Ketahui 7 Cara Mengusir Lalat di Rumah, Ampuh Tanpa Ribet!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kedatangan lalat di rumah merupakan pertanda rumah kotor. Selain sangat mengganggu, lalat yang berkeliaran membuat rumah tampak tak terawat. Lebih parah lagi, lalat pun bisa mendistribusikan kuman saat hinggap di makanan, minuman ataupun peralatan rumah tangga lainnya sehingga menjadi sumber penyakit. Mencari cara mengusir lalat pun perlu dilakukan demi menjaga kesehatan keluarga.

Selain membersihkan rumah agar tetap terawat dan tidak mengundang lalat, Kania akan membagikan tujuh cara mengusir lalat di rumah yang bisa kamu lakukan secara sederhana. Tanpa perlu ribet, kamu bisa memanfaatkan bahan alami yang mudah ditemukan di rumah atau di pasaran sebagai cara mengusir lalat yang ampuh.

Cara Mengusir Lalat dengan Daun Pandan

daun pandan dipotong menjadi kecilshutterstock.com

Selain dimanfaatkan untuk memasak, daun pandan juga bisa digunakan sebagai cara mengusir lalat yang ampuh. Daun berwarna hijau, berbentuk panjang ini ternyata mempunyai aroma yang dibenci oleh lalat. Adapun, kamu bisa menyiapkan beberapa helai daun pandan, mengirisnya hingga halus, menyimpannya di wadah seperti mangkuk atau piring, kemudian simpan di tempat yang banyak dihinggapi lalat.

Cara Mengusir Lalat dengan Cengkeh

kumpulan cengkeh di atas sendok kayushutterstock.com

Memiliki bau khas yang sangat tajam, aroma cengkeh juga sangat tidak disukai oleh lalat. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan cengkeh sebagai cara mengusir lalat dengan merendam beberapa biji cengkeh pada air, lalu simpan rendaman tersebut di tempat yang banyak dihinggapi lalat.

Cara Mengusir Lalat dengan Bunga Lavender

bunga lavender kering dan segar di mangkuk dan sekop kayushutterstock.com

Selain ampuh untuk mengusir nyamuk, bunga lavender juga bisa dipakai sebagai cara mengusir lalat. Adapun, caranya sangatlah sederhana, di mana kamu cukup menempatkan beberapa tangkai bunga lavender ke dalam pot dan menyimpannya di sudut rumah yang banyak dihinggapi lalat. Dijamin, cara mengusir lalat ini ampuh dan sekaligus mempercantik tampilan rumahmu!

Cara Mengusir Lalat dengan Cuka Apel

buah apel di samping pitcher dan mangkuk berisi cuka apelhealthline.com

Ampuh bagi kesehatan, cara mengusir lalat yang simpel ialah memanfaatkan cuka apel sebagai umpan. Siapkan botol bekas air mineral, gunting bagian tengahnya dan tuang cuka apel hingga separuh botol. Setelah itu, tutup botol mengunakan kertas yang telah dilubangi dan bisa dimasuki lalat. Secara efektif, cuka apel tersebut akan mengundang lalat untuk masuk ke dalam botol dan membuat lalat tersebut terendam di dalam cuka apel.

Cara Mengusir Lalat dengan Lilin

lilin menyala di atas nampan dan dalam toplesdekoruma.com

Cara mengusir lalat menggunakan lilin kerap dilakukan oleh rumah makan ataupun restoran karena panas dari lilin sangat ampuh mengusir lalat agar tak hinggap ke dalam makanan. Maka dari itu, kamu dapat menyalakan lilin di atas meja makan saat menyantap hidangan di rumah. Namun, selalu berhati-hatilah saat menggunakan lilin dengan tidak menyimpannya secara berdekatan dengan benda yang mudah terbakar.

Cara Mengusir Lalat dengan Garam

tumpahan garam di meja kayuscienceblog.com

Tak mungkin kamu tidak menyediakan garam di rumah. Tahukah kamu bahwa garam bisa digunakan sebagai salah satu cara mengusir lalat? Tinggal taburkan di area yang sering dihinggapi lalat, seperti area memasak di dapur, sekitar rak dapur ataupun di sekitar tempat sampah. Tak hanya ampuh mengusir lalat, garam juga bisa mengusir semut, lho!

Cara Mengusir Lalat dengan Semprotan Bumbu Dapur

cara mengusir lalat dengan menyemprot cairan dari botolvideoblock.com

Cara mengusir lalat terakhir adalah memanfaatkan campuran bumbu dapur seperti kayu manis, bubuk cabai, bawang putih dan air. Haluskan semua bumbu dapur tersebut menggunakan blender, tuang air dan aduk hingga rata. Saring campuran air untuk menghilangkan sisa bahan yang dihaluskan, lalu masukkan ke dalam botol semprotan. Setelah itu, kamu cukup menyemprotkan cairan ini untuk mengusir lalat yang hinggap ke makanan.

Selain mencoba cara mengusir lalat di atas, tentu saja kamu harus menjaga kebersihan di rumah secara rutin. Cara mengusir lalat terbaik adalah dengan tidak mengundang lalat ke rumah. Pastikan, kamu selalu menutup tong sampah, membersihkan saluran air, serta menyimpan bahan makanan dalam kotak makanan agar tidak mengundang lalat. Selamat mencoba!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse