Dekorasi Bunga Kertas untuk Perayaan Imlek Berkelas

Posted by Kania Dekoruma on January 9, 2017

Di akhir tahun 2016 lalu, kita disibukkan dengan berbagai acara mulai dari perayaan Hari Ibu, Natal sampai Tahun Baru. Nah, tahun 2017 ini juga nggak kalah seru loh dengan berbagai perayaan. Mulai dari Imlek sampai Hari Valentine, Kania sudah nggak sabar untuk merayakan berbagai acara seru di awal tahun ini, hihi.

Biasanya yang bikin tambah semangat dan terasa perayaannya sih karena adanya unsur dekorasi di rumah Kania. Untuk menciptakan perayaan yang mengesankan, tentunya kamu perlu mempersiapkan beberapa hal. Tapi bukan berarti kamu harus melakukan sesuatu yang merepotkan loh.

 

DIY Bunga Peoni Kertas 19.jpg

 

Untuk urusan dekorasi, Kania sendiri selalu membuat sesuatu yang simpel. Seringnya sih Kania membeli atau membuatnya sendiri dengan inspirasi DIY ini. Kehadiran dekorasi ini berguna untuk menciptakan atmosfer yang penuh dengan selebrasi di rumah.

Nah, dalam rangka Tahun Baru Imlek ini, Kania berencana untuk membuat sebuah DIY yang simpel tapi impactful. DIY tersebut tak lain dan tak bukan adalah bunga kertas berbentuk peoni.

 

Bahan:

DIY Bunga Peoni Kertas 01.jpg

  • Kertas warna-warni ukuran A4
  • Template bunga peoni (dapat diunduh di sini)
  • Gunting
  • Lem kertas
  • Lem tembak
  • Double tape
  • Pensil atau pulpen

 

KKJ-69.jpgTSS-32.jpgDTS-9.jpg

Kokoji Florist Carnation RedThe Storage Shoppe Ribbon Board Red | DT Shop Gunting 5 Lapis

 

Cara Pembuatan:

1. Cetak template bunga peoni tersebut ke kertas yang agak tebal kemudian gunting sesuai dengan garis atau outline.

DIY Bunga Peoni Kertas 02.jpg

2. Lipat kertas berwarnamu supaya terbagi menjadi 4 sisi yang sama besar menyesuaikan dengan lebar kertas seperti gambar di bawah ini.

DIY Bunga Peoni Kertas 03.jpg

3. Dengan menggunakan template kelopak ukuran sedang, tandai kertas yang sudah kamu lipat tadi. Kemudian gunting sesuai dengan bentuk kelopak tersebut.

DIY Bunga Peoni Kertas 05.jpg

4. Gunting sekitar 2 cm di tengah kelopak bagian bawah.

DIY Bunga Peoni Kertas 06.jpg

DIY Bunga Peoni Kertas 07.jpg

5. Lem bagian bawah kelopak. Setelah itu, tempelkan kelopak di dasar bunga dengan posisi seperti gambar di bawah ini.

DIY Bunga Peoni Kertas 08.jpg

DIY Bunga Peoni Kertas 09.jpg

6. Tambahkan kelopak secara asimetris sampai kamu menyelesaikan lapisan pertama. Setelah itu tambahkan lagi lapisan berikutnya sampai dasar bunga terpenuhi dengan kelopak. Akan lebih cantik kalau kamu menyusunnya dengan asimetris ketimbang berderetan.

DIY Bunga Peoni Kertas 10.jpg

DIY Bunga Peoni Kertas 11.jpg

DIY Bunga Peoni Kertas 12.jpg

7. Untuk membuat putik bunga, ambil kertas dengan warna lain lalu lipat menjadi 4 sisi sama besar menyesuaikan dengan panjang kertas.

DIY Bunga Peoni Kertas 13.jpg

8. Gunting salah satu bagian kemudian lipat menjadi dua.

DIY Bunga Peoni Kertas 14.jpg

9. Gunting dengan garis-garis tipis kurang lebih 5 mm di bagian yang terkena lipatan. Gulung kertas tersebut dan lem di ujung kertas. Setelah itu kamu bisa melebarkan rumbai-rumbai kertasnya.

DIY Bunga Peoni Kertas 15.jpg

DIY Bunga Peoni Kertas 16.jpg

DIY Bunga Peoni Kertas 17.jpg

10. Terakhir, tempelkan putik bunga tersebut ke bagian tengah dasar bunga dengan menggunakan lem tembak.

DIY Bunga Peoni Kertas 18.jpg

Ta-da! Tidak sulit bukan? Untuk membuatnya dengan ukuran yang berbeda, kamu cukup menyesuaikan ukuran kertasnya dengan template bunga peoni yang sudah ada.

Selain sebagai dekorasi Imlek, kamu bisa menggunakannya untuk acara lain juga loh. Kalau di sini, Kania sengaja memilih warna merah dan kuning tua supaya cocok dengan nuansa Imlek. Tapi kamu juga bisa menyesuaikan warna bunganya dengan warna tema acara kamu. Contohnya warna pastel untuk ulang tahun anak perempuan atau warna hitam putih untuk kesan yang lebih elegan.

 

DIY Bunga Peoni Kertas 20.jpg

 

Itu dia kreasi DIY yang bisa kamu coba di permulaan tahun ini. Kamu bisa cek ide DIY lain di sini atau kamu juga bisa menengok kembali beberapa kreasi #TERBAIK2016 pilihan Kania yang bisa kamu baca di sini.

 

Selamat berkreasi!

 

Sumber dari Bride and Breakfast