Yakin Sudah Higienis? Rumah Bebas Penyakit dengan 7 Trik Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Untuk memiliki rumah impian yang nyaman dan sempurna, tampilan bukanlah segalanya. Salah satu faktor penting yang perlu kamu perhatikan adalah aspek higienis dari rumah.

Rumah yang higienis tak hanya berarti rumah sehat dan bebas penyakit, tentunya rumah pun akan menjadi jauh lebih nyaman untuk ditinggali.

Ingin buat rumahmu lebih higienis? Simak berbagai tips dan trik berikut agar rumah bebas dari segala sumber penyakit.

1. Pastikan sirkulasi udara lancar

ruang terbuka dalam rumah mediterania higienis dengan jendela terbukahomebuilding.co.uk

Tahukah kamu bahwa banyak sumber kuman dan penyakit yang menyebar melalui udara? Mulai dari residu bahan kimia dari pengharum ruangan, debu, hingga asap dari kegiatan memasak bisa jadi sumber polusi udara yang bisa membuat rumahmu tidak higienis.

Untuk itu, penting untuk menjaga kualitas udara melalui sirkulasi udara yang baik di rumah. Bukalah jendela dan ventilasi udara sesekali untuk membiarkan udara luar masuk menggantikan udara kotor di dalam hunian. Menggunakan air purifier juga bisa jadi alternatif yang lebih praktis agar rumah lebih higienis.

2. Rutin bersih-bersih dengan pembersih ramah lingkungan

alat pel dan ember penuh dengan cairan pembersih agar lantai ruang tamu higienisshutterstock.com

Berbicara soal menjaga rumah tetap higienis dan bebas kuman bakteri sangat erat dengan memastikan rumah bersih tetap terjaga. Untuk itu, bersihkanlah rumah secara rutin.

Namun, untuk membuatnya higienis maksimal, beralihlah dengan menggunakan bahan pembersih alami dan ramah lingkungan seperti campuran air perasan jeruk lemon dan soda kue untuk membersihkan minyak, dan berbagai bahan alami lainnya! Bahan pembersih kimia kerap meninggalkan residu yang justru akan membuat rumah menjadi tidak higienis.

3. Maksimalkan pencahayaan alami

rumah higienis dengan pencahayaan alami pada ruang tamu dengan sofa ldwell.com

Untuk membuat rumah lebih higienis, hindari juga membiarkan ruang-ruang yang terlalu gelap. Pastikan setiap ruangan mendapatkan pencahayaan terbaik, terutama pencahayaan alami. Hal ini akan menjaga ruangan tidak terlalu lembap sehingga kuman dan bakteri tidak mudah berkembang.

4. Jangan menumpuk sampah

tangan membuang botol pada tempat sampah penuh dengan plastikshutterstock.com

Bakteri, kuman, dan berbagai hal buruk yang membuat rumah tidak higienis banyak berasal dari sampah. Jika kamu menginginkan rumah yang lebih higienis, jangan biarkan sampah rumah tangga menumpuk di rumah.

Kosongkan semua tempat sampah di rumah secara rutin satu hingga dua kali dalam sehari. Jika kamu tidak bisa membuang sampah setiap hari, paling tidak biarkan semua sampah berada di tempat sampah di luar rumah agar rumah tetap higienis dan bebas dari sumber penyakit.

5. Kurangi penggunaan plastik

tangan memegang sampah plastik putih dan kantung jala hijaumetro.co.uk

Hampir setiap hunian memiliki berbagai peralatan rumah tangga beserta perlengkapannya yang berbahan plastik. Namun, hampir di setiap produk plastik mengandung bahan kimia sintetis Bisphenol A (BPA)  yang ternyata bisa mengganggu sistem endokrin.

Jadi, agar rumahmu lebih higienis, tak ada salahnya kurangi penggunaan produk plastik di rumah atau menggantinya dengan produk-produk plastik yang bebas dari BPA. Dengan begitu, sampah plastik pun akan berkurang.

6. Cat dinding ramah lingkungan

kaleng cat penuh berbagai warna dan sikatsupremepainting.com

Siapa sangka jika cat rumah juga bisa menjadi sumber polusi penyebab rumah tak higienis? Untuk mencegah rumah tidak higienis akibat cat rumah, beralihlah dengan menggunakan cat yang ramah lingkungan. Cat rumah ini umumnya mengandung senyawa-senyawa organik yang tak bersifat toxic sehingga aman untuk rumahmu.

7. Sempurnakan dengan vegetasi

rak di depan jendela penuh dengan tanaman hias dalam pot warna-warnifoodmatters.com

Tips menyempurnakan rumah agar lebih higienis selanjutnya adalah dengan menambahkan sedikit sentuhan tanaman dalam ruangan. Mengapa vegetasi bisa membantu rumah menjadi lebih higienis?

Beberapa jenis tanaman memiliki manfaat khusus bagi lingkungan, mulai dari membersihkan udara, meningkatkan kadar oksigen, mengusir hama, hingga mengurangi radiasi di ruangan. Jadi, kamu bisa memilih tanaman hias sesuai kebutuhan untuk buat rumah lebih higienis.

Itulah berbagai tips dan trik yang bisa bantu buat hunian impianmu jadi lebih higienis. Jangan pernah ragu dalam menjaga rumah tetap higienis karena dengan bebas dari segala sumber penyakit, kamu bisa membuat hunian menjadi lebih nyaman. Selamat mencoba!  

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse