[Infografik] Siapkan Rumah Aman untuk Buah Hati Tercinta

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kehadiran buah hati tercinta memang menjadi momen yang ditunggu-tunggu bagi pasangan suami istri yang ingin membentuk keluarga kecil. Namun, apakah interior rumah sudah dipersiapkan sedemikian rupa agar si kecil selalu aman dan terjaga?

Lepas dari kekhawatiran belaka, kondisi rumah layaknya diperiksa dan direnovasi jika diperlukan agar tidak ada kejadian yang tak diinginkan menimpa si buah hati saat berada di rumah. Lantas, apa saja yang harus kamu persiapkan? Renovasi rumah dapat dilakukan mengikuti tahap buah hati tercinta tumbuh besar agar bisa disesuaikan dengan perkembangannya.

infografik tips rumah aman untuk buah hati

Keamanan rumah bagi para penghuninya perlu menjadi prioritas, terutama jika buah hati tidak dapat dipantau semudah itu. Terdapat tiga tahap perkembangan buah hati yang signifikan: sebelum bayi lahir, sebelum bayi merangkak dan berjalan, dan sebelum menginjak usia lima tahun.

Sebelum bayi lahir

Dari usia dini, buah hati perlu berada dalam lingkungan rumah sehat demi menjaga kesehatannya. Memasang smoke detector berguna untuk mendeteksi tingkat karbon monoksida di udara dan memperingatkan penghuni saat terdeteksi kontaminasi udara yang berbahaya. Sekaligus menjadi alarm kebakaran, ia dapat memastikan bahwa penghuni rumah dapat kabur saat terjadi kebakaran.

Tak hanya itu, memilih dan memasang air purifier terbaik juga wajib untuk membersihkan udara secara cepat dan efektif dari alergen. Selain mencegah alergi, lebih kecil kemungkinan bagi buah hati untuk mengidap asma.

Menata kamar tidur sang buah hati pun perlu diperhatikan agar tempat tidur bayi jauh dari area dekat jendela agar gorden tidak ditarik olehnya. Pastikan dinding yang bersebelahan dengan tempat tidur bayi juga bebas dari dekorasi atau perabot dinding agar buah hati tercinta tidak tertimpa jika barang berjatuhan.

Sebelum bayi merangkak dan berjalan

Saat bayi mulai dapat berpindah posisi dengan sendirinya, tak mungkin kamu bisa memantaunya selama seharian penuh. Memastikan setiap ruangan rumah telah dipasang pengaman pun menjadi prioritas utama sebelum buah hati dapat merangkak dan berjalan.

Ruang Keluarga

Buah hati mulai memasuki masa di mana rasa ingin tahu mulai bangkit sehingga dia akan ingin menjelajahi rumah dan memegang setiap barang di rumah.

  • Jika rumah bertingkat, pastikan terdapat pagar di jalur naik turun tangga agar sang buah hati tidak terjatuh ataupun tersandung oleh anak tangga.
  • Tak hanya itu, perlu dipasang pengaman pada setiap stopkontak di rumah agar jari buah hati tidak tersangkut dan tidak tersetrum.
  • Perhatikan setiap furniture rumah dipasang pelindung sudut agar buah hati tidak tertusuk ujung yang tajam.

Dapur & Ruang Makan

Sebisa mungkin, jauhkan buah hati dari area ini karena banyak peralatan dapur dan perabot dengan ujung yang tajam dan berbahaya. Simpan perangkat dapur yang berserakan dalam kabinet dan pasang kunci pengaman pada setiap pintu kitchen set dapur agar si kecil tidak akan bisa membukanya.

Sebelum menginjak usia lima tahun

Ada alasan mengapa balita atau bayi lima tahun perlu diberikan perhatian khusus. Sang buah hati sudah mulai dapat mencerna informasi dan mengerti perbedaan baik dan buruk sehingga dia perlu dibiarkan untuk belajar dengan menjelajahi rumah dan bertanya saat ingin tahu.

Kamar Tidur

Saat si kecil bangun, energi yang dia punyai tergolong tidak terbatas sehingga kamu perlu antisipasi dan membatasi pergerakannya agar tidak jatuh cedera. Buka pintu selebar-lebarnya dan pasang door stopper untuk mencegah sang buah hati terjepit atau terkunci karena pintu yang tak sengaja tertutup.

Kamar Mandi

Buah hati sudah mulai mengerti daerah mana saja yang mengharuskan dia berhati-hati dalam kamar mandi, sehingga sudah mulai waktunya mengajarkan potty training dengan menyiapkan kloset anak yang lebih nyaman dan aman daripada kloset duduk biasa.

Terlepas dari antisipasi yang dilakukan untuk membuat rumah aman bagi sang buah hati, ada baiknya membayangkan dan menerka perilakunya agar dapat mengetahui cara terbaik untuk menghentikan buah hati dari malapetaka yang mungkin menimpanya di rumah.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse