Berkarakter Kuat, Intip 5 Aplikasi Warna Primer untuk Interior Hunian

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Memilih warna untuk menghias interior seringkali menjadi hal yang cukup membingungkan bagi kaum awam. Pada akhirnya, mayoritas akan memilih warna netral seperti putih, hitam, dan krem. Kalau mau bermain aman, tentu tidak menjadi masalah. Tapi kalau kamu ingin bereksperimen lebih jauh, mengapa tidak mengaplikasikan warna primer untuk interior?

Warna primer merupakan warna asli yang didapatkan tanpa perlu mencampurnya dengan warna lain. Warna primer—merah, kuning, dan biru—bisa dipadukan dengan warna lain seperti ungu dan hijau untuk menghasilkan tampilan interior yang menawan tanpa perlu khawatir terlalu mencolok.

warna primer dalam color wheel yang ditunjuk desainershutterstock.com

Pemilihan warna untuk dipadukan dengan warna primer pun tidak boleh asal-asalan. Contek color wheel dan pilih warna yang berseberangan dengan warna primer yang dipilih untuk menghasilkan perpaduan yang tepat dan kontras. Berikut adalah beberapa inspirasi yang patut kamu contoh untuk interior hunian.

Pesona merah dan hijau untuk interior klasik modern

warna primer merah pada dinding dan hijau pudar pada pintu dan furniturpinterest.com

Siapa sangka kalau aplikasi warna primer pada dinding akan terlihat cantik seperti ini? Warna merah dijadikan warna dasar dari wallpaper dinding yang bermotif wajik bergaris putih, dipadukan dengan warna hijau pudar pada furnitur dan daun pintu.

Dekorasi pun tidak perlu berlebihan, cukup dengan vas bunga dekoratif dan cermin dinding sudah memadai untuk dijadikan pemanis ruangan.

Keceriaan kuning dan ungu untuk interior modern minimalis

kamar tidur dengan warna primer kuning pada kasur dan penyimpanan dipadukan dengan ungu pada karpetpinterest.ca

Kuning, sebagai salah satu warna primer, seringkali dihindari pada saat menentukan skema warna pada interior karena sifatnya yang terlalu cerah. Alih-alih berkarakter, aplikasi warna primer ini malah akan membuat interior terlihat norak.

Namun, jika kamu menyukai warna kuning dan ingin mengaplikasikannya pada hunian, pilih tone warna kuning yang muda dan coba padukan dengan warna ungu. Aplikasikan warna primer tersebut pada beberapa furnitur dengan diselingi warna ungu agar lebih bervariatif. Biarkan dinding polos menggunakan cat warna putih agar kedua warna ini dapat terlihat serasi saat melihat ruangan secara keseluruhan.

Tampilan dewasa dengan paduan biru, kuning, dan abu-abu

warna primer kuning pada gorden dan biru pada sofa di ruang tamucroatianwine.org

Selain cocok diaplikasikan dengan warna sekunder, ternyata warna primer juga bisa dipadukan dengan warna primer lainnya. Seperti inspirasi di atas, warna biru pada furnitur seperti sofa dipadukan dengan warna kuning pada gorden, dengan aksen warna abu-abu untuk menetralkan kedua warna primer ini.

Gorden atau tirai tebal berwarna kuning dibiarkan menjuntai akan terlihat cantik saat terpapar sinar matahari. Biru dijadikan warna primer pilihan untuk sofa berbahan velvet atau kulit akan menciptakan kesan mewah. Sementara itu, armchair dan coffee table berwarna abu-abu akan menciptakan kesan yang modern.

Kemewahan merah dan emas

ruang keluarga dengan warna primer merah pada furnitur dan dinding dengan aksen emaspinterest.com

Identik dengan ornamen dan ukiran mewah, gaya interior Victorian sangat cocok diaplikasikan pada hunian yang luas. Untuk karakter yang lebih kuat dan berani, coba aplikasikan warna merah sebagai warna primer ruangan, dipadukan dengan aksen emas. Sebagai warna dominan, warna primer ini siap memberikan kemewahan khas era Victoria yang identik dengan keluarga kerajaan.

Biru menenangkan pada interior Skandinavia

warna biru sebagai warna primer pada kamar tidur skandinaviapinterest.com

Berbicara mengenai gaya interior Skandinavia, pasti akan terbayang ruangan yang didominasi oleh warna netral ataupun ruangan serba putih dengan elemen natural seperti lantai kayu dan tanaman hias dalam pot. Walaupun prinsip desain Skandinavia memang mengutamakan warna netral atau warna alam, tak ada salahnya untuk memadukan warna primer seperti warna biru yang menenangkan sebagai focal point dari ruangan.

Tak perlu memilih warna yang mencolok, warna primer ini dapat hadir dalam kamar tidur melalui shade pastel atau muda yang pastinya akan menenangkan saat waktu tidur tiba. Sebagai warna air ataupun langit, warna biru pada perlengkapan kamar tidur pastinya akan tetap serasi dengan kamar tidur berdesain Skandinavia.

Setelah melihat kelima inspirasi ruangan dengan aplikasi warna primer, apakah kamu tertarik untuk mengaplikasikan warna primer pada hunianmu? Jika kamu bingung untuk menentukan warna primer, tak ada salahnya berkonsultasi dengan jasa desain interior agar dapat memilih paduan warna yang sesuai untuk tampilan hunian idaman.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse