[Infografik] Jadi Tuan Rumah? Siapa Takut dengan Kiat Cepat Rumah Rapi Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Menjadi tuan rumah saat kumpul-kumpul bersama keluarga ataupun kerabat pasti mengasyikkan, terutama jika sudah lama tak bertemu. Namun, biasanya kamu mungkin enggan menjadi tuan rumah karena terpikirkan rumah kotor setelah acara selesai, padahal sudah susah-payah meluangkan waktu untuk membuat rumah menjadi rapi dan bersih.

Membersihkan rumah secara menyeluruh tidak perlu repot, walaupun menjamu banyak tamu yang berkunjung saat open house. Bagi kamu yang sibuk atau ingin rumah terlihat rapi tanpa perlu ribet, wajib banget kamu ikuti dan simpan infografik di bawah ini!

 

infografik rumah rapi cepat

Tak perlu menghabiskan seharian penuh untuk bersih-bersih rumah agar menjadi rapi, kamu hanya perlu meluangkan satu setengah jam demi rumah yang terlihat rapi dan bersih setelah acara besar. Kania sarankan untuk membersihkan rumah pada pagi hari agar kamu bisa melanjutkan aktivitas kamu ataupun beristirahat dengan nyaman, menatap ruangan rapi yang baru saja kamu bersihkan.

Dapur Bersih, Keluarga pun Sehat

Menjamu tamu pastinya akan berakhir dengan tumpukan peralatan makan yang kotor dan pastinya terlihat tidak rapi. Pertama-tama, rendam semua peralatan makan tersebut dalam air hangat untuk mengangkat noda membandel. Lalu, mulai cuci dari yang paling besar hingga kecil untuk mempermudah penataan di wadah pengeringan cucian.

Setelah selesai mencuci piring, gunakan lap untuk membersihkan permukaan meja dan kabinet dapur. Jangan lupa untuk menyediakan lap kering di dapur untuk membantu sesi bersih-bersih setelah dapur telah rapi!

Terakhir, atur kembali isi kulkas yang penuh dengan bahan makanan ataupun sisa makanan agar terlihat rapi. Hal ini juga membantu kamu untuk melacak apakah makanan sudah mulai basi dan perlu dibuang.

Higienis dan Rapi demi Kamar Mandi Apik

Kamar mandi tentu harus bersih agar tidak menjadi sarang kuman yang membahayakan kesehatan keluarga. Pertama-tama, perhatikan kondisi keset kamar mandi. Lebih baik keset dicuci dan diganti setelah selesai open house. Pastikan kamu punya setidaknya dua keset agar selalu tersedia saat satu sedang dicuci.

Lap area wastafel, meja, dan cermin agar terlihat bersih dan rapi tanpa bercak air. Jika ada waktu luang, tak ada salahnya membersihkan WC juga. Terakhir, sikat lantai kamar mandi supaya tidak licin. Kamu juga bisa melakukannya setiap hari untuk menghindari bahaya tergelincir.

Tampilan Rapi, Siap untuk Beraktivitas Kembali

Tak mungkin terlupakan, ruang tengah atau ruang tamu tempat berkumpul perlu disulap menjadi rapi dan bersih kembali agar keluarga bisa beraktivitas kembali dengan nyaman. Pertama-tama, buang sampah bekas acara dari tempat sampah supaya bau tidak sedap cepat hilang.

Lalu, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan permukaan sofa dan karpet. Lap setiap permukaan seperti meja, rak TV, serta peralatan elektronik agar menjadi rapi dan bersih dari debu.

Jangan lupa untuk mengganti sarung bantal pada sofa dan lekas mencucinya. Agar rumah akhirnya tampil rapi dan bersih sehat, sapu dan pel lantai ruangan untuk membersihkan debu dan kotoran di lantai.

Tidak sulit, bukan, untuk menjadikan rumah terlihat rapi dan bersih kembali? Pastinya akan lebih mudah dan cepat jika anggota keluarga yang lain ikut membantu membersihkan rumah setelah menjadi tuan rumah bersama. Ayo, ajak mereka untuk ikut berkontribusi demi rumah kembali rapi dan bersih tanpa perlu mengorbankan banyak tenaga dan waktu.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse