Basmi Rayap Kayu dengan 7 Tips Ampuh Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Untuk kamu yang memiliki banyak perabot kayu atau dekorasi kamar dan ornamen kayu pada rumah, rayap kayu bisa jadi permasalahan yang sangat menjengkelkan. Tanpa penanganan yang tepat, tentu hanya tinggal menunggu waktu hingga semua perabotan kayu yang kamu miliki rusak akibat ulah dari hama rayap kayu.

Namun, kini kamu tak perlu lagi pusing hadapi permasalahan rayap kayu asal kamu mengikuti tips-tips ampuh untuk membasmi rayap kayu berikut ini:

1. Lindungi perabot kayu dari rayap kayu dengan perlindungan ekstra

papan kayu dilapisi cairan dengan sikattopbest.ph

Sebelum diserang hama rayap kayu, selalu berikan perlindungan ekstra pada semua perabot dan perlengkapan rumah mulai dari dinding kayu, plafon, hingga lantai kayu dengan menggunakan cairan atau cat khusus antirayap.

Untuk tambahan, cairan khusus antirayap kayu juga bisa kamu campur dengan minyak tanah sebelum diolesi pada kayu sebelum kayu dilapisi finishing. Dengan begitu, perabot kayu di rumahmu akan lebih tahan dan kuat terhadap serangan rayap kayu.

2. Maksimalkan sirkulasi udara untuk hindari kelembapan udara berlebih

pintu teras halaman belakang terbuka untuk sirkulasi udaradesignyourpath.com

Rayap kayu paling mudah berkembang biak dan gemar dengan tempat-tempat dengan kelembapan udara yang tinggi. Untuk itu, pastikan kamu bisa memastikan kelembapan di rumah berada dalam tingkatan yang wajar dengan cara membuat ventilasi udara atau sirkulasi udara yang baik.

Hindari juga air yang menggenang agar udara tidak mudah lembap dan rayap kayu tidak datang ke rumah. Pencahayaan alami yang baik juga merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengontrol kelembapan udara di rumah.

3. Perbaiki langsung setiap kerusakan kecil pada rumah

bikin rancangan untuk reparasi rumah dengan perkakas dan tumpukan kayutrendsbuzzer.com

Cara lain untuk mencegah dan membasmi serangan hama rayap kayu adalah memastikan kamu memperbaiki setiap kerusakan kecil pada rumah. Hal ini mungkin terdengar sepele, namun beberapa kerusakan kecil pada rumah bisa memicu hadirnya rayap di rumah.

Misalkan celah keramik yang keropos bisa menyebabkan uap air masuk ke rumah dan udara menjadi lembap. Pipa bocor juga salah satu hal yang bisa sebabkan kelembapan udara di rumah meningkat. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, udara yang lembap bisa memicu datangnya rayap kayu.

Celah-celah dari retakan di dinding juga menjadi salah satu faktor yang bisa mempermudah hadirnya rayap kayu di rumah. Jadi, selalu lakukan pengecekan berkala pada rumahmu secara menyeluruh. Jika ada kerusakan sekecil apapun, segeralah lakukan perbaikan sebelum rayap menyerang.

4. Jemur perabot kayu secara berkala untuk usir rayap kayu

perabot kayu dijemur di bawah sinar mataharishutterstock.com

Tips membasmi hama rayap kayu adalah dengan melakukan penjemuran terhadap furniture kayu yang ada di rumah secara berkala. Menjemur perabot kayu di bawah teriknya sinar matahari bisa mengurangi kelembapan pada kayu sehingga rayap tidak mudah menyerangnya.

Cara satu ini terbilang cukup efektif untuk membasmi rayap kayu bila dilakukan secara rutin. Jangan lupa, selalu lapisi ulang perabot kayu dengan pelapis kayu atau finishing antirayap agar hama rayap tetap menjauh.

5. Basmi rayap kayu dengan kapur barus atau bahan-bahan alami lainnya

bola kapur barus dituang ke atas kain karung gonishutterstock.com

Cara membasmi rayap kayu selanjutnya adalah dengan menggunakan kapur barus. Letakkan kapur barus di dalam lemari kayu atau di sudut ruangan yang lembap. Kandungan naftalena yang ada pada kapur barus memberikan aroma yang tidak disukai rayap sehingga hama ini akan menjauhinya.

Selain kapur barus, ada bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mengusir rayap kayu seperti menggunakan daun salam ataupun daun kemangi. Kedua daun ini memiliki aroma khusus yang tidak disukai rayap. Seperti kapur barus, cukup letakkan daun ini di laci atau lemari kayu.

6. Jangan rancang taman terlalu berdekatan dengan rumah

taman kaktus di samping rumah dengan taman hijau jauh di depanphgmag.com

Jika rumahmu memiliki taman, hindari taman yang berbatasan langsung atau berada di posisi terlalu dekat dengan rumah. Taman yang lembap bisa menjadi sumber dari datangnya rayap kayu. Untuk itu, pastikan ada jarak dari rumah ke taman dengan menambahkan jalan setapak ataupun teras di depan rumah untuk membatasi antara rumah dan taman.

7. Selalu jaga kebersihan rumah dan sekitarnya

orang mengepel lantai kayu di sudut kabinet bawahtreehugger.com

Tips mencegah dan membasmi rayap kayu yang terakhir adalah dengan memastikan kebersihan rumah selalu terjaga. Membersihkan rumah dimulai dari membersihkan setiap perabot secara rutin, membuang sampah daripada ditunggu hingga menumpuk.

Jika terdapat tumpahan air, segera lap dan keringkan. Dengan menjaga kebersihan rumah, kamu bisa ikut mencegah dan membasmi hadirnya rayap kayu di rumah!

rayap kayu di atas kayu rapuhhousemethod.com

Dengan penanganan yang tepat dan berbagai tips di atas, tentu hama rayap kayu kini bukanlah masalah di rumah lagi, bukan? Ingatlah bahwa pencegahan lebih baik daripada mengobati.

Jadi, pastikan kamu lakukan perawatan dan pencegahan perabot kayu dari serangan rayap kayu sebelum hama ini terlanjur bersarang di produk rumah yang terbuat dari kayu. Selamat mencoba!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse