Kenali 6 Jenis Alat Makan dalam Table Setting, Jamuan Resmi Berkelas

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Apabila kamu masuk ke restoran kelas atas atau sedang mengikuti jamuan resmi untuk pertama kali, pasti akan kaget ketika melihat penataan meja yang dilengkapi dengan sederet alat makan. Jumlahnya bisa mencapai tiga pasang sendok dan garpu, bahkan lebih. Pastinya sangat berbeda dari jumlah alat makan pada restoran biasa yang menyediakan sendok makan dan garpu.

Saking banyaknya peralatan makan yang disediakan, kamu akan bingung harus menggunakan alat makan yang mana. Supaya kamu tidak bingung dan terlihat profesional saat jamuan resmi, kenali dulu enam jenis alat makan beserta variasinya dalam table setting berikut ini!

Set piring, dari hidangan pembuka hingga penutup

set alat makan dari tumpukan piring, gelas, sendok, garpu, dan pisautasteofhome.com

Pastinya tidak mungkin kita menyantap hidangan tanpa piring makan. Biasanya dalam jamuan resmi, alat makan ini terdiri dari satu set yang ditumpuk berdasarkan urutan makan dari hidangan pembuka hingga hidangan penutup.

Berbagai jenis piring disusun menurut ukuran dari yang paling besar di bawah hingga yang paling kecil di atas. Piring bread & butter adalah satu-satunya alat makan dari set ini yang diletakkan di sebelah kiri atas penataan, tidak bersama dengan tumpukan ini. Dengan diameter sekitar 15 cm, ia digunakan untuk menyajikan roti dan mentega sebelum hidangan selanjutnya disajikan.

tampak dekat alat makan berupa set piring emasshutterstock.com

Dalam tumpukan piring ini, terdapat dinner plate dengan diameter sekitar 26 cm. Untuk menyajikan hidangan utama, alat makan ini biasanya diletakkan di atas show plate atau charger. Piring paling besar berdiameter sekitar 34 cm tersebut hanya diletakkan sebagai dekorasi, bukan alat makan.

Selain itu, terdapat salad plate dan appetizer plate yang berdiameter serupa sekitar 18 cm. Menariknya, terdapat juga soup plate dengan cekungan yang dangkal sebagai tempat penyajian sup pada jamuan resmi, menggantikan alat makan mangkuk yang umum digunakan. Terakhir, terdapat dessert plate untuk hidangan penutup. Terkadang, alat makan ini digunakan juga sebagai alas hidangan pembuka karena diameter yang serupa.

Set gelas untuk minuman berbeda

tampak dekat alat makan berupa set gelas dari kacashutterstock.com

Saat mengikuti jamuan makan resmi dan memerhatikan table setting, kamu pasti menyadari bahwa terdapat lebih dari satu gelas minum. Berbeda minuman, berbeda pula jenis gelas yang digunakan.

Air mineral akan dituangkan dalam water goblet, gelas yang menyerupai piala. Alat makan satu ini akan berada di atas meja dari awal hingga akhir jamuan. Untuk aneka minuman beralkohol seperti anggur, ada red wine glass yang bertangkai sedang dan white wine glass yang berukuran lebih kecil dengan tangkai lebih ramping.

tampak atas set alat makan emas dengan piring warna toskaarchitecturaldigest.com

Jangan kaget jika kamu menemukan cangkir kopi beserta alasnya. Beberapa jamuan juga menyajikan teh atau kopi kalau acara diadakan pada pagi atau siang hari.

Kuah berlimpah dalam mangkuk

alat makan berupa mangkuk di atas piringtasteofhome.com

Alat makan berupa mangkuk ini tidak terlalu banyak jenisnya. Namun, mangkuk sup adalah yang paling umum ditemukan. Baik untuk sup bening atau krim, alat makan ini berukuran kecil dan biasanya memiliki pegangan di satu atau kedua sisinya.

Alat makan berupa set sendok

set alat makan berupa set piring sendok garpu dan pisau dalam penataan table settingtb-haute-coutellerie.com

Bagi kamu yang hanya terbiasa melihat sendok makan dan sendok teh, mungkin akan bingung melihat variasi lain dari alat makan ini. Pertama-tama. ada sendok sup dengan gagang pendek dan ujung membulat. Saat menyantap sup, jangan masukkan semua bagian ujung alat makan ini, melainkan menyeruput dari satu sisi saja.

Variasi lainnya dari alat makan ini ialah dinner spoon layaknya sendok biasa untuk menyantap hidangan utama. Ada juga dessert spoon sebagai alat makan untuk hidangan penutup yang biasanya diletakkan di daerah atas piring.

sendok teh emas di atas nampan dan cangkir teh dengan pola bungapixabay.com

Pada jamuan saat pagi atau siang hari, variasi alat makan berupa sendok teh juga akan tersedia untuk mengaduk gula atau krim dalam teh dan kopi. Jangan lupa untuk meletakkan sendok pada alas piring setelah digunakan.

Alat makan berupa set garpu

set alat makan berupa garpu sendok dan pisau dengan pinggiran emasgentlemansgazette.com

Tak hanya garpu makan untuk hidangan utama, variasi dari alat makan ini berbeda lekungan dan jumlah tusukan untuk mempermudah menyantap tipe hidangan yang disajikan. Jika terdapat hidangan kerang, oyster fork akan disediakan dengan bentuk agak melengkung mengikuti bentuk cangkang agar mudah disantap.

alat makan berupa garpu buah di samping mangkuk penuh buahpixabay.com

Berpasangan dengan dessert spoon untuk hidangan penutup, dessert fork berguna saat menyantap kue. Jika buah-buahan disajikan, terdapat alat makan khusus bernama fruit fork dengan dua tusukan yang panjang dan pipih.

Variasi pisau, serupa tapi tak sama

set alat makan dari silver berupa pisau berbeda ukuranteatimemagazine.com

Jangan samakan dengan pisau dapur, pisau yang disediakan saat jamuan resmi tentu berbeda dan bergantung pada hidangan yang disajikan. Butter spreader merupakan variasi paling kecil dari alat makan ini yang diletakkan di atas piring roti untuk menyebar mentega di atas roti.

Selain dinner knife untuk hidangan utama, perhatikan ujung pisau karena terdapat perbedaan kecil di antara variasi alat makan ini mulai dari fish knife yang berujung runcing dengan lekungan halus hingga dessert knife yang berujung tumpul.

table setting dengan alat makan dari emaswhatsfordinner.com

Berbagai jenis alat makan dan variasinya dalam table setting ini memang perlu dipelajari dahulu agar tidak bingung saat memilih alat makan mana yang diperlukan untuk hidangan yang disajikan. Jangan takut jika tempat nongkrong yang kamu kunjungi tiba-tiba menyediakan berbagai peralatan makan seperti di atas.

Akan tetapi, tidak semua restoran memiliki alat makan di atas. Semua tergantung jenis makanan apa yang disajikan, misalnya restoran chinese food akan menyediakan sumpit dan sendok bebek selain sendok dan garpu biasa.

Mengetahui etika saat makan cantik juga perlu agar terlihat sopan dan profesional. Tips dari Kania jika kamu ragu atau lupa, gunakan alat makan mulai dari yang paling ujung luar sesuai dengan urutan datangnya hidangan.

Sedang mencari peralatan makan? Dekoruma jual Luminarc, merek alat makan terkenal dan aman. Yuk, temukan alat makan yang kamu cari di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse