Cegah Sebelum Terjadi, Siasati 7 Penyebab Kebakaran di Rumah Berikut

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Api adalah insiden yang tidak bisa diprediksi, menyebar dalam hitungan detik dan rumah serta kehidupan para penghuninya luluh lantak seketika. Apapun skala kebakaran yang terjadi ataupun jaminan asuransi properti, tetap ada baiknya kita lebih mawas diri terhadap penyebab kebakaran yang umum terjadi.

Saat di rumah, mengetahui berbagai penyebab kebakaran di setiap ruangan akan membantu para penghuni mencegah kebakaran sebelum terjadi. Selain mengetahui lebih dalam mengenai setiap potensi penyebab kebakaran, pelajari juga siasat terbaik untuk mengatasi jika kebakaran terjadi.

1. Dapur—Potensi Penyebab Kebakaran Terbesar

penyebab kebakaran di dapur rumah di kitchen set atasrestorationmasterfinder.com

Penyebab kebakaran yang bersumber dari dapur adalah salah satu jenis yang paling umum dalam insiden api. Hal ini dikarenakan adanya bahan seperti minyak yang sangat mudah terbakar dan sulit dipadamkan. Ada baiknya untuk tidak pernah lengah saat memasak seperti meninggalkan dapur jika sedang memasak.

Pengalaman juga menunjukkan kecerobohan atau kelalaian kecil seperti inilah yang menjadi penyebab kebakaran paling sering. Saat sumber api ditemukan, biasanya sudah terlambat untuk dipadamkan. Jadi siasat terbaik adalah dengan tetap menyelesaikan masakan sebelum meninggalkan dapur dan juga bersihkan peralatan dapur untuk memasak secara maksimal, supaya tidak tertinggal minyak yang lengket dari waktu ke waktu.

2. Rokok

penyebab kebakaran di rokok yang masih menyalarogersgray.com

Untuk perokok, efek negatif selalu mengintai baik dari segi kesehatan hingga penyebab kebakaran di rumah tangga. Merokok di dalam rumah adalah salah satu risiko penyebab kebakaran yang cukup signifikan dengan potensi penyebaran yang cepat. Hanya butuh sisa api sedikit di asbak atau puntung rokok untuk menyulut api yang marak.

Siasat terbaik dalam mencegah penyebab kebakaran satu ini adalah dengan mematikan rokok dan membuang secara benar di tempat sampah, bila perlu diikuti dengan percikan air. Hindari merokok di dalam rumah setiap saat.

3. Lilin

penyebab kebakaran dari lilin menyala dalam wadah kacadekoruma.com

Persentase menggunakan lilin memang sudah lebih berkurang seiring adaptasi dengan zaman modern. Tetapi, bukan berarti kalian boleh sepele dengan penggunaannya untuk dekorasi meja atau sebagai lilin aromaterapi. Hanya dibutuhkan satu lilin yang terjatuh untuk menjadi penyebab kebakaran di dalam rumah.

Hindari bahaya lilin sebagai penyebab kebakaran dengan membatasi penggunaan dan selalu mengawasi saat lilin menyala. Jangan meninggalkan ruang atau tertidur dengan lilin dalam kondisi menyala.

4. Perangkat elektronik

penyebeb kebakaran di steker meleleh dalam stopkontakbrigselectrical.com.au

Penyebab kebakaran yang berkaitan dengan kelebihan kapasitas atau kerusakan kabel dan perangkat elektronik sudah bukan hal baru lagi dewasa ini. Ini sebabnya kalian perlu menyiasati penyebab kebakaran ini dengan mengikuti petunjuk pemakaian elektronik secara benar dengan kapasitas listrik yang sesuai, memeriksa kondisi kabel dan perangkat itu sendiri, serta melakukan perawatan terhadap benda elektronik secara berkala.

5. Instalasi kabel internal

penyebab kebakaran di kabel listrik terbakarshutterstock.com

Masih berkaitan dengan fungsi perkakas eletronik, rumah dengan instalasi kabel yang tidak baik berpotensi menjadi penyebab kebakaran setiap saat. Beberapa ciri- ciri rumah dengan instalasi kabel yang kurang baik adalah aliran listrik yang tidak lancar, kapasitas yang tidak sesuai pemasangan, sering korsleting dan sebagainya. Tips terbaik untuk mengatasi penyebab kebakaran ini adalah dengan meminta jasa teknisi profesional untuk memeriksa kembali instalasi listrik di rumah.

6. Produk kimia rumah tangga

tumpukan produk pembersih kimia dalam keranjang penyimpanan di rakshutterstock.com

Penyebab kebakaran dari bahan-bahan rumah tangga yang berbahan dasar kimia tidaklah sejarang yang kalian pikir. Tumpukan oli, produk pembersih, dan cairan yang rentan api sering terbakar atau meledak akibat suhu, reaksi alami ataupun area penyimpanan yang tidak benar.

Untuk mengatasi penyebab kebakaran ini, pastikan semua cairan kimia di rumah sudah disimpan secara rapi dan di wadah penyimpanan yang ideal. Jangan meninggalkan bahan kain di produk-produk ini dan jaga suhu ruangan stabil di ruang penyimpanan.

7. Anak-anak

penyebab kebakaran anak memegang korek api dengan api menyalascarymommy.com

Rasa ingin tahu adalah hal yang wajar bagi anak-anak, tetapi apa jadinya bila menjadi penyebab kebakaran yang berbahaya. Selain menyimpan seluruh benda-benda seperti lilin, korek api dan sebagainya dari jangkauan mereka, ajarkan juga kepada buah hati tercinta agar tidak pernah bermain dengan api dalam kondisi apapun juga. Dengan demikian, anak tidak akan jadi penyebab kebakaran yang tidak diinginkan.

Setelah mengetahui ketujuh penyebab kebakaran berikut, pastikan bahwa kamu sudah menjalankan segala siasat yang telah Kania bagikan agar rumah dan semua penghuninya aman.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse