[Infografik] Tips dan Trik Ampuh untuk Menata Ruang Tamu Tanpa Ribet

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tidak terasa dalam waktu dekat, Lebaran akan tiba dan sanak saudara silih berganti berdatangan mengunjungi hunian. Pastinya kamu ingin para tamu nyaman dan senang menghabiskan waktu bersama. Oleh karena itu, menata ruang tamu wajib kamu lakukan segera!

infografik tips dan trik menata ruang tamu

Demi sesi menata ruang tamu yang lebih efektif, ada baiknya kamu menyingkirkan segala pernak-pernik dekorasi dan barang-barang lain yang tidak diperlukan di ruang tamu. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah tersandung atau tidak sengaja merusak barang saat menata ruang tamu.

1, Warna cat dinding yang segar

Pernahkah terpikir bahwa menata ruang tamu dimulai dari memerhatikan dinding ruang tamu? Kania rasa, tidak banyak dari kita yang sadar bahwa menata ruang tamu tidak sebatas mengatur ulang perabotan saja, cat dinding yang sudah mulai terkelupas pun perlu dirapikan kembali.

Daripada hanya ‘menambal’ dinding dengan cat yang serupa, bagaimana jika sekalian mengganti warna cat dinding sebelum mulai menata ruang tamu? Gunakan warna yang segar, seperti biru atau hijau muda. Tak hanya untuk para tamu, kamu pun akan semakin semangat menata ruang tamu setelah cat dinding kering dan suasana ruangan menjadi lebih nyaman.

2. Area duduk yang nyaman

Sebelum menata ruang tamu, perhatikan kembali tempat duduk seperti kursi atau sofa di ruang tamu. Apakah nanti setelah selesai menata ruang tamu, tempat duduk yang tersedia akan cukup untuk menyambut para tamu yang berdatangan?

Tak hanya memikirkan kenyamanan para tamu, kamu juga harus memilih perabot dengan ukuran sesuai kondisi ruang tamu agar tidak terkesan sumpek. Saat menata ruang tamu, menaruh bantal sofa atau cushion pun jangan berlebihan karena dianggap akan membuat nyaman, cukup tiga saja agar sofa tidak terlihat penuh.

Jika ternyata setelah selesai menata ruang tamu, kamu merasa bahwa tempat duduk masih kurang, tak ada salahnya untuk menambahkan stool atau kursi pendek kecil sebagai tempat duduk tambahan sekaligus dekorasi ruangan agar tidak terlalu kosong.

3. Meja tempat menaruh camilan yang memadai

Lebaran pasti identik dengan kue kering, sehingga camilan tersebut harus tersedia di ruang tamu. Siapkan camilan dalam toples ataupun wadah penyimpanan lainnya yang seragam agar terlihat apik; namun selagi menata ruang tamu, jangan sampai tergoda untuk memakannya!

Meja ruang tamu tergolong sulit untuk dipilih karena perlu memikirkan ukuran yang memadai sebagai tempat menaruh segala kue kering dalam toples setelah selesai menata ruang tamu. Pilihan andalan Kania pastinya adalah coffee table atau meja kopi yang lebih rendah dari meja biasa sehingga cocok untuk disandingkan dengan sofa. Pastikan saat menata ruang tamu, kamu meletakkan meja di dekat tempat duduk, namun sisakan jalur bagi orang untuk berlalu-lalang.

4. Pencahayaan tambahan saat diperlukan

Walaupun ruang tamu pada umumnya terpapar sedikit cahaya matahari dari jendela, tak ada salahnya menambahkan sumber cahaya tambahan agar ruangan tidak terlalu gelap saat sudah sore menjelang malam. Terutama bagi kamu yang mempunyai langit-langit tinggi, saat menata ruang tamu, kamu bisa sekaligus memasang lampu gantung agar dapat lebih menerangi ruangan sekaligus menghangatkan suasana berkumpul bersama sanak saudara tercinta.

5. Kabinet dan penyimpanan agar tetap rapi

Setelah selesai menata ruang tamu dan furnitur yang tersedia, waktunya beralih merapikan segala pernak-pernik yang awalnya disingkirkan dahulu. Jika kamu ingin memajang dekorasi atau barang-barang koleksi, coba pilih rak display atau kabinet yang sesuai dengan keperluanmu.

Jangan sampai menata ruang tamu malah berakhir dengan kondisi ruang yang berantakan hanya karena ingin memajang pernak-pernik, namun ternyata tidak cukup tempat untuk menaruhnya.

6. Bersih-bersih terakhir

Menata ruang tamu tak akan lengkap tanpa membersihkan sisa-sisa debu dan kotoran. Tak hanya sapu dan pel, ada baiknya kamu berinvestasi dengan membeli vacuum cleaner agar dapat membersihkan ruang secara lebih menyeluruh.

Agar kamu lebih mudah menata ruang tamu, simpan peralatan bersih-bersih rumah di area yang mudah dijangkau seperti di dalam lemari.

Setelah menghabiskan waktu menata ruang tamu, pasti sekarang ruang tamu siap untuk dikunjungi oleh sanak saudara. Tak hanya untuk merayakan Lebaran, Kania sarankan kamu untuk menyimpan tips dan trik ampuh ini agar sesi menata ruang tamu dapat selalu berakhir dengan ruangan nyaman dan bikin betah.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse