[Bersama Kania] Jangan Khawatir! 5 Cara Ini Bisa Buat Rumahmu Terlihat Lebih Luas

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Makin sempitnya lahan perkotaan menjadi masalah bagi banyak orang yang sedang mencari rumah sebagai tempat tinggalnya. Ragam cara untuk mendapatkan hunian luas pun dilakukan seperti adanya hunian vertikal. Akan tetapi, hunian vertikal seperti apartemen pun juga menawarkan luas lahan yang sempit. Terpaksa, kita hanya bisa membeli hunian dengan luas lahan yang sempit.

Keadaan seperti ini lambat laun membuat kita mulai tidak betah melakukan kegiatan di rumah. Tamu pun mungkin tidak tertarik untuk berkunjung karena area gerak yang sedikit. Jangan khawatir! Ruang hunian yang sempit bisa kita manipulasi supaya lebih luas, lho.

Kali ini, Kania akan membantu kalian membuat hunian terkesan lebih luas dari yang biasanya. Cara-cara berikut ini bisa kamu lakukan supaya kamu bisa betah dan lebih nyaman beraktivitas bersama keluarga di rumah maupun apartemen yang kini terasa luas. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak triknya.

Penggunaan Cermin di Dinding

cermin lingkaran di dinding putih

Meublemont Louis Round Miror

Rp549.000,-

Selain digunakan untuk bercermin, benda satu ini juga bisa jadi cara membuat ruang sempit terlihat lebih luas. Letakkan cermin di dinding yang menghadap ke jendela rumah. Hal ini dilakukan supaya sinar matahari yang masuk langsung memantul ke cermin sehingga menciptakan refleksi ruang yang lebih luas.

Saat memilih cermin, gunakan bingkai cermin berwarna polos alias tidak bermotif. Bingkai cermin yang bermotif akan memberikan kesan berat dan ramai sehingga ilusi ruang yang luas pun akan terhalang. Efek ruang yang terlihat luas juga akan berhasil apabila kamu bisa menghadirkan satu cermin yang besar atau mengumpulkan cermin-cermin ukuran kecil hingga sedang pada satu area dinding.

Lihat Cermin Lainnya

Simpan Barang-Barang Favoritmu di Rak Dinding

Cara kedua dalam menyiasati rumah sempit terlihat lebih luas adalah pemakaian rak dinding. Karena peletakkannya di dinding, kamu dan anggota keluargamu bisa lebih leluasa beraktivitas tanpa takut kesempitan. Bahkan, rak dinding juga sekaligus menjadi dekorasi atau hiasan dinding.

rak dinding dua tingkat

Livien Rak Dinding Carlos Maple

Rp525.000,-

Letakkan rak dinding dekat dengan area kegiatanmu, misalnya rak dinding yang digunakan untuk menyimpan aneka bumbu dapur diletakkan di dapur. Agar ruangan terkesan lebih luas, rak dinding pun harus kukuh dan kuat menopang segala barang yang kamu taruh di sana.

Namun, bukan berarti kamu harus menggunakan rak dinding secara menyeluruh demi menghadirkan kesan luas tersebut. Alih-alih terasa luas, rak dinding yang terlalu banyak cenderung menambah kesan sempit. Maka dari itu, penggunaan rak dinding harus disesuaikan dengan kebutuhan dan luas dinding. Kamu bisa membagi dua sistem penyimpanan. Barang-barang yang sering dipakai ditaruh di rak dinding, sedangkan sisanya disimpan dalam kabinet.

Lihat Rak Dinding Lainnya

Meja Makan Multifungsi

meja makan dikelilingi empat kursi

Livien Meja Makan Set ( 1 Meja + 4 Kursi)

Rp4.241.000,-

Siapa bilang meja makan hanya bisa digunakan untuk bersantap di ruang makan saja? Sebagai trik agar rumah terasa lebih luas, gunakan meja makan sebagai tempat mempersiapkan bahan masakan juga. Hal ini dilakukan supaya menghemat jumlah furnitur di rumahmu. Jika furnitur terlalu banyak, luas rumah makin sempit.

Tak hanya itu, meja makan juga berperan sebagai pemisah ruang antara dapur dan ruang makan. Dalam memilih meja makan, jangan gunakan meja makan yang tinggi. Meja makan bertinggi sedang akan membuat jarak meja dengan langit-langit lebih luas. Tak lupa, pilihlah meja makan dengan warna yang sesuai. Santap pagi, siang, dan malam bersama keluarga pun jadi lebih menyenangkan.

Lihat Meja Makan Lainnya

Pemakaian Furnitur Lipat 

meja lipat sekaligus tempat penyimpanan

Livien Meja Lipat Transformer

Rp,1475.000,-

Trik lain untuk menyiasati ruang supaya lebih luas adalah pemakaian furnitur lipat seperti meja lipat. Meja lipat seperti gambar di atas memiliki bentuk yang praktis. Apabila kamu ingin menggunakannya, kamu hanya perlu membukanya dan mengembalikannya ke posisi semula usai digunakan. Tak membutuhkan ruang tambahan, meja lipat ini menempel di dinding sehingga ruang gerak pun lebih luas. Ditambah, adanya tempat penyimpanan tambahan bisa membantumu saat merapikan rumah yang berantakan.

Lihat Meja Lipat Lainnya

kursi lipat warna putih

IKEA Gunde Kursi Lipat

Rp189.900,-

Selain meja lipat, sulit membayangkan rumah yang terasa lebih luas tanpa menggunakan kursi lipat. Furnitur yang bisa dipindahkan ke mana-mana dengan praktis ini memang menjadi primadona bagi pemilik rumah sempit. Jadi, saat kamu ingin melakukan olahraga di rumah atau mengadakan acara, kamu bisa melipat dan menyimpan kursi tersebut sehingga ruangan kumpul jadi lebih luas.

Lihat Kursi Lipat Lainnya

Peletakan railing gorden di atas plafon

kamar tidur dengan gorden putih dan biru

google.com

Rata-rata, railing gorden dipasang agak tinggi sedikit dari garis teratas jendela. Walaupun tidak salah, demi rumah yang terkesan lebih luas, letakkan railing gorden di atas jendela dengan posisi bersembunyi di atas plafon ruangan. Hasilnya, ruang antara langit-langit dan lantai terlihat berjarak luas.

gorden putih diikat

IKEA Lenda Gorden Dengan Pengikat, 1 Pasang 2 Pcs Putih

Rp382.900,-

Kania punya tips tambahan dalam memilih gorden untuk kesan ruangan yang luas. Biasanya, sebuah jendela memiliki dua jenis gorden: sheer dan black out. Gorden sheer lebih transparan dibandingkan gorden black out. Jenis sheer terletak di dalam, sementara gorden black out di luar. Apabila kamu ingin ruangan terpapar pencahayaan alami yaitu sinar matahari yang tidak terlalu terik, buka gorden black out dan biarkan cahaya masuk. Ruangan pun akan terasa terbuka dan lebih luas. Jika kamu sedang ingin beristirahat, tutup kedua gorden untuk efek gelap yang lebih menenangkan.

Lihat Gorden Lainnya

Rumah dengan luas sempit bukan jadi halangan bagi kita untuk menikmati aktivitas di rumah. Dengan melakukan lima siasat di atas, kesan ruang yang lebih luas bisa kita rasakan. Rumah pun selalu menjadi alasan kita untuk pulang bertemu keluarga tersayang.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse