[Bersama Kania] Kenali 5 Jenis Lampu Ini, Dijamin Rumah Tak Kurang Pencahayaan!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Matahari sebagai sumber pencahayaan alami memang menjadi penerangan saat melakukan kegiatan sehari-hari. Namun, saat malam hari datang, berbagai jenis lampu menggantikan matahari agar dapat terus menerangi segala kegiatan di rumah.

jenis lampu lantai di samping sofa abu-abushutterstock.com

Selain lampu utama yang dipasang di plafon tiap ruang, sebuah rumah juga membutuhkan berbagai jenis lampu untuk menerangi sudut-sudut ruangan di rumah untuk menciptakan suasana yang nyaman. Suasana rumah yang seperti ini akan membuat rumah enak ditinggali dan kamu pun betah berlama-lama di rumah.

Kali ini, Kania akan menjabarkan beberapa jenis lampu yang biasa digunakan di hunian beserta fungsi dan peletakannya agar kamu pun bisa mendapatkan suasana hunian yang nyaman.

Lampu Meja

jenis lampu meja dekat tanaman di atas meja

3+Projects Lampu Meja Table Lamp Grey Fabric Shade 3+DL-PD7141-GR-VG

Rp530.000,-

Jenis lampu ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, namun cukup sebagai penerangan tambahan. Karena cahayanya yang temaram, jenis lampu ini kerap dijadikan alternatif penerangan di kamar tidur, khususnya bagi orang-orang yang susah tidur dengan kondisi kamar yang gelap atau untuk membaca buku sebelum tidur.

Ada baiknya jika jenis lampu ini dijadikan penerangan darurat dengan dibiarkan menyala di tengah set ruang keluarga saat malam hari. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir tersandung saat keluar kamar tidur di malam hari untuk ke kamar mandi ataupun sekadar mencari barang.

Lihat Lampu Meja Lainnya

Lampu Kerja/Belajar

jenis lampu kerja warna hitam di atas meja

IKEA Forsa Lampu Kerja Hitam

Rp414.000,-

Lampu meja dan lampu kerja memiliki kemiripan di mana kedua jenis lampu ini diletakkan di atas meja. Akan tetapi, lampu kerja atau lampu belajar ini dikhususkan untuk memberikan penerangan yang lebih terpusat pada tugas yang sedang dikerjakan.

Jenis lampu ini memiliki keunggulan di mana batang lampunya bisa kamu arahkan sesuai dengan keinginanmu, sedangkan lampu meja tidak bisa.

Lihat Lampu Kerja Lainnya

Lampu Lantai

jenis lampu lantai di sebelah sofa

IKEA Lersta Lampu Lantai/Baca

Rp249.000,-

Hampir setinggi manusia dewasa, jenis lampu ini kerap dijadikan pilihan untuk menerangi sudut ruangan yang jarang terpapar cahaya matahari maupun cahaya utama lampu rumah. Selain di sudut-sudut ruangan, jenis lampu ini biasa ditaruh di ruang keluarga karena dapat memberi kehangatan saat berkumpul dengan orang-orang tercinta.

Bagi kamu yang hobi membaca buku, jenis lampu ini juga berguna agar dapat lebih fokus membaca. Cukup sediakan armchair di sudut ruangan yang kamu suka dan letakkan jenis lampu ini di dekatnya.

Lihat Lampu Lantai Lainnya

Lampu Gantung

jenis lampu gantung warna emas

Supra Lampu Gantung Industrial SCH-24552-6

Rp950.000,-

Apabila rumahmu memiliki jarak antara langit-langit dengan lantai yang cukup jauh, penggunaan jenis lampu gantung bisa jadi andalan untuk pencahayaan ruangan, dekorasi rumah sederhana dan jadi daya tarik utama dalam ruangan. Jenis lampu ini juga membantu menghemat ruangan sehingga kamu pun lebih leluasa dalam rumah.

Di samping sebagai elemen dekorasi, lampu gantung juga punya keunggulan di mana bisa membantu kamu memfokuskan pandangan ke satu titik dengan penyinaran ke bawah. Contohnya, peletakan jenis lampu ini di atas meja makan bisa membantu kamu memfokuskan mata ke makanan yang ada. Cahaya yang memantul ke meja dari jenis lampu ini pun memberikan kesan elegan.

Lihat Lampu Gantung Lainnya

Lampu Hias

jenis lampu hias warna hitam dengan bohlam di tengah

Lily Lamp Art Meja COCO O COM

Rp150.000,-

Berbeda dengan jenis lampu lainnya, jenis lampu ini lebih cenderung dekoratif daripada fungsional. Peletakannya pun bisa kamu kreasikan sesuai dengan selera kamu, seperti penggunaan lampu Tumblr di kamar tidur atau di ruang tamu. Lampu hias juga memiliki banyak variasi dengan bentuk yang unik.

Lihat Lampu Hias Lainnya

Pencahayaan di rumah memang sangat dibutuhkan sehingga kamu membutuhkan beberapa jenis lampu di rumahmu. Namun, ada baiknya bila kamu menyeimbangkan pencahayaan alami dan pencahayaan buatan.

Saat pagi hingga sore hari, biarkan cahaya matahari masuk dengan membuka gorden hingga jendela. Saat matahari mulai terbenam hingga malam hari, nyalakan lampu secukupnya. Jangan sampai porsi pencahayaan alami dan listrik tidak seimbang, ya!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse