktivitas yang lebih bebas. Dengan begitu, kamarnya akan terlihat lebih terorganisir.

Lihat Laci Anak Lainnya

Simpan Aneka Peralatan Makan dan Masak di Kabinet

kabinet kayu berpintu enam

Nara Credenza

Rp2,483,000,-

Organizer dapur yang biasanya tergabung dalam kitchen set yang dipasang di dinding atas memang memberikan ruang gerak banyak saat memasak. Namun bagi beberapa orang, tempat organizer yang seperti ini menyusahkan. Tempat organizer dapur yang dipasang terlalu tinggi akan sulit untuk digapai.

Tak perlu khawatir, masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan kabinet yang terletak di lantai. Meskipun agak mempersempit area memasak, tempat organizer ini akan memudahkanmu untuk mengambil dan mengatur alat-alat makan serta peralatan masak menyiapkan makanan tersebut. Kerapian dapur pun tetap terjaga.

Lihat Kabinet Lainnya

Dengan menyimpan barang-barang usai seleksi decluttering di tempat organizer di atas, Kania yakin rumah kamu akan terlihat lebih luas dan tentunya lebih rapi. Kamu dan keluarga pun jadi betah dan selalu ingin pulang beraktivitas di rumah. Demi kenyamanan yang lebih maksimal, rajinlah bersih-bersih permukaan tiap tempat organizer seminggu sekali. Hitung-hitung sekaligus quality time bersama keluarga di rumah!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse