Hati-Hati Terkena Kuman Penyakit, 7 Titik Rawan di Rumah yang Perlu Dibersihkan!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Menjelang liburan dan hari perayaan besar, sudah sewajarnya kalian menjadikan acara bersih-bersih rumah sebagai agenda wajib. Bagi yang sudah selesai membereskan rumah, yakin rumah sudah bebas dari kuman penyakit?

Jangan hanya membersihkan bagian rumah yang kasatmata dan menganggap rumah sudah bersih dari kuman penyakit, periksa kembali tujuh titik rawan di rumah yang mungkin telah menjadi sarang kuman penyakit!

1. Meja dapur atau countertop

countertop dari batu marmer dengan kursi kayu pada dapur bersih dari kumankitchenmagic.com

Punya meja dapur atau countertop yang sering jadi tempat parkir berbagai belanjaan, koran atau majalah, serta barang lainnya? Bukan rahasia lagi kalau dapur adalah tempat favorit kuman.

Kombinasi antara air, sisa makanan, minyak dan sejenisnya menjadikan meja dapur sebagai tempat bersarang kuman penyakit yang kondusif sehinga wajib dibersihkan secara saksama. Cara terbaik menghindari kuman dari meja dapur adalah dengan tidak meletakkan apapun selain makanan di atasnya. Lap dengan cairan disinfektan setelah selesai mempersiapkan makanan dan keringkan hingga tuntas agar kuman penyakit cepat mati.

2. Area wastafel dapur

area wastafel dapur dengan spons di mangkuk kayu dan air menyala dari kerandekoruma.com

Masih di seputar dapur, area wastafel dapur adalah salah satu titik yang paling padat kuman, terutama daerah penyimpanan spons pencuci piring. Sebuah studi bahkan mengungkapkan bahwa area ini mempunyai potensi sebesar 45 persen menjadi tempat bersarangnya bakteri E.coli dan 27 persen menjadi area bertumbuhnya jamur.

Tips terbaik membersihkan area wastafel dapur dari kuman adalah mencuci bak cuci piring dengan sabun dan air hangat setidaknya dua kali dalam seminggu. 

3. Keran Kamar Mandi

keran kamar mandi dengan air mengalirbathshack.com

Keran kamar mandi merupakan benda yang paling sering dipegang karena tidak mungkin kamu tidak sering mencuci tangan atau menggosok gigi, bukan? Tidak heran jika kuman suka bercokol karena memang menjadi sasaran pertama untuk kontaminasi kotoran dari luar.

Selain kuman dan bakteri, kelembapan dalam kamar mandi juga menjadikan keran air berpotensi terkena serangan jamur. Jadi, pastikan kamu membersihkan keran secara saksama saat bersih-bersih kamar mandi.

4. Karpet ruang keluarga

karpet berbulu warna abu-abu pada ruang keluarga dengan sofa warna merahcurbed.com

Bahan kain tebal seperti tirai jendela, sofa berbahan lunak, hingga karpet di dalam rumah sudah identik dengan rumah kuman dan tungau debu. Organisme, seperti E.coli, salmonella dan MRSA, bisa tumbuh makmur pada serat kain. Lebih parahnya lagi, partikel kuman yang kecil ini tergolong sulit dibersihkan jika sudah menempel.

Karena ruang keluarga sering digunakan sebagai tempat berkumpul, pastikan karpet ataupun barang serupa sudah dicuci bersih minimal dua kali dalam seminggu. Apalagi bagi yang mempunyai keluhan alergi, gunakan jasa spesialis pembersih karpet agar kuman dan tungau debu akan terbasmi dengan lebih sempurna.

5. Gagang pintu & saklar lampu

saklar lampu di samping gagang pintu berpotensi menjadi sarang kumanshutterstock.com

Sering luput dari perhatian, pernahkah kamu menyadari bahwa gagang pintu dan saklar lampu di seluruh rumah berpotensi besar menjadi sarang kuman? Frekuensi kontak dalam kehidupan sehari-hari membuat kedua area ini sering terpapar dengan tangan yang pastinya kotor jika penghuni pulang dari luar rumah.

Area lain yang berpotensi menjadi sarang kuman adalah pegangan pintu kulkas dan tombol flush toilet. Tidak sulit untuk mengenyahkan kuman dari areal kecil ini, sepanjang kamu memang turut bersih bersih dengan kain lap yang sudah dibasuh dengan cairan disinfektan.

6. Areal Kolong

perempuan membersihkan kolong ranjang penuh kuman dengan sapu hijaushutterstock.com

Satu lagi lokasi favorit kuman yang sering terlewatkan saat dibersihkan adalah areal kolong. Baik itu kolong tempat tidur, kolong perabot rak, sampai juga kolong bawah kulkas adalah tempat ideal berkembangnya bibit penyakit.

Selain lembap, gelap dan berdebu, areal kolong juga sering lalai dibersihkan dengan saksama. Cara terbaik untuk mengenyahkan potensi kuman pada areal kolong adalah dengan menggunakan vacuum cleaner atau alat pel untuk membersihkan area ini setiap harinya.

7. Areal Hewan Peliharaan

tempat tidur anjing golden retriever warna cokelat dalam rumahfurhaven.com

Binatang kesayangan sayangnya punya serangkaian risiko kesehatan, termasuk dihinggapi kuman penyakit karena berbulu. Salah satu titik rawan untuk areal hewan peliharaan adalah tempat tidur hewan, karena material lembut ini sering menjadi tempat istirahat yang artinya juga dipenuhi dengan debu, kotoran, sel kulit mati, dan partikel kecil dari luar.

Untuk memastikan kuman dan kotoran tidak tertinggal, cuci bersih tempat tidur hewan dan juga pel area yang sering digunakan. Lakukan setidaknya sekali dalam seminggu dan ikuti juga dengan proses pengeringan seperti saat menjemur pakaian pada umumnya.

Kuman penyakit memang tidak terlihat, namun bukan berarti kamu tidak bisa membasmi mereka. Pastikan kamu selalu menjaga kebersihan dari ketujuh titik rawan ini agar rumah dapat menjadi lebih bersih!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse