[Bersama Kania] 5 Cara Praktis dan Cepat Bersihkan Rumah di Bulan Ramadan

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Selain berpuasa, bulan Ramadan juga menjadi momen untuk membuat hati lebih bersih sehat. Sama dengan hati, rumah juga harus bersih sehat karena rumah menjadi tempat tinggalmu selama kamu hidup. Rumah bersih sehat mencerminkan pribadi penghuninya.

Rumah yang bersih sehat juga membuatmu makin betah beraktivitas di rumah dengan keluarga hingga ngabuburit bersama. Apakah kamu sudah rutin membersihkan rumah sehingga rumahmu bersih sehat?

seorang wanita bersiap membersihkan rumahshutterstock.com

Kania ingin berbagi tips ampuh untuk membuat rumah lebih bersih sehat yang mungkin belum kamu tahu, khususnya saat membersihkan tempat yang sering kotor, langkah demi langkah beserta peralatan yang diperlukan. Yuk, kita simak di bawah ini!

Gunakan kemoceng dengan gagang yang bisa diatur panjangnya

seorang wanita membersihkan rumah dengan kemocengshutterstock.com

Prinsip utama saat membuat rumah bersih sehat adalah membersihkannya dari atas ke bawah. Hilangkan debu di plafon rumah, dilanjutkan dengan area permukaan tiap furnitur memakai kemoceng. Biarkan debu turun ke lantai sehingga bisa dibersihkan dalam sekali aksi dan rumah kembali bersih sehat.

kemoceng tongkat panjang warna pink

KENT Microfiber Duster / Kemoceng KT-300W813

Rp84.800

Kamu bingung menentukan kemoceng? Gunakan kemoceng di atas karena sangat berguna untuk membuat rumah bersih sehat. Tongkatnya bisa diatur panjangnya, untuk membersihkan debu di plafon rumah dan furnitur.

Lihat Kemoceng Lainnya

Pakai vacuum cleaner untuk membersihkan area yang sulit dijangkau

seorang wanita sedang membersihkan rumah dengan vacuum cleanershutterstock.com

Alternatif lain menciptakan rumah bersih sehat adalah penggunaan vacuum cleaner, khususnya untuk mengusir debu di sudut rumah. Pasang kardus gulungan tisu di ujung pipa vacuum cleaner dan kerucutkan. Debu pun bisa terhisap dan rumah lebih bersih sehat.

mesin vacuum cleaner warna hitam dan merah

Philips Vacuum Cleaner FC8291-01

Rp899.000

Kasurmu bau? Taburkan bubuk soda kue di kasur beserta beberapa tetes cairan aromaterapi dan diamkan beberapa saat. Sedot menggunakan vacuum cleaner dan kasur kembali bersih sehat.

Lihat Vacuum Cleaner Lainnya

Sapu dan pel lantai dengan cara yang tepat

sapu warna biru

Swash Nylon Broom 10004

Rp60.500

Agar tidak menghabiskan energi saat membuat rumah bersih sehat, ingatlah prinsip yang dibahas di awal. Apabila kamu punya rumah dua lantai, sapu dari lantai teratas dulu.

tongkat pel dan ember warna oranye

Graphix Smart Spin Mop

Rp159.000

Membuat rumah bersih sehat lebih asyik apabila tidak mengeluarkan banyak tenaga. Gunakan alat pel berupa smart mop seperti di gambar karena memudahkan memeras kain pel. Letakkan pel di alat pemeras dan tekan gagangnya, lalu head mop akan berputar sambil memeras kain sehingga tidak terlalu basah.

seorang wanita mengepel lantaishutterstock.com

Buat rumah lebih bersih sehat dengan mengepel dari ruangan yang paling jauh dari pintu utama rumah dan diakhiri dengan yang terdekat. Pel area terujung dengan berjalan mundur ke arah pintu agar area yang sudah dipel tidak terinjak kaki kotormu. Lantai rumah pun kembali bersih sehat.

Lihat Sapu dan Pel Lainnya

Pakai wiper bergagang panjang untuk membersihkan jendela

tongkat wiper warna biru abu-abu

Swash Telescopic Window Wiper 66596

Rp79.900

Saat membuat rumah lebih bersih sehat, khususnya kaca, gunakan wiper bergagang panjang karena bisa membantumu meraih area yang terlalu tinggi. Sabun pembersihnya bisa diganti dengan cuka putih. Jangan khawatir, hasil akhirnya tak kalah kinclong serta bersih sehat dibandingkan dengan sabun pembersih biasa!

seorang wanita sedang membersihkan jendela dengan wipershutterstock.com

Bersihkan kaca dari atas ke bawah. Gerakan atas-bawah-bawah-atas membuat kaca makin buram karena kotoran yang dibawa ke bawah, diangkat ke atas lagi. Sebaiknya, kamu tidak menerapkan cara membersihkan kaca saat siang hari karena panas matahari membuat cairan pembersih cepat kering sehingga harus disemprot ulang.

Lihat Wiper Lainnya di Sini

Campuran soda kue dan cuka jadi alternatif pengganti sabun

bak cuci piring dibersihkan menggunakan sikatshutterstock.com

Tempat mencuci pun perlu bersih sehat, seperti bak cuci piring yang kotor akibat usianya yang lama. Bagaimana cara membersihkan bak cuci?

Tuangkan lima sendok makan soda kue dan satu cangkir cuka putih ke dalam mangkuk. Masukkan saringan bak cuci ke dalam mangkuk dan diamkan selama 15 menit. Sembari menunggu, masukkan satu sendok makan soda kue dan satu cangkir cuka putih ke dalam botol spray. Semprotkan cairan tersebut ke bak cuci piring dan diamkan selama 10 menit.

sikat warna hitam bertongkat

Swash Metal Scouring Brush

Rp59.900

Masih di dalam mangkuk, bersihkan saringan menggunakan dengan sikat gigi dan spons supaya lebih bersih sehat. Untuk area bak, gosok area yang kotor dengan spons.  Gunakan endapan soda kue yang ada di mangkuk saat menggosok untuk hasil yang lebih bersih sehat.

Lihat Sikat & Spons Lainnya

Membersihkan rumah demi lebih bersih sehat memang merepotkan. Bila kamu tahu cara membuat rumah lebih bersih sehat, kamu tidak akan memakan banyak tenaga. Siasati kegiatan ini dengan membagi tugas bersama keluarga tercinta. Membuat rumah bersih sehat juga bisa jadi cara mengisi waktu luang yang produktif bersama keluarga, lho!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse