Kenali 5 Tangga Lipat, Variasi Desain Sesuai Keperluan Hunian

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Sedia payung sebelum hujan, sedia juga tangga selalu di rumah. Perkakas rumah tangga ini, terutama tangga lipat adalah salah satu yang wajib dan paling berguna saat kalian harus berkutat dengan ketinggian tertentu, misalkan untuk mengganti bohlam lampu.

Untuk jenis tangga lipat, tahukah kamu bahwa ada beberapa tipe yang berguna untuk keperluan yang berbeda-beda. Ayo kenali dulu jenis dan ukuran tangga lipat berikut supaya tidak salah beli.

Tangga Lipat Ganda

tangga lipat aluminium di tengah kontruksi ruanganshutterstock.com

Saat mendengar kata tangga lipat, pasti langsung terbayang bentuk tangga yang satu ini di benak. Sebagai salah satu produk tangga industri dan rumah tangga yang populer, jenis tangga ganda atau twin step ladder bisa membantu banyak pekerjaan sehari-hari tanpa harus disandarkan pada dinding layaknya desain tangga rumah konvensional.

Dengan tempat injakan di bagian tengah, tangga lipat ini terdiri dari berbagai ukuran. Rata-rata ukuran tangga ini adalah antara 1.5-3 meter dan bisa juga mencapai hingga 6 meter. Lebar tangga ini berkisar antara 30-35 cm dan jarak antar anak tangganya 25-30 cm.

Tangga Lipat Multifungsi

tangga lipat multifungsi dengan sandaran merah di tengahstore.youngman.co.in

Tangga lipat multifungsi adalah jenis tangga yang tidak membutuhkan sandaran dinding atau permukaan rata lainnya. Hampir sama dengan jenis sebelumnya, tangga ini punya kelebihan bisa dilipat dalam berbagai sudut dan lipatan. Otomatis, jenis tangga ini dinilai lebih praktis dan tidak menyita banyak tempat sewaktu disimpan.

Berkat engsel tangga yang praktis, tangga lipat ini bisa hadir dalam berbagai variasi bentuk yang cukup inovatif. Kapasitas yang bisa ditampung juga cukup berat, yaitu minimal 100 kg. Ketinggiannya juga tergolong bervariasi yaitu mulai dari 3-4 meter dalam kondisi terlipat dan bisa dibentangkan hingga di atas 12 meter.

Tangga Lipat Pijak (Step Ladder)

tangga lipat pijak atau step ladder warna hitamrobertdyas.co.uk

Tangga lipat yang berukuran agak kecil ini sering ditemukan di rumah atau perkantoran. Tangga ini bisa berdiri sendiri tanpa sandaran, dan cukup praktis untuk dipindahkan dari satu lokasi ke yang lain. Jumlah anak tangganya juga berbeda-beda mulai dari satu hingga empat pijakan, dengan penggunaan material seperti plastik, kayu, aluminium, stainless steel atau campuran.

Dari segi kelebaran, tangga lipat ini biasanya lebih lebar supaya bisa menjadi tapakan untuk kedua kaki sekaligus. Penting untuk memilih tangga dengan alas antiselip dan bisa menampung bobot minimal hingga 100 kilogram, supaya keamanan pemakaian lebih terjamin.

Tangga Model Teropong

tangga lipat model teleskop dhgate.com

Sesuai namanya, tangga lipat model teropong ini bisa dilipat naik dan turun. Pada ukuran tertingginya, tangga ini bisa mencapai hingga 4 meter sehingga memudahkan pemakaian sesuai kebutuhan penggunanya. Namun saat dilipat, tangga ini bisa berukuran kurang dari 1 meter sehingga sangat praktis dan tidak menyita tempat.

Biasanya semakin tinggi jangkauan tangga lipat model teropong, maka kapasitas bobot akan berkurang. Pada keluaran model yang terbaru, ada juga sistem airshock alias cara melipat dengan satu dorongan sehingga tangga terlipat secara perlahan dan otomatis, tanpa harus lagi melipat pada setiap anak tangganya.

Tangga Lipat Hybrid

tangga lipat dengan rangka besi hitampinterest.com

Salah satu inovasi tangga rumah tangga terkini adalah produk yang sudah dipatenkan merek dagangnya oleh perusahaan Bcompact dari Amerika Serikat. Dengan nama Hybrid Stairs & Ladders, tangga lipat ini memberikan solusi yang indah dan sederhana bagi rumah tingkat yang mungil.

Desain ini juga kian bervariasi dari segi warna dan bahan, sehingga menjadikannya sebagai produk canggih yang diprediksikan akan mampu menciptakan revolusi dalam pemakaian tangga lipat di rumah tangga.

Dari kelima jenis tangga lipat di atas, apakah kamu sudah mengetahui mana yang tepat untuk keperluan hunianmu?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse