Demi Posisi Tidur yang Baik, Ketahui Cara Memilih Kasur yang Tepat!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Menemukan posisi tidur yang baik sangat penting untuk mendapatkan kualitas tidur yang optimal. Namun, pernahkah kamu terpikir bahwa kasur yang nyaman sangat memengaruhi posisi tidur yang baik?

Sebelum memilih kasur yang nyaman, ketahui dahulu posisi tidur yang baik.

Mengetahui posisi tidur yang baik

posisi tidur yang baik pada bayi dengan tangan terbuka lebarshutterstock.com

Demi kualitas tidur yang optimal, posisi tidur yang baik perlu kamu pertahankan. Mungkin alasan kamu susah tidur selama ini ialah tidak menerapkan posisi tidur yang baik.

Jika kamu suka tidur telentang, buka kaki dan tangan melebar ke samping seperti membentuk bintang laut. Tak hanya untuk bayi, ternyata menerapkan posisi tidur yang baik ini memberikan sokongan kepada tulang belakang serta mencegah kamu berganti posisi saat tertidur.

posisi tidur yang baik seperti posisi savasana yogashutterstock.com

Namun untuk kamu yang memiliki masalah sleep apnea, mendengkur, dan  asam lambung, hindari posisi tidur seperti ini. Tidurlah telentang dengan posisi tangan dan kaki yang lebih rapat seperti posisi yoga yang bernama savasana di atas.

Terinspirasi dari posisi yoga tersebut, bantal untuk menopang kepala tidak boleh terlalu tebal agar tulang belakang dari kepala hingga ekor dapat sejajar. Posisi tidur yang baik ini juga pasti akan membuat kamu tidur dengan nyenyak tanpa perlu mengkhawatirkan bisa salah tidur.

Kenali juga posisi tidur yang tidak baik

perempuan tidur tengkurap pada kasur putihshutterstock.com

Tahukah kamu bahwa tidur tengkurap bukan salah satu posisi tidur yang baik? Meskipun nyaman, tidur tengkurap akan menekan tulang sehingga sirkulasi pernapasan menjadi buruk.

Sama buruknya, tidur dengan posisi kepala yang terlalu tinggi karena bantal yang terlalu tebal akan menyebabkan hyperflexion atau leher yang tertarik. Alasan terbesar kenapa posisi ini tidak dianggap posisi tidur yang baik adalah tubuh akan kekurangan asupan oksigen sehingga terancam gangguan kesehatan seperti asma, sleep apnea, hingga penyakit kardiovaskular.

Mengangkat salah satu kaki saat tidur juga bukan posisi tidur yang baik. Tak hanya mambuat istirahat menjadi tidak nyaman, tulang belakang pun akan terkena dampak negatif.

Memilih material kasur

pria dan perempuan memegang kasur atau matras di tokoshopmattressmart.com

Setiap orang tentu memiliki kebiasaan tidur yang berbeda. Material kasur ternyata berpengaruh terhadap mempertahankan posisi tidur yang baik. Berbeda kebiasaan tidur, kasur pun harus berbeda demi posisi tidur yang baik untuk kesehatan.

Jenis kasur busa paling pas digunakan jika kamu suka tidur tengkurap. Selain harganya yang lebih terjangkau, kasur busa akan beradaptasi dengan tubuh pengguna saat dia tidur. Walaupun tidur tengkurap tidak termasuk posisi tidur yang baik, kasur busa akan membantu untuk mengurangi efek negatif dari posisi tidur tersebut.

kasur lateks ditumpuk pada tempat tidur kayushutterstock.com

Kini mulai dikenal, jenis kasur latex di atas mampu memperbaiki kontur tubuh dan menopang posisi tidur yang baik. Tak hanya lentur dan sejuk saat digunakan, kamu pun akan tidur dengan tenang jika kamu tipe orang yang tidak banyak bergerak saat tidur.

Sementara itu, spring bed merupakan jenis kasur yang paling umum digunakan dengan ciri khas berupa pegas spiral yang berada di dalam lapisannya. Ia pun cocok untuk menopang kamu yang tidur telentang, salah satu posisi tidur yang baik.

Sesuaikan ketebalan dan keempukan kasur dengan berat badan

pria memegang kasur dan melihat ketebalan kasurexpertreviews.co.uk

Setiap kasur memiliki ketebalan dan keempukan yang berbeda sehingga memengaruhi posisi tidur yang baik pula. Untuk mempertahankan posisi tidur yang baik, kamu harus menyesuaikan ketebalan dan keempukan kasur agar sesuai dengan berat badan untuk mendapatkan topangan terbaik saat tidur.

Bagi kamu yang tergolong ringan, pilih kasur dengan ketebalan dan keempukan yang sedang. Sementara itu, bagi kamu yang tergolong berat, pilih kasur dengan ketebalan ekstra dan keempukan yang lebih keras agar dapat menopang tubuh. Demi posisi tidur yang baik bagi kesehatan, pastinya kamu ingin memilih kasur yang dapat menopang badanmu dengan baik, bukan?

Tunjang dengan perlengkapan tidur fungsional

dua ranjang dalam kamar tidur warna pastelshutterstock.com

Jangan remehkan betapa pentingnya perlengkapan kamar tidur seperti bantal, guling, sprei, hingga selimut! Saat kamu sudah mempunyai posisi tidur yang baik tapi tubuh terasa tidak nyaman saat tidur, menggunakan berbagai perlengkapan tidur ini akan memberikan topangan tambahan yang empuk dan nyaman agar istirahat kamu semakin maksimal.

Dengan memperbaiki posisi tidur dan memilih desain kasur yang tepat untuk menunjang posisi tidur yang baik, kini kamu bisa mendapatkan kualitas istirahat yang baik serta mampu meningkatkan performa dalam beraktivitas di siang hari!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse