Waspada! Kutu Kasur Bisa Sebabkan Berbagai Penyakit Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Yakin kasur sudah bersih? Meskipun tampak terawat dan nyaman untuk dipakai tidur, bukan berarti kasur atau matras terbebas dari kutu kasur. Kutu kasur sendiri merupakan hama berbadan pipih yang gemar bersarang di barang berbahan kain dan kayu seperti tempat tidur atau sofa.

Berukuran sangat mini dengan badan tak melebihi 0,5 mm, kutu kasur merupakan hama yang cukup berbahaya dan bisa sebabkan banyak masalah karena dapat berkembang biak tanpa peduli suhu panas maupun dingin. Lantas, apa saja sih dampak yang bisa terjadi akibat gigitan kutu kasur? Simak artikel Kania berikut ini, ya!

Gatal dan Infeksi

gigitan kutu kasur warna merah pada punggung perempuantripsavvy.com

Gigitan kutu kasur bisa menyebabkan rasa gatal yang luar biasa sehingga membuatmu terus menggaruk demi menghilangkan rasa gatal. Biasanya, ia mengigit kulit saat kamu tidur sehingga kamu hanya akan tersadar saat bangun dan menemukan luka di kulit.

Bahayanya, garukan pada kulit akibat gigitan kutu kasur bisa menyebabkan luka kecil sehingga kuman dan bakteri bisa masuk ke area luka dan menyebabkan kulit terkena infeksi. Jika saat kamu bangun dan menemukan area kulit yang terjadi peradangan, kemerahan, luka, bengkak maupun terdapat benjolan lunak hangat yang membentuk garis berkelompok, segera periksa ke dokter kulit agar diberikan penanganan yang tepat.

Dapat Memicu Stres

perempuan menutup muka dengan lengan sambil tiduran di kasurterminix.com

Tinggal di hunian yang diserang kutu kasur tentunya sangat menjengkelkan. Selain bisa merusak perabotan seperti sofa, sprei kasur, gorden dan tempat tidur, penyebaran kutu kasur juga sangatlah cepat dan sulit dikendalikan.

Banyaknya kutu kasur yang bersarang di hunian dapat memicu terjadinya kecemasan emosi dan berpotensi mengganggu kesehatan keluarga di masa depan. Untuk itu, jika kamu menemukan hama ini, segera membasminya supaya tidak bersarang dan berkembang biak.

Menyebabkan Insomnia

perempuan susah tidur dan menopang mukaflo.health

Gigitan kutu kasur saat kamu tidur pastinya memberikan rasa tak nyaman sehingga membuat kamu susah tidur. Belum lagi, kamu bisa saja memikirkan banyaknya kutu kasur yang merangkak di area tubuh sehingga tak bisa tidur dengan nyenyak.

Tentu, kesulitan tidur ini akan menyebabkan berbagai masalah saat pagi hari, mulai dari gangguan berpikir, gangguan nafsu makan, hingga mengganggu aktivitas kerja di kantor.

Menyebabkan Alergi

kutu kasur pada tanganorkin.com

Tak hanya gatal, sejumlah orang juga berpotensi mengalami reaksi alergi berlebihan karena gigitan kutu kasur. Kondisi ini disebut syok anafilaktik yang terdapat kemungkinan besar membuat penderitanya mengalami sesak nafas, kulit melepuh, demam, lidah membengkak, mual, hingga detak jantung yang tidak stabil.

Cara Memeriksa dan Membasmi Kutu Kasur

kutu kasur pada pinggir kasurorkin.com

Supaya terhindar dari serangan kutu kasur yang bisa menyebabkan masalah kesehatan, sebaiknya kamu segera mengecek keberadaan hama tersebut pada sejumlah perabotan di hunian, mulai dari tempat tidur, sprei, bantal, guling, gorden dan barang-barang lain yang menggunakan kain dan kayu. Meskipun ukurannya sangat kecil, ia masih bisa terdeteksi oleh mata. 

Jika kamu tidak menemukan kutu kasur, coba periksa apakah terdapat jejak kotoran berwarna hitam atau serpihan kulit kutu yang tertinggal di berbagai benda di rumah. Pertanda kutu kasur bersarang di hunian, maka kamu bisa mencoba sejumlah cara untuk membasminya, seperti memanfaatkan vacuum cleaner, mencuci bersih semua kain yang terkena kutu, dan menyemprot rumah dengan cairan insektisida dengan kandungan pyrethroids, neonicotinoid atau dessicants.

Menyebabkan penyakit dan rasa tidak nyaman sewaktu tidur, maka sudah saatnya kamu memeriksa keberadaan kutu kasur di hunian. Yuk, buat hunian dan kamar tidur kamu semakin nyaman dengan membasmi semua kutu kasur yang bersarang!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse