Keharuman Semerbak, Ikuti Cara Membuat Potpourri Mudah di Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Wangi-wangian akan membuat seseorang merasa lebih rileks, baik pada saat bekerja atau bersantai. Sumber wangi-wangian bisa berupa pengharum buatan dan juga bahan-bahan alami. Untuk kamu yang menyukai bahan alami, potpourri adalah salah satu jenis pewangi ruangan yang patut dimiliki.

Potpourri ini dibuat menggunakan macam-macam bunga, buah, dan rempah-rempah yang sudah dikeringkan kemudian diletakkan pada wadah khusus. Keharumannya begitu semerbak dan tampilannya cukup estetik sehingga bisa digunakan untuk mempercantik ruangan.

Walaupun sudah mudah ditemukan di pasaran, tak ada salahnya membuat potpourri sendiri di rumah agar mendapatkan wangi yang paling pas dengan selera. Cara membuat potpourri pun sangat mudah, ikuti saja langkah-langkah berikut ini.

1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan

irisan jeruk, bunga cengkih, dan gulungan kayu manis untuk potpourripixabay.com

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahan dasar potpourri adalah bunga, buah, dan rempah-rempah kering. Sebelum melanjutkan proyek DIY ini, ada baiknya kamu pikirkan wangi apa yang sesuai dengan selera agar tidak menyia-nyiakan bahan.

Kombinasi wangi yang umumnya digunakan untuk potpourri ialah mawar dengan lemon, atau kayu manis dan melati. Jika ingin lebih wangi, siapkan minyak aromaterapi dengan wangi yang serasi dengan aroma bahan-bahan yang dipilih.

kelompak bunga mawar pink kering untuk potpourrishutterstock.com

Pilihan bunga, buah, dan rempah-rempah kering untuk potpourri memang memiliki banyak variasi. Tapi, jenis bunga, buah dan rempah-rempah yang sering digunakan adalah mawar, lavender, melati, pinus, jeruk, lemon, kayu manis, cengkih, dan biji kopi.

Untuk bunga, kamu bisa menggunakan bunga utuh tanpa tangkai atau kelopak-kelopaknya saja. Sedangkan untuk buah-buahan, kamu bisa menggunakan bagian kulitnya yang memiliki wangi cukup kuat. Walaupun daging buah bisa digunakan, pastikan sudah diiris tipis-tipis supaya lebih cepat mengering daripada membusuk dalam potpourri.

2. Menyiapkan wadah yang tepat

potpourri dalam mangkuk putih berisi bunga pink dan kuningshutterstock.com

Selanjutnya, kamu perlu menyiapkan wadah untuk meletakkan potpourri seperti keranjang, toples, mangkuk, atau kantong kain yang memiliki lubang-lubang kecil supaya aromanya bisa menyebar ke seluruh ruangan. Jika kamu ingin menggunakan toples atau mangkuk, sebaiknya pilih yang terbuat dari kaca atau keramik supaya wanginya terjaga.

Pemilihan bentuk dan motif dari wadah potpourri juga perlu diperhatikan supaya tampilannya juga cantik, tak hanya wangi saja. Hindari penggunaan wadah plastik karena aroma plastik sulit dihilangkan.

3. Mengeringkan bahan-bahan untuk potpourri

irisan jeruk kayu manis pinus dan cengkih dikeringkan untuk potpourri di atas kayupixabay.com

Untuk mengeringkan bahan-bahan potpourri, kamu tidak boleh melakukannya sembarangan. Banyak orang yang mengeringkan langsung di bawah sinar matahari seperti menjemur pakaian dengan pemikiran supaya lebih cepat kering. Cara yang satu ini kurang tepat karena akan membuat aroma alami dari bahan-bahan tersebut mudah hilang.

Sebaiknya keringkanlah bahan potpourri di dalam ruangan dengan alas nampan dan pastikan bahan-bahan tersebut tidak saling menumpuk. Meski membutuhkan waktu lama hingga benar-benar mengering, aromanya akan tetap terjaga.

4. Menata isian potpourri dalam wadah

potpourri dalam piring kayu dengan bunga kering pinketsy.com

Apabila bahan-bahan sudah mengering dengan sempurna, inilah saatnya untuk memindahkannya ke dalam wadah. Susun dengan rapi sesuai warna atau jenis bahan supaya terlihat lebih menarik dari kejauhan.

5. Meneteskan minyak aromaterapi dalam potpourri

botol minyak atsiri atau aromaterapi di tengah bunga potpourrishutterstock.com

Aroma bahan-bahan yang sudah dikeringkan biasanya tidak terlalu kuat untuk menciptakan keharuman yang semerbak ke seluruh ruangan. Oleh karena itu, kamu membutuhkan bantuan minyak atsiri. Setelah potpourri sudah diletakkan pada wadahnya, teteskan minyak atsiri atau aromaterapi dengan wangi yang sesuai di atasnya.

Campuran wangi minyak atsiri dan bahan-bahan alami dalam potpourri akan terjaga lebih lama dan menjadi semakin kuat. Teteskan kembali minyak aromaterapi setelah beberapa hari jika diperlukan.

Mudah, bukan, untuk mengikuti cara membuat potpourri ini? Letakkan di atas meja kopi atau coffee table, sudut kamar mandi, kamar tidur, dalam mobil, ataupun lemari agar keharuman dapat tercium di seluruh penjuru hunian. Kamu pun bisa menghadiahkan potpourri kepada sanak saudara dan orang tersayang, dijamin pasti akan sangat berkesan.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse