Nggak Hanya untuk Memasak, Bahan-Bahan Ini Juga Bisa Membersihkan Rumah Kamu Loh!

Posted by Kania Dekoruma on January 6, 2017

Di permulaan tahun ini, apakah bersih-bersih rumah termasuk salah satu resolusi kamu? Kania sendiri memang selalu memanfaatkan awal tahun sebagai momen untuk membersihkan rumah besar-besaran. Soalnya pekerjaan masih lebih santai sehingga Kania bisa memiliki waktu luang yang lebih banyak.

Selain itu, momen ini juga pas banget kamu pakai untuk membersihkan dan merapikan rumah untuk menyambut perayaan di akhir bulan ini. Apa lagi kalau bukan Tahun Baru Imlek? Yup, dalam rangka mempersiapkan untuk acara kumpul keluarga dan makan besar di rumah, ada baiknya kamu mulai dengan bersih-bersih!

Nah masalahnya, kadang-kadang ada saja noda membandel di sudut rumah yang sulit untuk dibersihkan ya. Percaya nggak percaya, kamu nggak perlu menggunakan produk kebersihan loh! Kamu bisa membersihkan noda tersebut dengan bahan masakan dari dapur kamu loh! Wow, bahan apa saja itu?

 

BAHAN PEMBERSIH-01.jpg

Bahan Pembersih Rumah dekoruma 01.jpgBahan Pembersih Rumah dekoruma 02.jpgBahan Pembersih Rumah dekoruma 03.jpg

 

SEBAGAI PEMBERSIH BAK MANDI

Campurkan soda kue dan krim tartar dengan perbandingan 1:1 kemudian tambahkan sedikit perasan lemon. Usapkan ke seluruh bagian bak mandi kemudian biarkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air.

 

SEBAGAI PENGANGKAT NODA

Bersihkan noda di perabotan keramik dengan menggunakan campuran air dan soda kue. Kemudian usapkan dengan perlahan di bagian yang bernoda.

 

UNTUK MEMBERSIHKAN SALURAN YANG TERSUMBAT

Campurkan soda kue dan cuka dengan perbandingan 1:1. Kemudian tuangkan ke saluran yang tersumbat. Tutup dengan kain basah dan tunggu selama 5 menit. Setelah itu angkat kainnya dan siram saluran tersebut dengan air panas.

 

Bahan Pembersih Rumah dekoruma 04.jpgIKEANH-644_2.jpgBahan Pembersih Rumah dekoruma 06.jpg

 

UNTUK MENYEGARKAN KARPET

Hilangkan bau tidak sedap yang berasal dari karpetmu dengan menaburkan soda kue. Biarkan selama beberapa jam lalu bersihkan dengan vacuum cleaner.

 

UNTUK MENGGOSOK PANCI

Taburkan soda kue di bagian pancimu yang berkerak kemudian biarkan selama 5 menit. Gosok dengan perlahan kemudian bilas dengan air. Panci kamu jadi seperti baru lagi deh.

 

UNTUK MENGHAPUS KRAYON DI DINDING

Si kecil sedang suka menggambar di dinding? Jangan khawatir. Cukup taburkan soda kue ke atas spons basah. Niscaya kamupun bisa menghapus noda krayon dan tinta dari dinding.

 

BAHAN PEMBERSIH-02.jpg

Bahan Pembersih Rumah dekoruma 07.jpgBahan Pembersih Rumah dekoruma 09.jpgBahan Pembersih Rumah dekoruma 08.jpg

 

UNTUK MEMBERSIHKAN PIPA TERSUMBAT

Jangan biarkan pipa saluran airmu mengalir dengan pelan karena tersumbat. Campurkan 200 gr garam dengan 1 liter air panas. Kemudian tuangkan ke saluran air tersebut.

 

UNTUK MEMOLES PERABOTAN 

Perabotan dari bahan tembaga dan kuningan lama kelamaan akan menjadi kusam karena termakan usia. Campurkan garam dan tepung dengan perbandingan 1:1 lalu tambahkan beberapa tetes cuka. Gunakan campuran tersebut untuk memoles perabotanmu dengan menggunakan kain. Bilas dan keringkan. Perabotanmu akan kembali bersinar lagi.

 

UNTUK MEMBERSIHKAN SETRIKA

Setrika sering kali meninggalkan bekas lengket. Tuangkan garam dalam jumlah cukup banyak ke atas kertas. Setelah itu gosok setrikamu dalam keadaan panas ke atas taburan garam tersebut.

 

STH-130-11.jpgIKEAF-366.jpgIKEANA-234.jpg

StarHome Sikat Panci WajanIKEA Iris Lap Dapur IKEA Antagen Sikat Cuci Piring

 

BAHAN PEMBERSIH-03.jpg

Bahan Pembersih Rumah dekoruma 14.jpgBahan Pembersih Rumah dekoruma 15.jpgBahan Pembersih Rumah dekoruma 16.jpg

 

UNTUK MENGHILANGKAN BAU

Setelah memotong bawang, gosok tanganmu dengan garam dan percikkan cuka untuk mengurangi bau. Terkadang sabun cuci tangan biasa bisa kurang mempan.

 

UNTUK MEMBERSIHKAN MESIN KOPI

Bersihkan mesin kopi ataupun pemanas air dengan menggunakan campuran air dan cuka. Biarkan beberapa saat setelah itu bilas dengan air 2-3 kali.

 

UNTUK MELEPASKAN STIKER

Habis membeli barang baru, ada saja noda stiker yang tidak dapat lepas. Usapkan beberapa lapis cuka di atas stiker tersebut. Biarkan selama 5 menit, kamu pun dapat menghilangkan noda stiker tersebut dengan sempurna.

 

 

BAHAN PEMBERSIHv3-04.jpg

Bahan Pembersih Rumah dekoruma 12.jpgBahan Pembersih Rumah dekoruma 13.jpg

 

UNTUK MEMBERSIHKAN VAS KACA

Vas kaca rentan dengan noda membandel namun sulit dibersihkan karena lehernya yang kecil. Untuk membersihkan, tuang air sabun yang banyak ke dalam vas dan tambahkan 1 sendok makan beras. Goyangkan selama beberapa saat lalu bilsa sampai bersih. Vas kacamu pun siap untuk menjadi rumah bagi bunga-bunga yang baru.

 

UNTUK MEMBERSIHKAN PENGGILING KOPI

Giling segenggam beras ke dalam penggiling biji kopi. Serpihan beras tersebut juga dapat membantu menghilangkan bau yang kurang sedap dan membersihkan sisa biji kopi dan minyak. Buang sisa beras dan lap sampai bersih.

 

 

BAHAN PEMBERSIHv3-05.jpg

Bahan Pembersih Rumah dekoruma 18.jpgBahan Pembersih Rumah dekoruma 17.jpg

 

 

UNTUK MEMBERSIHKAN TALENAN

Bersihkan bekas makanan dari talenan dengan bahan kayu atau plastik dengan cara ini. Belah lemon menjadi dua bagian kemudian peras air lemon ke atas talenan. Gosok talenan dengan menggunakan lemon tersebut dan biarkan selama 20 menit sebeulum dibilas.

 

UNTUK MENCERAHKAN LAUNDRY

Tidak hanya untuk peralatan dapur, lemon juga bisa kamu gunakan untuk pakaian di laundry loh. Tambahkan air perasan lemon ke dalam mesin cuci kamu untuk mencerahkan warna pakaian yang mulai memudar.

 

BAHAN PEMBERSIH-0-07.jpg

 

Itu dia beberapa trik luar biasa yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan setiap sudut rumah kamu. Hanya dengan 5 macam bahan yaitu: soda kue, garam, cuka, beras dan lemon, kamu bisa membersihkan berbagai perabotan sesuai kebutuhan kamu.

Bagian terbaiknya? Kamu tidak perlu repot-repot membeli cairan pembersih di luar. Kamu cukup menggunakan “bahan rahasia” yang memang sudah tersedia di lemari dapur dan kulkas kamu! Yay!

Selamat bersih-bersih!

 

Sumber dari RealSimple