[Infografik] Ibadah Lancar dengan 6 Tips Puasa Sehat!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Sebagai bentuk dari ibadah saat menyambut bulan suci, puasa ditujukan untuk menahan diri dari godaan dunia dan bersyukur terhadap berkat yang telah diberikan selama ini. Menjalankan puasa sehat harus menjadi prioritas agar tubuh tetap bugar dan ibadah pun dapat dilakukan dengan lancar.

Alih-alih sakit saat berpuasa, ada baiknya kamu mengikuti tips puasa sehat berdasarkan rekomendasi para ahli yang Kania akan ulas berikut.

Infografik tips buka puasa

Pertahankan hidrasi tubuh

Sama seperti hari-hari biasa, puasa sehat juga berarti meminum air putih setidaknya delapan gelas setiap hari. Sebisa mungkin, hindari minuman bergula seperti sirup dan teh manis, terutama saat buka puasa.

Puasa sehat, menurut Dr. Alia Hafiz, Michele Doura dan Ayan Barre dari World Food Programme, berarti berbuka dengan meminum air putih terlebih dahulu agar tubuh cepat terhidrasi dan tetap bugar.

Jangan melewatkan sahur

Selama bulan puasa, sahur sama pentingnya dengan sarapan pagi dalam kehidupan sehari-hari. Para ahli gizi dari World Food Programme menyarankan agar puasa sehat dijalankan dengan menu sahur diisi oleh karbohidrat kompleks seperti oatmeal, makanan berserat tinggi seperti kurma dan sayuran, dan makanan kaya akan protein seperti telur dan daging agar berasa kenyang lebih lama dan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

Hindari olahraga selama jam-jam puasa

Gaya hidup sehat selalu menganjurkan agar kita berolahraga setiap hari, namun saat bulan puasa, usahakan sesi olahraga dilakukan sebelum sahur atau sesudah buka puasa. Tips puasa sehat ini memang bertujuan untuk menghindari dehidrasi saat kita tengah berpuasa.

Oleh karena itu, luangkan setidaknya 2-3 jam setelah makan (idealnya setelah berbuka) untuk mulai olahraga agar tubuh diberikan cukup waktu untuk mencerna sebagaimana semestinya. Olahraga yang rutin pastinya akan berujung pada puasa sehat.

Buka puasa secara perlahan

Setelah sehari menahan diri, naluri pertama saat buka puasa ialah untuk makan sebanyak mungkin. Namun, berilah waktu agar tubuh dapat bekerja untuk mencerna makanan dengan baik demi puasa sehat.

Puasa sehat memastikan bahwa tubuh dapat bekerja dengan baik untuk mencerna makanan walaupun terdapat rentang waktu yang cukup jauh antar sesi makan. Mulai dengan memakan kurma dan meminum air, lalu tunggu sebentar sebelum memulai makan menu utama.

Masak dengan minyak sehat

Puasa sehat sebenarnya sama dengan prinsip hidup sehat. Ahli gizi dari Singapore General Hospital menyarankan untuk menghindari memasak dengan minyak berlemak jenuh dan beralih ke minyak sehat seperti minyak kanola agar tubuh berasa lebih sehat dan puasa sehat pun tetap lancar.

Usahakan cukup tidur

Selama bulan puasa, pola tidur sehat memang sulit dijaga, mengingat harus bangun pagi untuk sahur. Puasa sehat tentu harus dibarengi dengan istirahat yang cukup agar tubuh tetap sehat demi mencerna makanan dengan baik.

Aturlah jadwal sebaik mungkin agar badan tetap mendapatkan istirahat selama 6-8 jam setiap harinya demi menjalankan puasa sehat.

Setelah mengetahui tips-tips puasa sehat di atas, Kania harap ibadah kamu selama bulan suci ini akan terus lancar dan membawa berkah!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse