Pilih Mesin Cuci yang Tepat dengan 6 Tips Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Pada zaman modern ini, mencuci pakaian pasti memerlukan mesin cuci. Namun, variasi model, jenis, dan ukurannya di pasaran pasti membuat kamu bingung harus memilih yang mana.

Banyak hal yang wajib dipertimbangkan sebelum membeli mesin cuci, karena perangkat elektronik rumah tangga satu ini cenderung mahal. Idealnya, mesin cuci yang dibeli harus sesuai kebutuhan, budget dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Daripada salah membeli dan menyesal, ikuti enam tips berikut agar dapat membeli mesin cuci yang tepat!

Pahami Jenis Mesin Cuci

pria dan wanita memilih mesin cucishutterstock.com

Pertama-tama, cari tahu dulu jenis mesin cuci yang diinginkan. Variasi model yang tersedia di pasaran meliputi model bukaan atas atau top load atau bukaan depan atau front load.

Mesin cuci dengan bukaan atas atau top load biasanya lebih murah dibanding model bukaan depan atau model terbaru dengan efisiensi tinggi. Perlu dipertimbangkan bahwa model bukaan depan biasanya akan lebih hemat air dan bisa mencuci lebih bersih juga.

mesin cuci bukaan depan di samping mesin cuci bukaan atas dalam ruang laundrymountainhighappliance.com

Walaupun setiap jenis mesin cuci punya fungsi utama yang hampir sama, perhatikan fitur-fitur tambahan yang tersedia, misalnya pembilas tambahan, dispenser deterjen otomatis, hingga fitur air dry alias pengering maksimal. Sesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari dan konsultasikan juga pada penjual produk untuk solusi terbaiknya.

Ketahui Kapasitas yang Dibutuhkan

mesin cuci penuh pakaian di samping keranjang baju dari anyaman rotanhomestratosphere.com

Persoalan mesin cuci tidak pernah jauh dari kapasitas pakaian yang digunakan setiap hari. Sebagai pedoman umumnya, lima potong baju kurang lebih berbobot 1 kilogram. Jika tertulis bahwa kapasitas mesin mencapai 5 kg, itu berarti ia mampu mencuci baju berjumlah 25 potong.

Kapasitas mesin cuci yang semakin besar berarti kalian bisa mencuci dalam jumlah yang lebih banyak. Kalian pun akan lebih hemat energi listrik, biaya operasional, dan air. Semakin besar kapasitasnya, semakin banyak pula fitur mencuci seperti khusus tirai atau gorden, selimut, handuk, dan sebagainya.

Pertimbangan Instalasi di Rumah

dua mesin cuci di sudut ruangan laundry di antara rakpinterest.com

Mesin cuci akan membutuhkan sumber air dan instalasi pipa yang memadai, terkecuali model efisien untuk apartemen mungil yang bisa dipasangkan dengan keran air. Untuk itu, kalian harus sudah mengetahui kondisi penempatan mesin cuci berikut jalur air yang tersedia. Pelajari juga daya listrik yang dibutuhkan dan jalur pembuangan sebelum membeli.

Pilih Material Bak Mesin Cuci

tampak dalam bak mesin cuci dengan air mengalirshutterstock.com

Bahan umum untuk bak mesin cuci adalah plastik, porselen-enamel atau stainless steel. Umumnya, jika bak terbuat dari plastik atau enamel akan lebih murah, namun disarankan untuk memilih plastik yang lebih tangguh dibanding enamel. Enamel berpotensi karat atau retak, sedangkan stainless steel adalah pilihan paling kuat diantara ketiganya, terutama untuk kalian yang butuh fitur putaran cepat.

Perhatikan Garansi & Sertifikasi

lambang energy star di atas mesin cucie360.yale.edu

Jajaran merek mesin cuci memang membuat bingung, tetapi prinsipnya kalian harus memahami jaminan servis berkala atau garansi spare part yang ditawarkan. Beberapa merek juga sudah mendapatkan sertifikat eco-friendly atau fitur antikarat dan diakui oleh Standar Nasional Indonesia (SNI). Memerhatikan sertifikat dan garansi pasti akan membuat pembelian kamu lebih terjamin.

Pahami Kebiasaan Mencuci Pakaian

ibu mengajarkan anak cara mencuci pakaian di mesin cuciappliancesonline.com.au

Pada akhirnya, keputusan membeli mesin cuci tidak terlepas dari kebutuhan dan cara mencuci baju setiap keluarga. Apakah kalian sering mencuci pakaian anak-anak yang penuh dengan noda membandel?

Apakah jadwal harian kamu padat dan tidak akan sempat sekedar mengucek sebelum menggunakan mesin cuci? Apakah ada kebutuhan mencuci sprei atau selimut secara rutin? Apakah sulit untuk mengeringkan tuntas dengan sinar matahari?

Semua ini nantinya akan membantu menentukan pemilihan mesin cuci yang paling cocok dan efisien untukmu. Terutama dari pilihan mencuci pakaian seperti jumlah bilasan, daya cuci, fitur pengering dll, mesin cuci yang ideal harus bisa memudahkan rutinitas laundry tanpa menghabiskan banyak biaya bulanan.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse