Hadirkan Aroma Segar dengan 5 Pewangi Ruangan Alami Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ketika sedang melakukan aktivitas di dalam rumah, terkadang ada bau tidak sedap yang tercium. Biasanya bau tersebut berasal dari sampah rumah tangga, asap memasak, binatang, ruangan yang lembap, dan sebagainya. Bau yang tidak sedap tentunya akan membuat kamu risih. Solusinya adalah menghadirkan aroma segar dengan pewangi ruangan alami.

Mengapa harus alami? Pewangi ruangan buatan penuh dengan zat kimia yang pasti akan terhirup setiap harinya, sementara memilih aromaterapi atau diffuser dari bahan alami pastinya lebih aman bagi kesehatan keluarga.

Tak hanya lebih sehat, pewangi ruangan alami juga lebih murah karena dapat kamu buat secara DIY dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Penasaran? Simak caranya berikut ini!

Aroma segar & manis dari lemon, rosemary, dan vanili

pewangi ruangan dari campuran lemon rosemary dan vanilimorganmoore.typepad.com

Para pecinta aroma segar nan manis bisa mencoba pewangi ruangan dari lemon, rosemary, dan vanili. Tanpa perlu meramu, cara membuatnya pun sangat mudah—hanya perlu direbus!

Untuk membuat pewangi ruangan ini, siapkan dua buah lemon segar yang sudah diiris tipis, lima batang rosemary, dan satu sendok teh vanili. Kemudian, didihkan 2 liter air dan masukkan semua bahan yang sudah disiapkan tadi.

pewangi ruangan dari campuran lemon rosemary dan vanili dalam pancithechelleproject.com

Apabila sudah mulai tercium wanginya, pindahkan ramuan pewangi ruangan tersebut ke dalam mangkuk gelas dan letakkan di tengah ruangan. Kamu pun bisa menyemprotkannya ke segala sudut ruangan dengan botol semprot.

Kulit buah jeruk segar & praktis

pewangi ruangan dari kulit buah jeruk di tengah tanaman bambu dan hiasan tulisanhomemadeforelle.com

Buah jeruk, lemon, ataupun jeruk nipis terkenal memiliki aroma yang sangat menyegarkan dan kuat. Kamu bisa memakan isi buah dan memanfaatkan kulitnya sebagai pewangi ruangan.

Untuk membuat pewangi ruangan ini, sediakan garam laut dan rempah-rempah juga. Tuang garam laut, sebagai penyerap bau tidak sedap, ke dalam kulit jeruk.

pewangi ruangan dari kulit buah jeruk berisi garam laut dan rempah-rempah di atas countertophomemadeforelle.com

Lalu, taruh rempah-rempah agar wangi lebih kuat dan tahan lama. Misalnya daun kemangi untuk kulit jeruk, daun mint untuk kulit jeruk nipis, dan cengkeh untuk kulit lemon.

Lilin aromaterapi sebagai pewangi ruangan

pewangi ruangan dari lilin menyala di tengahshutterstock.com

Lilin aromaterapi dibuat dengan aroma yang menenangkan dan lembut. Sangat cocok untuk kamu yang ingin relaksasi atau bersantai di rumah pada akhir pekan nanti.

Meski pewangi ruangan berupa lilin aromaterapi sudah dijual di pasaran, kamu tetap bisa membuatnya sendiri dan menambahkan aroma favoritmu. Bahan yang perlu kamu siapkan adalah lilin, sumbu, dan aneka wangi-wangian.

Lelehkan lilin menggunakan microwave di dalam wadah lebar seperti toples atau mangkuk, lalu tambahkan wangi-wangian sesuai selera seperti bubuk kopi atau minyak atsiri. Setelah lilin memadat sempurna, nyalakan saja sumbunya dan jadilah pewangi ruangan dengan aroma yangmenenangkan.

Potpourri, pewangi ruangan dari bunga kering

pewangi ruangan potpourri dari bunga mawar kering pada gelas porselen di atas nampanblogspot.com

Tidak hanya macam-macam bunga segar, ternyata bunga kering juga bisa dijadikan pewangi ruangan. Beberapa bunga yang bisa digunakan adalah bunga mawar, lavender, dan melati.

Bunga-bunga kering ini sebelumnya perlu diberi minyak aromaterapi supaya wanginya lebih kuat. Setelah, itu barulah dimasukkan ke dalam kantong berpori kecil atau wadah. Gantungkan di dalam lemari baju atau letakkan di sudut ruangan supaya wangi dari pewangi ruangan alami ini tercium. Kalau mau ditambahkan cengkeh, kayu manis, dan kulit jeruk juga boleh.

Kayu manis sebagai pewangi ruangan

pewangi ruangan dari kayu manis yang diikat ke lilinmissmillmag.com

Selain menjadi campuran minuman, ternyata kayu manis bisa dimanfaatkan sebagai pewangi ruangan juga. Cara yang pertama adalah mengikatkan kayu manis di sekeliling lilin. Suhu panas dari lilin akan membuat aroma kayu manis semakin kuat.

Cara lain untuk membuat pewangi ruangan alami ini adalah mematahkan kayu manis menjadi beberapa bagian, kemudian meletakkannya dalam wadah yang sudah diisi pasir terlebih dahulu.

Mudah, bukan, membuat pewangi ruangan alami untuk menghilangkan bau tidak sedap pada hunian? Berkat pewangi ruangan alami yang bisa kamu buat sendiri, kamu bisa mengucapkan selamat tinggal pada aroma tidak sedap tanpa perlu khawatir menguras isi kantong!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse